11 Tanaman Hias yang Wangi, Pas Jadi Pengharum Ruangan

Siang hari menghabiskan waktu di dalam ruangan, entah sebab kepentingan work from home (WFH) atau sekadar merebahkan diri. Jelas, kehadiran tanaman hias yang wangi dapat menjadi teman terbaik keseharian Anda.

Bukankah ruangan dengan semerbak harum membuat tubuh rileks? Mengeluarkan kesegaran eksotis sehingga meningkatkan daya konsentrasi otak? Walhasil Anda pun bisa semakin produktif dan nyaman dalam beraktivitas?

11 Tanaman Hias yang Wangi, Pas Jadi Pengharum Ruangan

Inilah sebabnya Anda perlu merawat tanaman hias yang wangi secepatnya, dan maka itu kami sajikan beberapa rekomendasi tanaman hias yang pantas ditenggerkan di ambang jendela kamar Anda. Yuk, disimak baik-baik!

1. Bunga Cempaka

Memiliki nama latin magnolia champaca, meski lebih populer dengan julukan Bungong Jeumpa Gadeng di tanah Aceh. Oleh sebab kehadirannya mengejawantah flora identitas provinsi akbar itu.

Dengan kelopak bunga runcing memanjang, bunga cempaka seolah-olah mengeluarkan wewangian tajam dari kelopaknya itu. Sekurang-kurangnya menginspirasi orang-orang untuk mengambil inti wewangiannya untuk dijadikan sebagai bahan baku parfum.

Jangan Anda kira manfaatnya sebatas itu, apalagi setelah memandangi segala keindahan penampilannya. Sebab, bunga cempaka mengandung essential oil magnolia, yang dapat melembabkan kulit Anda. 

Sponsored

Bagi kalian yang lagi mencari rangkaian anggrek bulan dengan harga terjagkau, Kalian bisa order via Tokopediadan Shoope, Kalian juga bisa order via website kami langsung.

2. Gardenia

Diberi julukan kesayangan yaitu “kacapiring” oleh bangsa kita. Tanaman hias dengan nama latin Gardenia jasminoides ini memang benar menyerupai kaca piring. Bentuk kelopak bunga yang melingkar dan agak lebar menjadi bukti kuatnya. Berwarna putih pula.

Saat mentari bangkit dari bangunnya dengan sempurna, akan Anda dapati betapa lihainya gardenia beratraksi. Jatuh sedikit sinar cahaya saja di kepala, keharuman bunga keluar hingga mencapai batasnya, tak terhitung berapa meter! Seketika mengharumkan ruangan. Menghempaskan bau pesing.

3. Lavender  

Nama tanaman hias ini pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Selain digunakan untuk mengharumkan ruangan, lavender juga sering dijadikan sebagai bahan baku parfum dan sabun.

Maka tak salah bukan, jika tanaman hias satu ini disandarkan di punggung dinding rumah Anda. Dengan zat linalool dalam tubuhnya, aroma lavender akan meringankan beban pada tubuh Anda. Zat linalool dan linalyl pun mengusir nyamuk dengan mudahnya!

Artikel Terkait :

4. Sedap Malam

Seperti namanya, tanaman hias satu ini menghiasi malam Anda dengan aroma wangi yang “sedap”. Bayangkan saja, betapa banyaknya aroma harum yang dikeluarkan oleh tiap batang tingginya. Sudah jelas, dalam satu malam udara rumah dipadati oleh wewangian dengan khasiat manjurnya! 

5. Geranium

Bertubuh kecil tapi tidak sedikit kehebatannya. Benar saja, tanaman hias satu ini dikabarkan mengandung wewangian manis nan alami. Walhasil, oleh sebagian besar orang, ia kerap kali dijadikan pengharum ruangan. Sekaligus sebagai senjata pembunuh nyamuk-nyamuk nakal di dalam rumah. 

6. Mint

Selain tanaman lavender, sudah pasti Anda sering mendengar nama tanaman hias ini bukan? Yap, mint. Tanaman hias dengan keberlimpahan aroma dan kesegaran. Sering dijadikan sebagai perasa makanan ringan dan minuman berkaleng. Siapa sangka, mint bisa pula diekstrak menjadi pengharum ruangan!

7. Marigold

Ibarat seorang tuan putri yang menjelma bunga cantik, marigold, memberikan warna pada tiap tarian dansanya. Jika tidak percaya, cobalah biarkan ia menari-menari ditiup angin berhembus pelan. Akan tersibak wewangian dari tiap goyangan kelopak, mengharumkan seisi ruangan sekaligus mengusir nyamuk dari singgasana semunya!

8. Rosemary

Salah satu tanaman rekomendasi New York Botanical Garden dan PlantShed. Jika ditanya apa alasannya, keampuhannya dalam mengusir nyamuklah  jawabannya. Sekurang-kurangnya bisa memaksimalkan kadar manfaat sebagai aromaterapi pula!

9. Mawar

Salah satu tanaman populer berkat keindahan rupanya dalam menghiasi perkebunan rumah. Yang kini bisa ditaruh di dalam ruangan tanpa perlu menawar lagi. Asal Anda memilih bunga mawar yang benar-benar harum, seperti rosa double delight, rosa honey perfume, dan lain sebagainya.

10. Kamboja Wangi

Memiliki paras indah nan suci, kamboja wangi menampilkan kelopak berwarna putih kekuningan dengan keharuman yang tak disangka-sangka. Aroma tanaman hias ini dikabarkan bisa mencapai beberapa meter. Cocok sekali dijadikan pengharum di ruangan Anda!

11. Arabian Jasmine

Berpenampilan putih bersih, bunga berkebangsaan Arab ini mengeluarkan aroma lembut nan sedap melalui kelopaknya. Berkat aroma harusnya ini, Arabian Jasmine diketahui kerap dijadikan sebagai penyedap teh melati. Selain itu pula diejawantahkan sebagai pengharum ruangan.

Itulah beberapa rekomendasi tanaman hias yang wangi untuk Anda kantongi. Mendapati tanaman-tanaman ini di ambang jendela ruangan Anda jelas memperkaya aroma udara Anda. Walhasil Anda pun bisa melakukan berbagai aktivitas secara totalitas dan penuh gairah!

De Orchids Team
De Orchids Team
Articles: 44

Leave a Reply

Your email address will not be published.