Tips Budidaya Pohon Palem Kuning Yang Wajib Diketahui

Tips Budidaya Pohon Palem Kuning – Pohon palem kuning adalah jenis palem yang lumayan populer di indonesia dan jumlah pembudidayanya tersebar di berbagai wilayah seluruh Indonesia. Pohon palem kuning yang ditanam di lahan yang luas bisa mencapai ketinggian 6 mater dan pohon palem yang ditanam dalam lahan sempit seperti pot, ketinggiannya biasanya hanya sampai 3 meter. 

Pohon palem kuning bukan hanya berguna untuk tanaman hias, namun bisa juga dipakai untuk menguranggi jumlah getaran yang dihasilkan oleh kendaraan besar. Daun pohon palem kuning memiliki ukuran pelapah yang panjang, karena pelepahnya menutupi bagian batang yang biasanya beruas-ruas. Jumlah daun akan pohon palem kuning biasanya berjumlah 80 sampai 100 lembar.

Kelebihan Pohon Palem Kuning

Secara umum palem kuning bisa membuat berkurangnya kadar polusi disekitar rumah atau taman, sehingga pohon palem kuning terbilang sangat ramah lingkungan. Pohon palem kuning juga bisa memberikan keteduhan, karena bagian daunnya lumayan lebar dan keberadaan pohon palem kuning bisa membuat lingkungan lebih segar.

Pohon palem kuning juga tidak memiliki sifat yang mandul, karena bisa berkembang biak dengan baik dan kondisi akar pohon palem kuning sangatlah kuat, sehingga pohon tidak akan mudah roboh. Dengan pancaran matahari yang kuat, pohon palem bisa hidup dengan baik. Namun pohon palem juga bisa hidup tanpa mendapatkan sinar matahari yang cukup, karena disimpan dalam ruangan tertutup. 

Promosi

Bagi kalian yang lagi nyari bunga Anggrek bulan Dewasa, kalian bisa pesan via Ecommerce Tokopedia dan Shoope. Kalian juga bisa memesan langsung via whatsapp kami.

Cara Budidaya Pohon Palem Kuning

1. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit adalah langkah awal yang sangat penting dalam tahapan budidaya pohon palem kuning, pastikan pilihlah bibit yang tidak memiliki cacat. Bibit yang berkualitas biasanya memiliki batang yang kokoh, memiliki daun yang rimbun dan memiliki warna daun yang terlihat cerah. Dengan kualitas bibit yang baik, maka budidaya bisa berjalan dengan lancar.

Pastikan juga memilih bibit pohon palem kuning yang miliki akar yang kuat dan biasanya akar yang kuat memiliki jumlah yang berlimpah. Akar yang baik akan menyerap air dengan baik dan bisa menjauhkan berbagai partikel jahat. Akar yang kuat juga tidak akan mudah rusah dengan berbagai serangan bakteri atau hama.

2. Persiapkan Lahan

Lahan atau tempat budidaya menjadi hal yang penting dalam proses budidaya pohon palem kuning. Ada berbagai jenis lahan yang baik untuk membudidayakan tanaman seperti sistem penyerapan air yang baik, tanahnya belum tercemar dan tanahnya bisa bersahabat dengan tanaman. Lahan juga harus memiliki sinar matahari yang cukup, agar tanaman bisa berkembang dengan baik.

Apabila proses pemilihan bibit telah dilakukan dengan efektif, maka pemilihan lahan haruslah dilakukan dengan tepat. Bila anda akan menanam pohon palem kuning dalam jumlah yang banyak, sebaiknya gunakan lahan yang luas dan gunakan jarak antar tanaman 5 x 5 meter, agar pertumbuhan tanaman bisa berjalan dengan baik.

3. Penanaman

Proses penanaman pohon palem kuning memang bisa dilakukan dengan media pot atau bisa langsung ditanam dalam tanah. Apabila penanaman akan dilakukan dalam tanah, buatlah sebuah lubang penanaman 1-2 meter saja. Proses penanaman harus dilakukan dengan baik, agar kondisi bibit bisa terjaga dalam kondisi yang sehat.

Ketika proses penanaman hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi akar pada bibit, jangan sampai bagian akan mengalami kerusakan. Saat penanaman telah dilakukan dengan baik, maka proses selanjutnya adalah proses penguburan dan proses penguburan dilakukan dengan mencampurkan tanah dengan berbagai pupuk kandang atau kompos.

Artikel terkait :

4. Perawatan

Secara umum setiap jenis tanaman pasti memiliki cara perawatan yang berbeda-beda, karena biasanya tergantung dari jenis tanamannya. Tipe tanaman memang ada yang menyukai banyak air ataupun sedikit. Pohon palem kuning memang bisa menjadi tanaman hias yang disimpan di tempat teduh, sehingga bisa kuat dengan kondisi kekurangan air. 

Tak hanya soal penyiraman yang bisa dilakukan sesuai kebutuhan tanaman, pemberian pupuk pada pohon palem kuning bisa dilakukan dengan menggunakan pupuk organik atau anorganik. Pemberian pupuk biasanya dilakukan 2-3 bulan sekali, tergantung keinginan pemilik tanaman dan pemberian pupuk akan merangsang tanaman untuk tumbuh dengan lebih cepat.

Sekian ulasan lengkap mengenai tips budidaya pohon palem kuning dan semoga artikelnya dapat bermanfaat bagi para pembaca.

De Orchids Team
De Orchids Team
Articles: 44

Leave a Reply

Your email address will not be published.