Pakai Bahan Alami Ini untuk Basmi Hama, Dijamin Aman dan Ampuh

Cara membasmi hama menggunakan bahan alami memang dibutuhkan untuk merawat tanaman hingga subur. Baik itu hama tanaman atau hewan, pertumbuhan tanaman bisa terganggu, membuatnya rusak, bahkan mati. Anda yang memiliki ketertarikan dalam berkebun perlu mengetahui beberapa bahan alami untuk basmi hama.

1. Cabai

Tidak hanya digunakan untuk membuat rasa masakan menjadi pedas, cabai ternyata juga bisa dijadikan pembasmi hama alami bagi tanaman. Cara membuatnya pun cukup mudah, yakni dengan mencampurkan 1 sdm cabai dan 1 liter air. Jangan lupa untuk memberikannya beberapa tetes sabun cair. 

Kalau larutannya sudah jadi, Anda bisa segera menyemprotkannya pada tanaman yang terkena hama. 

2. Bawang Putih

Bawang putih memang dikenal dengan aromanya yang kuat, sehingga dapat digunakan pula sebagai insektisida alami. Cara menggunakannya pun praktis, yakni dengan menggunakan dua umbi bawang putih yang telah dihaluskan. Tambahkan sedikit air untuk membuat larutan.

Tinggalkan larutan tersebut semalaman agar air bisa benar-benar menyerap khasiat dari bawang putih. Jangan lupa untuk menambahkan setengah sendok makan sabun cair dan setengah cangkir minyak sayur. 

Kalau sudah jadi, campurkan larutan tersebut dengan satu liter air. Segera semprotkan pada tanaman yang telah diserang oleh hama. 

3. Soda Kue

Cara membasmi hama dengan soda kue pun tidaklah sulit untuk dilakukan. Anda hanya memerlukan sabun cair ringan yang harus dicampurkan dengan soda kue. Larutan ini dapat membasmi hama berupa jamur hitam, serangga, dan berbagai jenis hama lainnya. 

4. Minyak

Minyak biasanya digunakan untuk memasak atau menggoreng sesuatu. Namun, siapa sangka, pori-pori pernapasan serangga dapat terhalangi karena minyak. Itulah mengapa, Anda bisa menggunakannya untuk membasmi hama sejak dini. 

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan satu cangkir minyak sayur dan satu sdm sabun pencuci piring. Kalau sudah tercampur semuanya, gunakan 1 sdm larutan tersebut dengan air untuk disemprotkan secara langsung. 

5. Daun Tomat

Tidak hanya buahnya yang dapat dimanfaatkan, daun tomat memiliki kandungan alkaloid yang baik untuk membasmi hama. Baik itu kutu daun atau serangga lainnya yang menempel pada tanaman, daun tomat bisa segera mengatasinya. 

Jangan lupa untuk mencampurkan daun tomat dengan satu liter air. Anda harus mendoakannya semalaman sebelum larutan siap digunakan. 

6. Minyak Esensial Citrus

Mendengar kata citrus, Anda bisa langsung memikirkan buah lemon atau jeruk. Cara menggunakannya untuk membasmi hama pun tidak kalah mudah, yakni dengan mencampurkan lima tetes minyak esensial citrus dengan lima tetes sabun. 

Anda juga harus mencampurkannya dengan satu liter air supaya larutan bisa digunakan segera. Semprotkan pada tanaman yang terjangkit hama. 

7. Garam

Garam epsom juga dapat digunakan untuk membasmi hama, lho. Anda tinggal menaburkannya saja di sekitar tanaman atau dilarutkan dalam air terlebih dahulu. Guna membuat larutan untuk disemprotkan, jangan lupa untuk melarutkan satu cangkir garam dengan air.

Oleskan ke tanaman yang terserang hama. Larutan garam ini juga bisa digunakan secara efektif untuk membasmi siput dan kumbang. Anda juga bisa menaburkan garam di sekitar pangkal tanaman setiap seminggu sekali atau lebih. 

8. Tembakau

Nikotin dalam tembakau ternyata beracun untuk serangga. Anda bisa mengumpulkan puntung rokok secukupnya saja supaya bisa mendapatkan daun tembakau. Tempatkan bahan tersebut pada kantung kain atau kaus kaki, kemudian rendam dalam satu liter air semalaman.

Kira-kira, mana nih bahan alami untuk basmi hama yang akan Anda coba untuk membasmi hama, nih? Dengan penggunaan bahan alami yang benar, hama jahat tentu tidak akan lagi mengganggu tanaman kesayangan Anda.

Sponsored

Kalian bisa memesang rangkaian Anggrek Bulan Melalui Ecommerce kesayangan Kalian dan Melalui website ini.
De Orchids Team
De Orchids Team
Articles: 44

Leave a Reply

Your email address will not be published.