7 Jenis Tanaman Keladi dengan Daun yang Cantik Memesona

Tanaman Keladi atau Caladium umum dikenal sebagai tanaman hias dengan daun yang indah dan warnanya yang mencolok. Mulai dari kombinasi hijau, merah, putih, dan masih banyak lagi. Artikel ini akan membahas jenis-jenis tanaman keladi dengan daun indah yang bisa menghiasi taman Anda.

Genus dari caladium memiliki 7 jenis jenis spesies yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Dan telah dinaturalisasi oleh India, Afrika, dan beberapa negara tropis lainnya. Keladi mulanya tumbuh di hutan terbuka dan tepian sungai yang surut saat musim kemarau.

Keladi liar dapat tumbuh hingga tingginya 40 sampai 90 cm. daunnya lebar membentang sekitar 15 sampai 45 cm.

Dari akar hingga batang dan daun, semua bagian keladi beracun dan tidak boleh dikonsumsi. Namun, keladi memang banyak difungsikan hanya sebagai tanaman hias. Daunnya yang berwarna-warni dan membentuk hati sangat cocok menghiasi taman Anda.

7 Jenis Tanaman Keladi dengan Daun yang Cantik Memesona

Mulai tertarik untuk memelihara tanaman keladi namun bingung memilih jenis yang mana? Berikut ini merupakan rekomendasi beberapa tanaman keladi yang bisa Anda pilih untuk dipelihara.

Florida Sweetheart

Keladi jenis ini merupakan spesies Caladium bicolor. Spesies ini tersebar luas awalnya di Argentina Utara. Kemudian dinaturalisasi hingga India, Afrika Barat dan Tengah, Samudra Pasifik, dan India.

Florida Sweetheart merupakan jenis keladi yang mungil. Daunnya merah muda di tengah dengan tepian hija. Kombinasi yang unik dan mencolok. Urat pada daunnya berwarna merah, jelas terlihat hingga menjadi gradasi yang menarik.

Varietas Florida Sweetheart dapat tinggi hingga 6 sampai 12 inci. ukurannya mudah diatur sesuai dengan spot tanam Anda.

Baca Juga:

Fannie Munson

Jenis keladi varietas ini juga memiliki warna yang mencolok. Daunnya bernuansa dominan merah dan merah muda dengan ukuran yang besar. Cocok untuk memanjakan mata taman Anda.

Tanaman Fannie Munson dapat hidup dengan berbagai jenis tanah. Ia lebih menyukai kondisi lembab namun penyiraman jangan sampai berlebihan hingga membusukkan akar.

Candidium

Candidium memiliki ukuran antara satu hingga dua kaki. Daunnya berwarna putih yang dikombinasi dengan hijau. Candidium sangat baik untuk ditumbuhkan dengan paparan sinar matahari.

Meski dapat tumbuh baik dengan paparan matahari, namun Anda bisa meletakkannya di tempat yang teduh. Candidium cenderung tidak tahan dengan suhu yang terlalu dingin. Jika suhu dingin, maka letakkan candidium ke dalam rumah Anda.

Candidium Junior

Sama seperti Candidium, Candidium junior hanya berukuran lebih kecil. Namun, cukup banyak perawatan yang harus dilakukan. Ia berukuran tidak lebih dari 11 sampai 16 inci. cocok jika Anda ingin tanaman dengan ukuran mini.

Gingerland

Tanaman ini memiliki daun yang berukuran sedang dan berbentuk hati. Ia bisa tumbuh santara 8 sampai 14 inci, cukup pendek untuk ukuran tanaman keladi.

Warna daunnya perpaduan antara putih krem dengan bercak merah di tengahnya yang menyebar secara acak. Hijau tua merupakan warna yang mengelilingi pinggir daunnya.

Gingerland mudah beradaptasi dengan berbagai macam jenis lingkungan. Simpan tanaman di tempat teduh, karena ia akan rusak jika terkena sinar UV.

Aaron Caladium

Aaron Caladium memiliki daun berwarna hijau tua dengan warna putih di pusatnya. Bahkan bagian tengahnya pun bisa jadi warna merah atau pink.

Saat menanam Aaron Caladium, pisahkan tanaman satu dengan lainnya sekitar 15 inci agar nutrisinya dapat terserap dengan baik. Tempatkan di tempat yang teduh dan lakukan penyiraman secukupnya. Jangan sampai menggenang karena akan membusukkan akar.

Freide Hemple

Jenis keladi ini memiliki berbagai ukuran, ukuran terkecilnya sekitar 12 inci. Saat melakukan penanaman, beri jarak antara 18 inci terpisah agar akar tidak tumpang tindih.

Warna daunnya hijau tua dengan warna merah di bagian tengahnya. Sangat cantik untuk dipadu padankan dengan tanaman hias lainnya.

Freide Hemple relative mudah dalam perawatannya. Seperti tanaman keladi pada umumnya, perhatikan intensitas penyiraman agar tanaman tidak kekurangan air. Namun jangan sampai hingga basah kuyup.

Masih banyak jenis tanaman keladi lainnya yang bisa Anda rawat. Sebelum memutuskan untuk merawat, tentukan jenis, warna, ukuran, dan cara merawatnya dengan baik agar ia bisa tumbuh dengan daun cantik yang memanjakan mata.

mujtahida
mujtahida
Articles: 30

Leave a Reply

Your email address will not be published.