Kriteria Tanaman yang Dapat Dijadikan Bonsai

Bonsai adalah sebuah teknik yang dibuat oleh para penyuka tanaman agar tanaman terlihat semakin menarik dan memiliki keindahan tersendiri.

Tanaman bonsai dirangkai oleh orang-orang yang memiliki bakat seni tinggi dan sangat mempunyai sifat seni yang sangat luas. Harga tanaman yang sudah dibentuk menjadi tanaman bonsai pastinya akan menjadi lebih mahal, karena yang membuat mahal adalah nilai seni yang dihasilkannya.

Tanaman bonsai sangat memiliki banyak jenisnya dan sebuah tanaman yang sudah menjadi tanaman bonsai akan memiliki nilai yang tinggi.

Semakin baik bentuk tanaman yang dihasilkan, maka harga yang diperoleh akan semakin mahal. Pada dasarnya semua jenis tanaman dapat dijadikan tanaman bonsai, namun dari segi hasil pastinya berbeda-beda, karena ada beberapa tanaman yang sangat jelek hasilnya bila dijadikan bonsai.

Promosi

Bagi kalian yang lagi mencari rangkaian anggrek bulan dengan harga terjagkau, Kalian bisa order via Tokopedia dan Shoope, Kalian juga bisa order via website kami langsung.

Kriteria Tanaman yang Dapat Dijadikan Bonsai

1. Tanaman Dikotil

Tanaman ini sering disebut juga tanaman yang memiliki keping 2 dan tanaman ini pada umumnya memiliki struktur batang yang kuat serta keras.

Tanaman dengan kriteria seperti ini sangat baik untuk dijadikan tanaman bonsai, karena memiliki struktur batang yang kuat untuk dibentuk menjadi beberapa bentuk.

Tanaman yang akan dibuat menjadi bonsai tentunya akan dikerdilkan dan pastinya tak akan dibiarkan untuk menjadi besar. Tujuan bonsai adalah membuat tanaman kecil serta indah, namun memiliki batang yang kuat. 

2. Berumur Panjang

Pada dasarnya sebuah tanaman yang akan dibentuk menjadi sebuah tanaman bonsai haruslah kokoh dan tahan lama, karena bonsai merupakan sebuah seni yang pastinya diperlukan hingga beberapa tahun.

Biasanya ada juga yang bisa bertahan sampai ratusan tahun. Umur tanaman bonsai akan tergantung dari jenis tanaman yang dipilih.

3. Tanaman Kuat

Tanaman yang akan dibuat bonsai haruslah memiliki struktur akar yang kuat, supaya tidak mudah rapuh. Bonsai diharapkan dapat bertahan dalam berbagai macam kondisi baik panas maupun kondisi hujan.

Besarnya dan kuatnya tanaman bonsai tergantung jenis pot yang digunakan, semakin besar potnya maka pertumbuhan akarnya akan semakin cepat dan semakin kecil potnya maka pertumbuhan akarnya akan semakin terhambat.  

4. Bentuk Tanaman Indah Alami

Carilah tanaman yang sudah memiliki bentuk indah secara alami, agar saat kita lakukan  teknik bonsai akan semakin bagus dan semakin indah.

Dengan memiliki daya tarik tersendiri dari awalnya, maka bentuk tanaman|tumbuhan} akan sangat terlihat indah dan tanaman yang dibentuk menjadi semakin indah.

5. Rawat Tanaman dengan baik

Saat kita membentuk tanaman menjadi sebuah bonsai, maka rawatlah tanaman dengan baik sejak tanaman mulai tumbuh membesar dan bersihkanlah daun-daun yang sudah membesar, sisakan daun-daun kecil yang nantinya akan tumbuh menjadi besar.

Jangan biarkan kondisi daun menjadi panjang dan lebat, karena kondisi ini akan menghambat pada pertumbuhan tanaman. 

6. Bentuk Tanaman Sesuai Keinginan

Bentuklah tanaman menjadi sebuah bonsai dengan menggunakan kawat yang tidak terlalu keras atau kawat lembut, agar kondisi batang tidak rusak dan tergores oleh lilitan kawat.

Jangan menggunakan kawat yang mudah sekali berkarat, karena karatnya akan menempel pada tanaman dan dapat merusak kondisi tanaman. Dengan membentuk tanaman bonsai, maka hasrat untuk berseni dengan media tanaman menjadi tersalurkan.

Itulah ulasan lengkap berkaitan dengan kriteria tanaman yang dapat dijadikan sebagai tanaman bonsai. Mudah-mudahan tulisan ini bisa berguna dan bisa dijadikan referensi terbaik untuk mencari informasi terbaik mengenai tanaman bonsai.

De Orchids Team
De Orchids Team
Articles: 44

Leave a Reply

Your email address will not be published.