6 Manfaat Micin untuk Menyuburkan Tanaman, Biar Hemat dan Bisa Tumbuh Cepat

Micin atau Monosodium Glutamate memang terkenal sebagai penyedap makanan. Namun, siapa sangka ternyata khasiatnya juga bisa untuk menyuburkan tanaman. Nah, penasaran apa saja manfaat micin untuk menyuburkan tanaman? Ketahui selengkapnya melalui informasi berikut ini.

6 Manfaat Micin untuk Menyuburkan Tanaman,

1. Bisa Meningkatkan Kadar Air Tanaman

Kini, tidak perlu khawatir kalau tanaman bisa kekurangan kadar air. Pasalnya, micin dapat mengatasi hal tersebut, lho. Khasiat tersebut ada karena adanya kandungan senyawa natrium yang terkandung di dalamnya. 

2. Pembungaan Tanaman Jadi Lebih Cepat

Tidak berbeda jauh dengan manfaat garam untuk tanaman, ternyata micin juga bisa mendukung pembungaan tanaman yang cepat. Anda yang merawat tanaman hias atau sayur dapat memanfaatkan khasiat ini dengan baik. 

Khasiat tersebut dipengaruhi oleh kandungan natrium yang ada ada dalam micin. Kalau tanaman bisa tumbuh lebih cepat, buah yang dihasilkan pun dapat menjadi lebih banyak. Namun, Anda tidak bisa menggunakan micin untuk tanaman yang sedang berbuah. 

3. Merangsang Pertumbuhan Tanaman

Kandungan micin berupa senyawa nitrogen bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan cabang, daun, dan batang tanaman. Anda bisa memberikan micin pada saat tanaman berusia dua minggu.

Berbeda halnya saat tanaman sedang berbuah. Anda yang tetap memberikan micin pada tanaman berbuah harus menerima kualitas buruk dari hasilnya. Itu artinya, rasa buah akan menjadi kurang segar dan menjadi sedikit gurih.

4. Lebih Tahan Penyakit

Kandungan kalium dalam micin nyatanya dapat membuat tanaman tahan terhadap penyakit. Namun, tidak hanya itu saja sebab kalium juga berguna untuk mengatur penutupan dan pembukaan stomata. Peningkatan kemampuan saat fotosintesis dan metabolisme tanaman pun dapat terbantu dengan baik.

5. Pengganti Pupuk

Kalau Anda keberatan untuk menggunakan pupuk, micin dapat menjadi salah satu alternatif terbaiknya. Tanaman aglonema menjadi jenis yang paling utama dan bisa menggunakan micin. Mengapa diperuntukkan bagi tanaman tersebut?

Micin dapat bersifat ramah lingkungan dan berbentuk kristal. Saat dilarutkan dengan air, warnanya pun tidak berubah sama sekali. Dengan begitu, tanaman yang diberi micin akan lebih sehat dan berdaun lebat

Khasiatnya bersumber dari C, H, O, dan Na yang terkandung dalam micin. Namun, tidak hanya bagus untuk tanaman hias sebab pupuk micin dapat dipakai untuk tanaman layaknya stroberi. Manfaatnya untuk tanaman stroberi adalah dapat membuat buahnya terasa manis dan lebat. 

6. Membuat Tanaman Padi Subur

Kendal, Jawa Tengah pernah mengalami kelangkaan pupuk, lho dan solusinya adalah menggunakan penyedap makanan sebagai penggantinya. Cara menggunakannya pun adalah dengan menggunakan air sebagai campuran dan disemprot ke tanaman padi. Usia dari tanaman yang disemprot harus berusia lebih dari sebulan. 

Cara Memberikan Micin Kepada Tanaman yang Tepat

Setelah mengetahui beberapa manfaatnya, kini saatnya Anda membuat pupuk micin sendiri. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Anda harus menyiapkan ember kecil dan membubuhkan 5 gram micin. 
  • Kalau sudah, segera tambahkan 1liter air sumur. Aduk hingga micin telah larut bersama air. 
  • Gunakan larutan tersebut untuk satu tangkai tanaman yang baru berusia dua minggu.
  • Kalau tanaman lebih besar dan banyak, ukurannya dapat berlaku kelipatan. 
  • Alternatif lainnya adalah saat daun semakin hijau dan lebat, Anda bisa menyemprotkan larutan air micin pada bagian daun tanaman.

Nah, itulah beberapa manfaat micin bagi tanaman. Meskipun berkhasiat, Anda tetap harus memperhatikan hal-hal penting untuk menjaga tanaman tetap berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.