Wasapadai, Tanaman Ini Bisa Mengundang Ular

Siapa sih yang tidak suka pekarangan rumah yang indah dengan aneka jenis tanaman? Penghuni rumah bisa bersantai di teras karena udara yang sejuk, dengan visual yang dimanjakan oleh hijau dedaunan dan warna-warni bunga. Tidak sekedar itu saja, indra penciuman pun juga merasa terpuaskan dengan menghirup semerbak wangi dari bunga-bunga. 

Namun demikian, agar kenyamanan pekarangan yang ditumbuhi aneka tanaman tersebut jangan sampai terganggu dengan adanya hewan melata yang bisa saja menyusup ke perkarangan rumah Anda, misalnya seperti ular. Kedatangan ular ini bisa jadi dipicu oleh jenis tumbuhan yang Anda tanam. Mungkin saja tanaman yang ada di perkarangan rumah Anda merupakan tanaman yang disukai ular dan mengundang ular untuk menetap disana. Nah, untuk mengantisipasi hal tersebut terjadi, Anda memerlukan pengetahuan jenis tanaman seperti apa saja yang disukai ular? 

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan tanaman Anda mengundang perhatian ular, diantaranya:

  • Tanaman tumbuh rindang tidak teratur

Ular menyukai tumbuhan yang tumbuh tidak teratur menyerupai semak-semak. Tumbuhan yang semerawut tidak terurus biasanya banyak binatang seperti tikus dan kadal berkeliaran. Kondisi yang membuat ular dapat binatang mangsaannya. 

Tidak hanya itu saja, tumbuhan yang tumbuh semerawut juga memberikan kemudahan bagi ular bersembunyi ketika mengintai mangsa.

  • Tanaman yang mempunyai wangi tajam

Ular mempunyai indra penciuman yang tajam yang membuat ular akan menghampiri tanaman tersebut karena berpikir jika di sana akan terdapat binatang mangsaannya.  Oleh karena itu, seringkali ular ditemukan di tanaman bunga atau kayu yang menguar aroma tajam.

Setelah kita mengetahui faktor penyebab tanaman yang menarik perhatian ular, Anda juga harus tau kalau ada beberapa jenis tanaman yang disukai ular, antara lain:

1. Melati

Tanaman bunga seperti melati adalah jenis tanaman yang disukai oleh ular. Wangi melati yang menyengat memancing ular mendatangi pohon berbunga putih tersebut. Kerindangan pohon membuah bawah pohon terasa teduh, tidak mengherankan jika ular suka berada di bawah pohon bunga melati untuk menunggu mangsanya.

Jika menyukai tanaman melati dan berniat menanamnya di pekarangan rumah, maka harus rutin dilakukan pembersihan pada bagian bawah pohon. Hal ini untuk menghidari area tersebut mendatangkan tikus dan membuat ular datang dan betah berada di bawah pohon melati. Bila perlu, tambahkan kerikil tajam pada bagian bawah tanaman melati. Ular tidak menyukai batu-batu tajam yang akan menyakiti tubuhnya yang berjalan dengan melata.

2. Cendana

Tanaman yang sering kali digunakan untuk aroma terapi, dupa dan juga parfum ini ternyata menjadi tanaman yang disukai ular. Hal ini karena tanaman yang satu ini mampu membuat kondisi sekitarnya menjadi sejuk dan teduh. Tidak mengherankan jika ular merasa betah berada di bawah pohon cendana untuk menunggu dan mengintai mangsanya.

3. Tanaman perdu

Tanaman perdu adalah tanaman yang mempunyai batang kayu dengan banyak cabang dan tumbuh tidak telalu tinggi di atas permukaan tanah. Tanaman ini memiliki tinggi antara 1 ‚Äď 6 meter. Adapun yang termasuk tanaman perdu yaitu tanaman asoka, bugenvil, bunga sepatu. 

Keindahan-keindahan bunga dari tanaman perdu ini membuat banyak orang menyukai tanaman ini tumbuh di pekarangan rumah. Tapi, tahukah bahwa semua jenis tanaman perdu ternyata disukai oleh ular?

Tanaman perdu disukai ular dikarenakan jenis tanaman ini tumbuh bercabang dan pendek. Jika tidak dirawat, maka tanaman ini akan menjadi semak yang membuat ular senang membuat sarang. Selain itu, cabang tanaman perdu yang tumbuh bercabang menyerupai semak membuat ular mudah bersembunyi ketika mengintai mangsanya.

4. Aras

Tumbuhan aras yang biasanya disebut dengan cedar tumbuh di dataran tinggi. Tanaman ini biasanya menjadi tanaman hias untuk orang-orang yang tinggal di area pegunungan. Memiliki daun yang bentuk unik dan juga bau yang khas ternyata membuat ular suka berada sekitar tanaman Aras.

Leave a Reply

Your email address will not be published.