Mengenal Tanaman Bugenvil dan Cara merawatnya

Bunga Bugenvil merupakan salah satu jenis bunga yang terkenal dengan keindahannya. Tanaman bugenvil pertama kali muncul di Amerika Selatan. Kata ā€˜bougainvilleaā€™Ā berasal dari bahasa Inggris yang memiliki makna sebagai seorang prajurit Angkatan Laut dari Prancis yaitu Sir Louis Antoine de Bougainville. Karakteristik unik dari bunga bugenvil ini yaitu biasanya akan menggugurkans sebagian kelopak bunga ketika mekar.Ā 

Jika melihat dari makna filosofinya, bunga bugenvil memiliki makna sebagai tanda kasih sayang seorang kekasih, orang tua, anak, ataupun orang yang kita sayangi. Menurut makna FengShui, bunga bugenvil dimaknai sebagai pembawa kabar baik untuk keluarga. Adanya duri tajam pada bunga bugenvil ini dipercaya dapat membersihkan lingkungan dari energi yang buruk. 

Bunga ini memiliki warna yang cerah dan menjadi salah satu daya tarik dari bugenvil. Bunga ini memiliki karakteristik khusus di mana memiliki batang yang berduri dan kayu keras. bugenvil bisa tumbuh hingga mencapai 5 sampai 15 meter. Memiliki daun tunggal berwarna hijau yang bertangkai. Daun bunga bugenvil memiliki bentuk yang bulat dengan ujung meruncing yang menambah keindahan dari bunga ini. Bunga ini kurang cocok bila ditaman pada daerah yang memiliki suhu dibawah 27 derajat celcius.

Bunga bugenvil memiliki 3 kelopak pada setiap bunganya. Memiliki ketebalan bunga yang tipis sehingga tidak heran apabila bugenvil ini juga dijuluki sebagai bunga kertas. Perbedaan warna pada bunga ini dipengaruhi oleh jenis tanamannya. Ada yang berwarna ungu, merah, orange, merah muda, hingga kuning.

bugenvil seringkali juga digunakan sebagai bahan pembuat pohon bonsai. Bonsai bugenvil ternyata juga bisa tumbuh dengan rimbun. Bunga ini banyak dipakai sebagai dekorasi alami rumah karena memiliki warna-warna yang sangat cantik. bugenvil bisa tumbuh di mana saja dan memiliki proses perawatan yang sangat mudah

Berikut ini cara merawat bunga bugenvil agar tetap subur :

1. Penyiraman

Bugenvil pada awal pertumbuhan memiliki kebutuhan air yang cukup banyak. Oleh karena itu, kita harus rutin dalam memberikan air di awal fase pertumbuhannya. Akar bugenvil memiliki ukuran yang besar, sehingga pasokan air di awal pertumbuhan cukup banyak. Namun pada ketika sudah memasuki usia dewasa, bugenvil akan memasuki fase kering yang tidak membutuhkan air terlalu banyak.

2. Kebutuhan Sinar Matahari

Tanaman bugenvil termasuk ke dalam tanaman yang membutuhkan banyak sinar matahari untuk pertumbuhannya. Sinar matahari yang dibutuhkan mencapai 70 %. Oleh karena itu, tumbuhan bunga bugenvil harus ditempatkan pada ruangan terbuka yang terkena sinar matahari. 

3. PemupukanĀ 

Bunga bugenvil tidak membutuhkan pemberian pupuk jenis tertentu sehingga berikan pemupukan dengan jumlah normal seperti pada tanaman lainnya. Pemberian pupuk pada bunga bugenvil akan menyebabkan tanaman tumbuh subur dan lebat.

4. PemangkasanĀ 

Kebanyakan bugenvil bisa dengan mudah tumbuh dengan subur. Perlu adanya pemangkasan untuk menghindari tanaman menyulur secara berlebihan. Dengan adanya pemangkasan juga dapat mempercantik penampilan dari bunga bugenvil. Pemangkasan berfungsi untuk memicu munculnya bunga-bunga bugenvil yang baru.Ā 

5. Pemberantasan Hama dan Penyakit

Salah satu hama yang paling sering menyerang bugenvil adalah ulat looper yang memakan daun bugenvil. Bugenvil yang diletakan dalam ruangan juga memiliki resiko yang tinggi untuk terkena hama kutu putih. Hama yang menyerang bisa menyebabkan bugenvil menguning dan kemudian mati. Pemberantasan hama dan penyakit bisa rutin kita lakukan setiap seminggu sekali.Ā 

Semoga bermanfaat, Oh ya kalian bisa melakukan pembelian Bunga Anggrek bulan pada website ini khusus Jabodetabek atau via ecommerce kesayangan Anda.

Shinta Mutiara
Shinta Mutiara
Articles: 42

Leave a Reply

Your email address will not be published.