Mengulas Bunga Pukul Delapan Beserta Cara Merawatnya

Bunga pukul delapan atau yang memiliki nama latin Tunera subulata merupakan jenis tanaman yang bisa berperan sebagai rangka pengendali hama dan juga dimanfaatkan sebagai sumber makanan bagi serangga karena memiliki kandungan nektar. Bunga ini juga memiliki julukan yang berbeda – beda pada masing-masing daerah seperti di wilayah Jawa yang memberikannya julukan lidah kucing dan di negara Inggris yang memberinya julukan holly rose. 

Bunga ini memiliki warna yang berbeda-beda seperti ada yang berwarna kuning dan putih. Tumbuhan bunga pukul delapan bisa menghasilkan buah yang berbentuk telur dengan lebih dari 30 buah. Habitat bunga ini yaitu di daerah ladang, tanah pemakaman, dan pada tepi saluran air yang biasanya memiliki habitat berkelompok.

Pada awalnya, bunga ini berasal dari daerah Meksiko dan Hindia Barat  yang biasanya ditemukan pada daerah pasir kering dengan ketinnggian 10 hingga 250 meter. Memiliki daun hijau yang panjangnya bisa mencapai 2 hingga 7 cm dengan lebar 1-4 cm. Daun hijau memiliki bentuk elips dan ujung yang meruncing dengan tepi daun yang kasar. 

Saat ini bunga ini ditemukan di Indonesia pada kawasan Jawa, Kalimantan, dan Sumatera. Selain memiliki bentuk bunga yang cantik, bunga pukul delapan juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Bagian daun dan akar pada tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat gangguan pencernaan perut yang kembung, mengatasi rematik sendir, memar, dan mempercepat proses pemulihan ketika baru sembuh dari sakit. 

Untuk memanfaatkannya bisa dengan membuat menjadi obat minum. Hanya dengan merebus daun sebanyak kurang lebih 15 gram, kemudian dinginkan lalu saring dan minum airnya.

Jika ingin menggunakannya sebagai obat luar maka bisa dengan menumbuknya dan tambahkan kapur sirih lalu oleskan pada bisul atau bagian tubuh yang sedang bengkak dan memar. Untuk memperoleh bunga pukul delapan yang baik, kita harus memberikan perawatan yang tepat agar bunga ini bisa tumbuh subur.

Berikut ini perawatan untuk bunga pukul delapan

1. Perhatikan media tanam

Gunakan jenis tanah yang subur dan memiliki komposisi yang sama dengan penyemaian. Buatlah lubang tanam yang kedalamannya kurang lebih 15 cm. Letakan bunga pukul 8 di dalam lubang tersebut. Lalu tutuplah lubang kembali dan padatkan tanah dibawahnya.

2. Penyiraman

Lakukan penyiraman sekali pada tanaman ini, penyiraman hanya dilakukan ketika kondisi pada tanah tanaman sudah terlihat kering sekitar dua hari sekali pada kondisi yang normal. Penyiraman yang berlebihan dapat menyebabkan bagian tanaman membusuk.

3. Penyiangan

Penyiangan dilakukan ketika sudah mulai banyak gulma yang tumbuh atau tanaman penganggu lainnya. Tanaman penganggu yang biasanya tumbuh di sekitar tanaman bunga pukul delapan ini bisa menganggu nutrisi tanaman sehingga tanaman bisa tumbuh tidak subur.

4. Pemupukan

Pemberian pupuk pada tanaman bunga pukul delapan ini sangat penting. Proses pemupukan bisa dilakukan setiap 2 bulan sekali. Pemupukan bisa kita lakukan dengan memanfaatkan pupuk NPK. Setelah dilakukan pemupukan, kamu bisa menyirami tanaman ini menggunakan air. Pertumbuhan bunga pada tanaman ini biasanya akan muncul ketika 1,5 hingga 2 bulan sejak masa penanamannya jika menggunakan stek batang. 

5. Pemangkasan

Pemangkasan pada tanaman ini bertujuan agar merapikan batang-batang yang pertumbuhannya tidak teratur dan tidak sehat. Proses pemangkasan ini juga bertujuan untuk menyuburkan tumbuh tanaman bunga pukul delapan dan merangsang munculnya bunga lebih banyak lagi.

Oh ya kalian bisa melakukan pembelian Bunga Anggrek bulan pada website ini khusus Jabodetabek atau via ecommerce kesayangan Anda.

Shinta Mutiara
Shinta Mutiara
Articles: 42

Leave a Reply

Your email address will not be published.