6 Tanaman yang Menjanjikan di Masa Depan

Anda mungkin akan bertanya-tanya bagaimana sebuah tanaman dapat menjanjikan di masa depan? Maka artikel ini lah jawabannya. Simak ulasan di bawah ini untuk mengetahui jenis-jenis tanaman yang bisa mulai anda tanam sekarang, agar memiliki hasil yang menjanjikan di masa depan.

Menjanjikan di sini memiliki banyak makna. Menjanjikan karena manfaatnya yang tinggi, potensi penjualan di masa depan yang besar, atau pengolahannya yang beraneka ragam.

Terlebih lagi, saat ini, menanam tanaman tak hanya berpaku pada tanah dan lahan yang sangat luas. Teknologi yang sudah berkembang pesat telah menawarkan kemudahan untuk budidaya tanaman bahkan bagi anda yang hanya memiliki lahan yang sempit, atau bahkan di dalam rumah anda.

Simak uraian berikut untuk mengetahui jenis tanaman apa saja yang memiliki potensi tinggi dan menjanjikan di masa yang akan datang.

Tanaman yang Dapat Ditanam di Lahan Sempit

Akibat dari pertumbuhan penduduk, maka banyak lahan alami digeser fungsinya sebagai lahan untuk perumahan dan kebutuhan manusia lainnya. Hal ini tentu dapat mengikis lahan yang bisa dimanfaatkan untuk pertanian dan perkebunan.

Sebagai alternatif, telah banyak metode menanam tanaman tanpa menggunakan media tanah yang luas. Cukup membuat rak-rak kecil di rumah anda, serta memahami apa itu teknik hidroponik, maka anda bisa menanam hingga memanen di rumah anda sendiri.

Pengembangan penanaman dengan metode hidroponik masih banyak dilakukan dan pastinya akan makin menjanjikan di masa depan karena semakin menyempitnya lahan pertanian dan perkebunan.

Sponsored

Bagi kalian yang lagi mencari rangkaian anggrek bulan dengan harga terjagkau, Kalian bisa order via TokopediaShoope, dan Blibli Kalian juga bisa order via website kami langsung.

Tanaman Herbal

Tanaman herbal yang alami dan telah teruji dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan menjaga kesehatan kini banyak diburu oleh masyarakat. Tak hanya dikonsumsi secara segar dan pengolahan konvensional, tanaman herbal yang mengandung banyak nutrisi juga telah banyak diproduksi dengan teknik modern.

Penelitian juga terus-menerus mengembangkan tanaman apa saja yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit tertentu. Maka dari itu, tanam tanaman herbal anda mulai dari sekarang dan rasakan manfaatnya nanti.

Rempah-Rempah

Sejak zaman dahulu, Indonesia telah terkenal dengan rempah-rempahnya. Bahkan alasan Belanda menjajah Indonesia karena Indonesia memiliki beragam jenis rempah-rempah yang kaya akan manfaat.

Rempah-rempah memiliki andil yang besar karena ia memiliki berbagai macam manfaat. Ia bisa berguna untuk pengobatan, beberapa dapat menghangatkan badan, dan juga dapat memperkaya cita rasa masakan yang melahirkan masakan khas Indonesia.

Badan Pusat Statistik (BPS) telah mencatat bahwa total ekspor rempah-rempah, tanaman aromatic, dan tanaman obat ke mancanegara telah mencapai angka 275,3 ribu ton. Nilai ekspornya pun tak main-main, yaitu 618 juta dollar amerika. Sangat menggiurkan bukan?

Mulai tanam rempah-rempah dari sekarang. Tak perlu dengan target yang muluk-muluk, anda bisa memulainya dengan memenuhi kebutuhan rumah tangga sendiri terlebih dahulu. Seiring dengan berjalannya waktu, anda bisa belajar bagaimana mengembangkannya dalam jumlah yang besar sehingga menjadi tanaman yang potensial.

Baca Juga:

Tanaman yang Dapat Memenuhi Kebutuhan Dasar Dapur

Tak bisa dipungkiri bahwa selain rempah-rempah, beberapa elemen penting di dapur anda juga sangat potensial untuk dikembangkan. Anda bisa menanam cabai di lahan yang sempit. Bawang merah dan bawang putih pun bisa anda tanam.

Naik turunnya harga kebutuhan dapur yang tak menentu tentu akan memudahkan jika anda menanamnya sendiri. Anda bisa memetiknya sendiri di kebun anda, bahkan bisa menjadikannya ladang berbisnis.

Tanaman Hias

Tak perlu kaget, tanaman hias memang merupakan salah satu tanaman yang menjanjikan. Meski tak memiliki manfaat langsung pada tubuh, namun tanaman hias memiliki fungsi memperindah taman, kantor, maupun rumah anda.

Kebutuhan akan keindahan ini pun makin hari makin tinggi. Anda bisa mulai membudidayakan tanaman hias mulai dari sekarang.

Selain itu, beberapa tanaman hias memiliki harga yang fantastis. Seperti bonsai yang bisa mencapai jutaan bahkan milyaran hanya dengan satu pohon saja. Sangat potensial untuk menjadi bisnis anda bukan?

Tanaman dengan Potensi Ekspor yang Tinggi

Seperti rempah-rempah yang telah disebutkan di atas, ada banyak tanaman lain yang mudah ditanam di Indonesia dan memiliki potensi ekspor yang tinggi. Sebut saja tanaman porang. Tahun 2020, nilai ekspornya mencapai 923,6 milyar rupiah.

Itulah beberapa jenis tanaman yang berpotensi menjanjikan di masa depan. Anda bisa mengembangkannya sendiri dan rasakan manfaatnya di masa depan!

mujtahida
mujtahida
Articles: 30

Leave a Reply

Your email address will not be published.