Tips Menanam Tanaman di Lahan Sempit

Bercocok tanam bukan hal yang mudah bagi setiap orang. Namun, bukan berarti tidak bisa dilakukan. Semua ada prosesnya. Kali ini Kami akan hadirkan tips menanam tanaman di lahan sempit.

Menanam Tanaman Bisa Dilakukan Dimana Saja

Tidak mempunyai lahan yang luas dan ilmu yang cukup memang menjadi masalah yang kita jumpai. Apalagi bagi Anda yang tinggal di perkotaan yang minim tempat berkebun. 

Saat ini, berkebun dapat dilakukan dimana saja, Anda tidak perlu khawatir lahan tidak cukup untuk menanam tanaman. Seiring perkembangan teknologi dan metode penanaman, Anda bisa berkebun di lahan yang sempit.

Tips Berkebun di Lahan Yang Sempit

Berkebun di tempat kecil mengharuskan Anda memaksimalkan ruang yang Anda miliki dan mengendalikan segala potensi yang ada. Kali ini Kami akan berikan tips menanam tanaman di lahan sempit.

Perhatikan Jarak Antar Tanaman

Ketika tanaman tumbuh di lahan kecil, perlu adanya perhatian khusus ketimbang menanam tumbuhan di tempat normal. Perhatikan jarak saat menanam. Tanaman yang terlalu berdekatan akhirnya bersaing untuk nutrisi dan cahaya serta, tanaman yang rapat dapat menyebabkan lebih banyak tekanan penyakit.

Jadi, lebih sedikit tanaman yang ditempatkan dengan benar akan memberi Anda hasil yang lebih baik

Perhatikan Jenis Tanaman Yang Akan Ditanam

Hindari menanam tanaman yang berpotensi tumbuh besar dan lebar serta menghasilkan buah yang besar seperti labu labuan, Tanaman ini akan memakan banyak ruang nantinya. Untuk wadah kecil seperti kotak jendela, bunga bungaan dan sayur mayur seperti daun selada adalah pilihan yang bagus. Tanaman ini tumbuh dengan cepat, dan Anda biasanya bisa mendapatkan banyak panen sepanjang musim

Untuk beberapa sayuran umum, Anda harus memutuskan antara varietas tertentu dan tak tentu. Varietas tertentu akan tumbuh dengan ukuran tertentu dan kemudian berbunga. Tipe varietas tertentu biasanya lebih disukai untuk ditanam dalam pot, karena membutuhkan lebih sedikit perawatan dan tetap kompak. Varietas tak tentu biasanya membutuhkan pemancangan dan pemangkasan. Jika Anda memiliki banyak ruang vertikal, varietas tak tentu bisa menjadi cara yang bagus untuk menggunakan ruang vertikal itu.

Gunakan Wadah Seperti Pot Atau Kotak Plastik

Wadah seperti pot atau kotak plastik adalah cara yang bagus untuk budidaya tanaman di ruang kecil, terutama ke area teras atau balkon. Untuk menanamnya, sangat mudah dilakukan sama seperti menanam di tanah pada umumnya. Sedangkan langkah langkah menanam tanaman yang sudah tumbuh di dalam wadah adalah sebagai berikut.

  • Keluarkan tanaman dari plastik pembungkus secara perlahan.
  • Pangkas akar mati dan daun yang layu.
  • Gunakan tanah yang sesuai untuk tanaman Anda.
  • Gunakan pot yang bersih dan sedikit lebih besar dari ukuran tanaman.
  • Pastikan tanaman Anda berada di tengah dan lurus.
  • Perhatikan kelembaban tanah dan cahaya.

Menggunakan Metode Aeroponik

Aeroponik adalah sistem bercocok tanam di udara tanpa menggunakan tanah. Akar tanaman dibiarkan tumbuh menggantung tanpa media tanah. Sistem tanam ini memerlukan air dan sekilas mirip dengan hidroponik. Namun, pada aeroponik air diberi larutan hara kemudian disemburkan pada akar tanaman dalam bentuk kabut. Cara kerjanya disebut pengkabutan. Keunggulan aeroponik ini yaitu menghemat air, mengurangi jumlah tenaga kerja dan larutan nutrisi yang digunakan lebih hemat. Akan tetapi, perlu diingat, biaya pembuatan sistem cukup mahal dan alat bergantung pada listrik. Sehingga jika listrik mati, alat tidak bekerja.

Sposored : Dapatkan Rangkaian Anggrek Bulan dengan memesan Via website dan Ecommerce Kesayangan Anda

Refrial Seto
Refrial Seto
Articles: 88

Leave a Reply

Your email address will not be published.