7 Jenis Tanaman Pemakan Serangga, Anda Wajib Punya!

Apakah Anda sudah tahu bahwa ada banyak tanaman pemakan serangga yang bisa membersihkan rumah?  Tanaman tersebut mendapatkan makanan lewat fotosintesis serangga. Sehingga harus mencari nutrisi dari serangga agar bisa tumbuh dan bertahan hidup.

Tanaman ini sangat berbeda dari tanaman biasanya. Pada umumnya, tanaman bisa tumbuh dan berkembang hanya dengan mengambil unsur hara dari dalam tanah atau bisa juga dengan pemberian pupuk tanaman.

Namun, sejumlah tanaman pemakan serangga justru tidak butuh itu untuk bertahan hidup. Karena nutrisinya tergantung dari serangga. Tumbuhan ini disebut sebagai tumbuhan karnivora dengan menggunakan daun sebagai alat untuk menjebak serangga. 

7 Jenis Tanaman Pemakan Serangga, Anda Wajib Punya!

Lalu, apa saja jenis tanaman pemakan serangga tersebut? Anda bisa simak informasi dibawah ini.

  • Kantong semar

Tanaman ini bisa Anda temukan di Pulau Jawa, Kalimantan, Sumatera, Maluku, Sulawesi, dan juga Papua. Cara tanaman ini menarik serangga adalah dengan mengeluarkan aroma sehingga serangga akan tertembak dan masuk ke kantong yang sudah berisi cairan. Setelah itu, barulah nutrisi tersebut diserap dari serangga.

Tanaman ini bisa tumbuh dengan ketinggian 15 hingga 20 meter. Namun, uniknya ia hanya bisa tumbuh subur di tanah yang memiliki kandungan unsur hara sedikit seperti tanah kapur, tanah berpasir, dan juga tanah merah.

  • Venus Flytrap

Tanaman ini memiliki ukuran yang lumayan kecil dan bisa Anda tempatkan di dalam pot. Orang juga banyak menjadikan tanaman ini sebagai tanaman hias. Namun, Anda harus berhati-hati jika masih pemula dalam mengelola tanaman. 

Sebab, tanaman venus flytrap memiliki duri yang banyak dan terdapat di sekeliling daun. Daun tersebut menyerupai mulut dan sewaktu-waktu bisa menutup dengan sendirinya.

Bagaimanakah cara tanaman ini menjebak serangga? Yaitu dengan lender yang dikeluarkannya. Serangga yang paling sering dijebak oleh tanaman ini adalah lalat.

  • Butterwort

Tanaman pemakan serangga yang satu ini juga berukuran kecil sehingga bisa Anda tempatkan di pot kecil. Daunnya memiliki warna yang cantic yaitu hijau atau merah. 

Untuk menjebak serangga, tanaman Butterwort memiliki cairan lengket dan biasanya serangga yang terjebak adalah semut. Untuk Anda yang di rumahnya banyak semut berkeliaran, maka Anda bisa gunakan tanaman ini sebagai penangkalnya.

  • Sarracenia

Tanaman ini memanfaatkan aroma dan cairan yang ada pada bagian tepi kelopak untuk menjebak serangga. Sehingga serangga akan hinggap dan terpeleset ke dalam corong tanaman tersebut.

Tanaman ini biasanya ada di Amerika Serikat dan Kanada bagian tenggara. Adapun ciri khas dari tanaman ini adalah corong yang panjang serta terdapat kelopak berwarna merah yang ada di bagian atasnya.

  • Drosera 

Tanaman Drosera sering disebut sebagai tanaman embun matahari. Sesuai namanya, ia sering mengeluarkan embun. Tampilan dari Drosera juga sangat cantik dan menarik perhatian.

Meskipun demikian, ternyata tanaman ini juga bisa menjebak serangga lewat cairan lengket yang dikeluarkan. Dengan cairan tersebut, serangga akan hinggap di atasnya dan terjebak. Kemudian, Drosera akan menyerap nutrisi dari serangga.

  • Utricularia

Pada dasarnya, tanaman ini punya spesies yang sangat banyak dan bahkan lebih dari 200. Utricularia memiliki kantong yang berupa batang dan digunakan untuk memangsa serangga air. Tak hanya serangga, ia juga memakan ikan kecil, berudu, dan juga protozoa.

  • Kincir Air

Sesuai namanya, tanaman ini hidup dan berkembang di air. Tanaman kincir air memiliki daun yang mengapung dan digunakan untuk menjebak serangga.

Promosi Sejenak 😀😀

Kalian suka bunga Anggrek bulan atau mau mengirimkan Rangkaian Anggrek bulan kepada orang tersayang? Yuk kalian bisa beli Anggrek bulan via Ecommerce Tokopedia dan Shoope, Kalian juga bisa bias chat ke Whatsapp Kami, pada widget website ini.

Penangkapan serangga yang dilakukan Kincir Air ini melalui batang yang telah berisi udara di dalamnya, sehingga ketika serangga masuk maka bagian batang tersebut akan langsung menutup. Dengan begitu, serangga tidak akan bisa keluar lagi dan nutrisinya akan diserap oleh tanaman kincir air.

Itu hanya 7 dari sekian banyak tanaman pemakan serangga. Tanaman ini sangat cocok untuk Anda pelihara di rumah agar serangga tidak berkeliaran dan membuat rishi. Namun, Anda harus tetap berhati-hati apalagi dengan tanaman yang memiliki duri banyak seperti tadi. 

Pada umumnya, cara merawat tanaman pemakan serangga ini tidak jauh berbeda dengan tanaman lainnya. Mungkin Anda bisa tanyakan langsung kepada penjual tanaman terkait cara merawatnya agar tanaman tersebut bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

De Orchids Team
De Orchids Team
Articles: 44

Leave a Reply

Your email address will not be published.