6 Jenis Tanaman Bonsai Serut Termahal, Berminat Membelinya?

Bonsai sejatinya merupakan tanaman yang cenderung mahal. Tanaman yang sengaja dikerdilkan ini bisa mencapai harga 5 milyar, lho! Artikel ini akan memaparkan tentang jenis bonsai serut dengan harga termahal.

Sebagai alternatif, bonsai serut menawarkan keindahan bonsai dengan harga lebih rendah. Meski beberapa jenis tanaman bonsai serut masih terbilang mahal.

Bonsai serut memiliki karakter yang menggugurkan daunnya. Pohon serut yang dikerdilkan ini memiliki daun, buah, dan komponen lainnya yang berukuran kecil pula. Uniknya bonsai serut ini membuat permintaan meninggi dan harganya pun demikian.

6 Jenis Tanaman Bonsai Serut Termahal, Berminat Membelinya?

Jika Anda mulai tertarik untuk membeli bonsai serut, berikut ini rekomendasi tanaman bonsai serut termahal yang bisa Anda koleksi di rumah.

Sponsored

Bagi kalian yang lagi mencari rangkaian anggrek bulan dengan harga terjagkau, Kalian bisa order via TokopediaShoope, dan Blibli Kalian juga bisa order via website kami langsung.

Bonsai serut jumbo

Ini merupakan salah satu jenis tanaman bonsai serut termahal yang ada.

Berbeda dengan tanaman bonsai yang lain, bonsai serut jumbo ini berukuran super besar yaitu jumbo.

Bonsai serut yang biasanya berukuran kecil ini dipatahkan oleh bonsai serut jenis jumbo.

Bonsai serut jumbo memiliki batang berkayu yang gemuk dan tebal, dengan ranting tipis dan daun yang tumbuh kecil-kecil di sekitar tangkainya. Harga dari bonsai jumbo ini sekitar 1,2 juta rupiah.

Bonsai serut batu karang

Yang unik dari bonsai ini adalah, tanaman bonsai serut ditanam di atas batu karang. Akarnya melilit memenuhi rongga karang membuatnya terlihat aesthetic dan unik.

Bentuknya yang khas menjadi primadona oleh berbagai kolektor bonsai. Tak heran jika harganya bisa selangit!

Proses pembuatan dari bonsai serut batu karang ini juga tak mudah. Jenis karang harus disesuaikan dengan karakter dari pohon serut agar akar dapat merambat masuk ke cela-cela karang.

Untuk menjaga bonsai jenis ini perlu dilakukan pemupukan, penyiraman rutin, pemangkasan bila diperlukan, dan penyiangan.

Baca Juga:

Bonsai Serut Lanang

Bonsai yang satu ini merupakan tanaman bonsai yang berasal dari pohon serut lanang atau Streblus taxoides. Tanaman serut lanang juga biasa dinamai dengan serut duri atau ri songgo.

Ia memiliki batang yang berduri yang bisa tumbuh menjadi daun atau pun cabang. Daunnya berbentuk lonjong berujung lancip, mirip dengan pohon jeruk.

Harga bonsai serut lanang berkisar antara 400 ribu rupiah sampai 1 juta rupiah.

Bonsai Serut Raft Style

Sesuai dengan namanya, bonsai serut rafting memiliki pahatan rafting. Ia merupakan bonsai dengan batang tua yang tumbang ke tanah, dengan cabang yang tumbuh lagi ke atas.

Bentuk tersebut membuat bonsai rafting menjadi salah satu bonsai dengan bentuk yang unik.

Harga bosai serut raft style bisa mencapai 2,5 juta rupiah, lho!

Bonsai Serut Merah

Tanman kerdil satu ini berasal dari pohon serut merah dengan nama ilmiah Loropetalum. Bonsai jenis ini sangat terkenal, baik oleh umum maupun pecinta tanaman hias.

Daunnya yang berwarna merah serta berbentuk lonjong cocok untuk menghiasi ruanganmu. Tak lupa batangnya berwarna putih.

Pesona warna pada daunnya adalah yang paling utama. Diameter daunnya antara 2 hingga 4 centimeter. Sangat mungil, bukan? Saat musim semi tiba, bunga dari pohon ini akan tumbuh mekar nan indah.

Bunganya mirip dengan bunga witch hazel. Bunga yang tumbuh dari tanaman ini memiliki 4 kelopak dengan panjang mencapai 2 centimeter.

Bonsai Serut Liar

Bonsai jenis ini berasal dari pohon serut yang tumbuh liar. Tanaman liar dari bonsai ini memiliki nama ilmiah Streblus asper. Warna batang dari tanaman ini pucat dan keras. Daunnya hijau bergerigi dan tumbuh kecil-kecil pada ranting dan dahan.

Dengan lingkungan yang tepat, pohon serut liar dapat tumbuh hingga ratusan tahun lamanya. Anda bisa memilih untuk membeli bonsai serut liar yang sudah dibentuk atau menanamnya sendiri dengan bibit.

Bibitnya hanya berkisar 15 ribu hingga 40 ribu rupiah. Sedangkan pohon yang sudah dibonsai mencapai ratusan ribu hingga lebih dari 1 juta rupiah.

Jika Anda sudah memilih jenis bonsai serut termahal yang akan Anda pelihara, jangan lupa lakukan perawatan dengan menyiramnya secara rutin.

Bonsai serut juga membutuhkan nutrisi dari proses pemupukan. Dan tempatkan ia di tempat dengan cahaya yang cukup.

mujtahida
mujtahida
Articles: 30

Leave a Reply

Your email address will not be published.