Tanaman Hias Berwarna Ungu

Jika Anda menyukai warna ungu, maka tidak ada salahnya Anda menanam salah satu tanaman yang berikut ini. Kali ini Kami akan membahas tanaman hias yang berwarna ungu.

Penyebab Tanaman Memiliki Warna Ungu

Mungkin Anda bertanya tanya, mengapa ada tanaman yang memiliki warna lain selain hijau?. Melainkan warna warna lainnya seperti merah, ungu, hitam, dan warna lainnya. Itu karena terjadi peningkatan kadar antosianin pada tanaman, yang merupakan pigmen berwarna ungu. Jika mengandung banyak pigmen anthocyanin, maka warna daun yang dihasilkan akan berwarna merah atau ungu.

Jenis Tanaman Hias Yang Berwarna Ungu

Lantas, apa saja tanaman hias yang memiliki warna ungu yang sekiranya bisa menjadi referensi tumbuhan penghuni pekarangan rumah Anda?. Berikut kami berikan daftarnya.

1. Nanas Kerang

Tanaman ini juga memiliki nama lain dan julukan, yakni Moses in The Cradle. Tumbuhan yang juga memiliki nama latin Tradescantia spathacea merupakan salah satu tanaman hias dari suku gawar-gawaran. Tanaman ini habitatnya berasal dari Meksiko dan daerah Hindia Barat. Varietas dari nanas kerang memiliki daun cantik dengan kombinasi warna ungu, hijau, maupun putih. Nanas kerang biasanya tumbuh subur di tanah yang lembab.

2. Salvia

Memiliki nama latin Salvia Splendens. Tanaman bunga warna ungu ini berasal dari daerah Brazil. Tapi, tanaman ini sudah dibudidayakan di Indonesia. Sekilas tampilan dari tanaman ini menyerupai Lavender. Umumnya, tanaman ini hidup di dataran tinggi dan tumbuh di daerah yang selalu mendapatkan paparan sinar matahari.

3. Tanaman Kupu-kupu Ungu

Disebut sebagai kupu kupu karena tanaman ini memiliki daun yang mirip sayap kupu-kupu. Hal itulah yang membuat jenis tanaman hias ini terlihat unik.

Salah satu jenis tanaman bunga kupu kupu, yaitu Oxalis triangularis memiliki daun berwarna ungu yang indah. Tanaman ini biasa dijual mulai dari Rp 35 ribu sampai Rp100 ribu.

4. Wisteria

Tanaman yang memiliki warna ungu yang cantik dan berestetika ini ternyata masih satu keluarga dengan tanaman kacang kacangan. Kecantikan dari Wisteria sangat memukau sehingga tidak heran tumbuhan ini banyak digemari oleh pecinta tanaman hias untuk dipelihara di pekarangan rumah mereka.

Anda harus berhati hati ketika memelihara tanaman ini. Jangan sampai Anda atau anggota keluarga Anda memasukkan tanaman ini ke dalam mulut. Karena tanaman ini sangat beracun.

5. Persian Shield

Di Indonesia, tanaman ini dikenal dengan nama samber lilin. Tanaman ini memiliki daun bernuansa warna kombinasi antara ungu dan hitam yang memukau.

Samber lilin merupakan tanaman hias yang agak sulit untuk dipelihara. Pasalnya, tanaman ini memerlukan sinar matahari selama beberapa jam sehari. Namun, jika terlalu lama dijemur, daunnya akan tumbuh dengan warna yang lebih pucat. Media tanamnya pun juga harus dijaga agar tetap lembab, namun tidak boleh terlalu basah.

6. Calla Lily

Tanaman berwarna ungu selanjutnya adalah tanaman yang memiliki daun dengan bentuk terompet memanjang ke atas. Yakni Calla Lily. Tanaman ini sangat direkomendasikan untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Bahkan, berkat warnanya yang menawan dan bentuknya yang unik, Tanaman ini bisa dijadikan sebagai hadiah seserahan atau bingkisan kepada orang spesial bagi Anda.

Perawatan tanaman Calla Lily tidak terlalu rumit. Pastikan lokasi penanaman tumbuhan ini berada di tempat yang agak teduh. Setelah itu, penyiraman dilakukan hanya sesekali saja setiap minggu untuk menjaga keadaan tanah tetap lembab dan tidak kering.

Sposored : Dapatkan Rangkaian Anggrek Bulan dengan memesan Via website dan Ecommerce Kesayangan Anda

Refrial Seto
Refrial Seto
Articles: 88

Leave a Reply

Your email address will not be published.