6 Jenis Tanaman Bunga Yang bisa Dicangkok

Banyak cara untuk membudidayakan tanaman, salah satunya dengan mencangkok. Tak hanya pohon besar yang berbuah lebat, Jenis tanaman hias yang bunga pun bisa dikembangbiakkan melalui proses cangkok.

Sebelumnya, kami telah menjelaskan tentang apa itu teknik mencangkok dan ciri tumbuhan yang dapat dicangkok. Pada dasarnya, cangkok dilakukan dengan cara menggabungkan dua jaringan tanaman untuk melanjutkan pertumbuhannya bersama-sama.

Tanaman, baik yang berbuah besar maupun tanaman hias yang bisa dicangkok utamanya merupakan tanaman yang berbiji dua (dikotil). Tanaman monokotil tidak bisa dicangkok dan perlu metode lain untuk perkembangbiakannya.

Saat ini, mencangkok merupakan metode perkembangbiakan tanaman yang banyak dipilih oleh para pelaku usaha tanaman atau perkebunan. Pasalnya, proses ini dapat membuat tanaman cepat tumbuh dan berbunga (dibandingkan dengan menanam dari bibit tanaman).

Keuntungan lainnya dalam menggunakan metode cangkok adalah tanaman hasil cangkok memiliki karakter yang sama dengan induknya. Proses pembudidayaannya pun praktis. Serta merupakan metode yang tepat jika fokus pada perbanyakan tanaman.

Sponsored

Bagi kalian yang lagi mencari rangkaian anggrek bulan dengan harga terjagkau, Kalian bisa order via TokopediaShoope, dan Blibli Kalian juga bisa order via website kami langsung.

Namun, ada juga beberapa kekurangan dalam proses mencangkok. Satu tanaman akan berpotensi mati jika terlalu banyak dilakukan proses pencangkokan. Ia juga tidak dapat dicangkok dalam jumlah yang terlalu banyak.

Akar tanaman yang tumbuh karena proses cangkok rata-rata tidak kokoh, dan tanamannya tidak tahan kering.

6 Jenis Tanaman bunga yang bisa Dicangkok

Jika Anda berminat untuk mencakok tanaman hias Anda yang berbunga, berikut ini beberapa rekomendasi tanaman hias berbunga yang bisa Anda cangkok sendiri di rumah.

Mawar

Mawar bisa dikembangbiakkan dengan berbagai macam cara. Bisa dengan stek batang, okulasi, vegetative dengan bijinya, dan salah satunya adalah cangkok.

Kupas kulit luar mawar dengan pisau yang tajam dengan panjang kurang lebih 1 centimeter. Jangan sampai melukai jaringan dalam batang mawar yang berwarna putih. Maka Anda harus melakukannya dengan hati-hati.

Batang tanaman mawar yang sudah dikelupas kulitnya dibalut dengan tanah yang kaya akan nutrisi. Kemudian bungkus dengan plastic agar tanah dapat bertahan di sana.

Daun yang berada pada batang yang dicangkok perlu untuk dirontokkan. Hal ini dilakukan agar nitrisi yang diserap tanaman akan berfokus pada proses cangkok.

Saat merawatnya, siram batang cangkok sehari tiga kali hingga akarnya tumbuh. Dalam kurun waktu kira-kira satu bulan, batang cangkok dengan akar yang sudah tumbuh siap untuk dipotong dan ditanam di media tanam lain.

Baca Juga:

Bougenville

Mencangkok bunga bougenville tak jauh berbeda dengan mencangkok bunga mawar dan bunga-bunga lainnya. bunga yang biasa disebut dengan bunga kertas ini sulit untuk tumbuh tegak. Maka dari itu, perlu hati-hati dalam memilih bagian yang akan dicangkok.

Jika sudah tumbuh, bougenville sangat menyukai paparan sinar matahari. Maka dari itu, tempatkan ia di tempat dengan cahaya matahari yang cukup. Jangan lupa untuk menyirami dan memberinya nutrisi dengan baik.

Kamboja (Adenium)

Bunga kamboja umum terlihat di taman terbuka atau dalam pot-pot di depan rumah. Bunganya yang indah dengan aroma khas membuat peminatnya pun tinggi. Jika Anda sudah memiliki kamboja di rumah, tak perlu membeli bunga yang sama. Cukup lakukan cangkok dan hasil cangkok akan sama dengan induknya.

Saat akan mencangkok, pilih batang kamboja yang telah berumur dan sehat. Jika ia terlihat licin, keras, dan bersih, juga memiliki diameter batang lebih dari 3 centimeter, maka Anda bisa melakukan pencangkokan di bagian tersebut.

Camellia

Tanaman hias camellia juga bisa dikembangbiakkan dengan cara cangkok. Batangnya yang berkambium memungkinkan untuk dicangkok kulit dan menumbuhkan akar di salah satu batangnya.

Witch Hazel

Witch hazel merupakan tanaman yang tumbuh dengan tinggi sekitar 3 hingga 7,6 meter. Beberapa tanamannya tumbuh hingga 12 meter. Batangnya berkambium dan memiliki kelopak bunga 4 biji membuat witch hazel memenuhi karakter tanaman yang bisa dicangkok.

Hanya berhati-hatilah saat melakukan cangkok pada bagian dengan batang yang kecil karena akan rawan terkena jaringan dalam saat menguliti kambiumnya.

Aglaonema

Meski bukan merupakan tanaman dengan bunga yang menjadi titik utama, aglaonema merupakan salah satu tanaman hias dengan daun memukau yang bisa dicangkok.

Dalam perawatannya, siram Aglaonema dengan teratur, namun jangan sampai menggenang. Dan tempatkan tanaman di tempat yang teduh.

Itulah daftar tanaman berbunga dan tanaman hias yang bisa dicangkok. Untuk memperbanyak tanaman, Anda bisa mencangkok tanaman hias Anda sendiri di rumah dan memperbanyaknya.

mujtahida
mujtahida
Articles: 30

Leave a Reply

Your email address will not be published.