Tanaman Hias yang Tahan Sinar Matahari

Mempunyai teras atau pekarangan rumah yang cantik dengan tanaman hias menjadi impian banyak orang. Apalagi jika orang tersebut tinggal di daerah perkotaan dengan padatnya aktivitas akan membutuhkan rumah yang nyaman sebagai tempat pulang. Adanya pekarangan rumah yang indah dengan berbagai tanaman hias yang tumbuh tentunya akan menjadi spot ternyaman untuk melepas penat, melakukan healing dan juga bersantai selepas bekerja.

Untuk menentukan tanaman hias yang akan ditanam di  pekarangan rumah, kondisi geografis Indonesia sebagai wilayah tropis nyatanya harus selektif menentukan tanaman hias yang tahan sinar matahari. Jika tidak, tanaman hias tersebut akan terbakar dan mati karena terpapar terik matahari. Oleh karena itu, sebelum menentukan tanaman apa yang akan ada dipekarangan rumah, perlu diketahui lebih dulu tentang tanaman yang tahan terhadap sinar matahari.

Tanaman hias yang tahan sinar matahari

Berikut ini 5 tanaman hias yang akan mempercantik taman rumahmu dan tahan terhadap sinar matahari langsung.

Sansevieria (Lidah Mertua)

Di taman kota ataupun di kebun-kebun kecil perumahan milik perorangan akan sering sekali bertemu dengan tanaman hias sanseviera ini. Tanaman yang lebih dikenal sebagai lidah mertua ini merupakan tanaman yang tahan terhadap sinar matahari.

Tanaman yang berbentuk memanjang, tegak, keras dengan ujung yang runcing ini tidak hanya sebagai tanaman hias yang tahan sinar matahari saja. Tetapi, sebagai tanaman yang menghasilkan oksigen dengan baik dan menyerap racun karbondioksida. Oleh karena itu, tanaman hias ini juga memiliki fungsi menciptakan lingkungan dengan udara bersih dan segar. 

Canna

Bunga canna banyak orang sebut sebagai bunga tasbih merupakan tanaman tropis. Canna adalah tanaman yang tahan terhadap sinar dan panas matahari. Setiap ke taman kota akan dijumpai bunga canna yang indah dengan warna-warni bunganya. Tanaman yang memiliki banyak warna-warna ini juga banyak ditemui di area pemukiman. Tanaman canna juga banyak diburu oleh kolektor tanaman untuk mengoleksi warna-warni canna.

Palem

Palem adalah tanaman hias yang juga banyak ditanam dipekarangan rumah. Sebagai tanaman yang tahan panas, tanaman palem juga mampu menyerap dan menampung air 10% lebih banyak dibandingkan tanaman lainnya. Menanamkan pohon palem selain mendapatkan kerindangan dan asri dari daun hijaunya juga dapat memberikan udara segar di sekitar pohon palem ditanam.

Pohon palem tidak hanya berfungsi sebagai pohon untuk menghiasi pekerangan rumah agar tampak rindang, melainkan juga dapat dinikmati buahnya yang memberikan manfaat untuk meningkatkan vitalitas kesehatan.

Bugenville

Pada umumnya orang akan menyebut sebagai bunga kertas karena bunga ini sangat tipis. Memiliki banyak pilhan warna yang cantik-cantik seperti merah, ungu, merah muda dan juga putih membuat banyak orang tertarik menjadikan pohon ini sebagai tanaman hias di rumah.

Bugenville merupakan tanaman tropis, Bugenville cocok untuk di tanam di bawah sinar matahari. Bunga Bugenville justru hanya akan menumbuhkan banyak daun dan sedikit bunga bila berada di wilayah yang mempunyai suhi di bawah 30 derajat celcius.

Kamboja Jepang

Kamboja Jepang mempunyai nama ilmiah Adenium. Tanaman yang mempunyai bunga dengan warna-warna yang indah ini memang menjadi pilihan yang tepat untuk menghiasi rumah. Perawatan yang mudah dan juga tahan terik matahari membuat tanaman kamboja salah satu tanaman yang cocok diletakkan di pekarangan rumah.

Kamboja jepang ini akan semakin elok ketika bunganya bermekaran. Sebagian besar orang juga banyak yang mempercayai memiliki tanaman hias yang satu ini akan mendatangkan kebahagiaan dan keberuntungan.

Sponsored

Kalian bisa memesang rangkaian Anggrek Bulan Melalui Ecommerce kesayangan Kalian dan Melalui website ini.
De Orchids Team
De Orchids Team
Articles: 44

Leave a Reply

Your email address will not be published.