Cara lengkap merawat Tanaman sekaligus Bunga Adenium Obesum Dewasa

Selamat malam pecinta bunga dan tanaman hias, kali ini kami akan share cara lengkap merawat tanaman bunga Adenium, namun sebelum masuk kepembahasan inti, saya ingin jelaskan sedikit apa itu tanaman bunga Adenium.

Apa itu tanaman bunga Adenium.

Kemboja jepang atau adenium (Adenium obesum) adalah spesies tanaman hias, batangnya besar, bagian bawahnya menyerupai umbi, batangnya tidak berkambium, akarnya dapat membesar menyerupai umbi, bentuk daunnya panjang ada yang lonjong, runcing, kecil, dan besar, warna bunganya bermacam-macam.

Bunga ini disebut juga dengan mawar padang pasir (desert rose). Karena berasal dari daerah kering, tanaman ini tumbuh lebih baik pada kondisi media yang kering dibanding terlalu basah. Disebut sebagai adenium karena salah satu tempat asal adenium adalah daerah Aden (Ibu kota Yaman).

Masyarakat Indonesia menamakan adenium sebagai kamboja jepang, mungkin dikaitkan dengan stereotipe yang beredar. Contohnya buah-buahan yang besar biasa disebut sebagai Bangkok, sedangkan tanaman yang kecil-kecil biasa disebut Jepang. Oleh karena itu, jika dahulu kala sudah ada kamboja yang sosok tanamannya tinggi besar maka begitu ada tanaman yang sosoknya kecil tapi mirip kamboja, disebutlah sebagai kamboja jepang. [Wikipedia]

Cara lengkap merawat Tanaman sekaligus Bunga Adenium Obesum

Ada beberapa cara dan tahapan merawat Tanaman sekaligus Bunga Adenium Obesum ini.

1. Pemilihan Tanah

Tanaman yang satu ini umumnya ditanam dalam pot yang lumayan besar, sehingga tanah adalah hal utama yang perlu kamu perhatikan. Tanah yang sangat cocok untuk tanaman ini harus memiliki retensi air dan gambut. Misal tanaman yang sedikit kehitaman dan mudah dihancurkan

2. Kebutuhan Air

Air merupakan hal penting dalam memelihara tanaman sehingga bisa tumbuh subur, makan dari itu kelembapan tanah merupakan hal penting. Oh ya tanaman yang satu ini tidak suka dengan kebanyakan air, cukup siram secukupnya aja.

Namun ini kembali lagi dimana kamu menyimpannya, semakin dia sering terkena matahari yang terik kamu perlu lebih sering menyiramnya, tetapi jika kalian menyimpannya ditempat yang adem/dingin air secukupnya adalah solusinya.

Anggrek Bulan Taiwan

Jika kalian pecinta Anggrek bulan taiwan kalian bisa melakukan order langsung via Chat pada Catalog kami, Tokopedia dan Shoope.

3. Pemupukan

Saran kami kalian bisa memberikan pupuk disaat musim kemarau, sehingga tanaman lebih bisa menyarap pupuk yang dimasukkan kedalam pot, Pupuk cair mungkin akan lebih baik daripada pupuk yang lain.

4. Temperatur

Seperti yang kami bilang diatas tanaman ini cocok di kondisi kering maupun lembab sehingga sangat cocok untuk wilayah Indonesia. Suhu yang cocok untuk tanaman ini di atas 23˙C.

5. Sinar Matahari

Di tempat aslinya, adenium tumbuh di bawah sinar matahari penuh sehingga mereka membutuhkan cahaya yang baik untuk berkembang. Sinar matahari langsung lebih bagus, terutama ketika tanaman ini berada dalam fase pertumbuhan aktif selama bulan-bulan musim panas.

Tempat membeli Tanaman bunga Adenium Obesum

Ada banyak marketplace yang menjual tanaman yang satu, misal di Tokopedia dan Shoope. Tetapi jika kamu ingin melihat langsung tanaman ini sebelum membeli ada banyak tempat untuk membelinya seperti ditanamn bunga yang ada di pinggir jalan dan taman bunga yang ada diragunan.

De Orchids Team
De Orchids Team
Articles: 44