8 Tanaman Indoor yang Bisa Hidup di Media Air

Media tanam yang umum sampai sekarang memang tanah. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa anda bisa menanam tanaman dengan media air. Artikel ini akan membahas tentang beberapa tanaman dalam rumah yang bisa hidup di air.

Beberapa tanaman memiliki bentuk akar yang indah, sayang jika harus dipendam dalam tanah. Dengan media tanam air, anda bisa menikmati keindahan tanaman secara utuh, dari ujung batang hingga ujung akarnya.

Apalagi taman hias yang indoor perlu perawatan khusus jika menggunakan media tanah, bukan. Potensi untuk mengotori lantai pun besar. Berbeda dengan media tanam air, ia dapat dibersihkan dengan mudah.

8 Tanaman Indoor yang Bisa Hidup dengan Media Air

Berikut ini beberapa rekomendasi tanaman yang hidup di air yang bisa anda pelihara di dalam rumah.

Philodendron

Tanaman ini sangat mudah ditanam di dalam air. Bisa dipastikan anda tak akan gagal jika menanamnya di air. Tanaman ini akan terlihat sangat indah dengan media air dan diletakkan dalam vas yang bening.

Tanaman ini tumbuh di semua situasi cahaya, redup maupun cerah terpapar cahaya matahari. Namun jika tanaman philodendron anda memiliki batang yang tinggi dengan daun sedikit, maka tandanya tanaman anda perlu cahaya yang lebih terang.

Sponsored

Bagi kalian yang lagi mencari rangkaian anggrek bulan dengan harga terjagkau, Kalian bisa order via TokopediaShoope, dan Blibli Kalian juga bisa order via website kami langsung.

Spiderwort

Spiderwort merupakan tanaman yang mudah dalam hal perawatannya. Varietas spiderwort yang berdaun ungu dan bergaris seperti zebra akan sangat cantik diletakkan di dalam ruangan anda, dengan kondisi cahaya yang sedang.

Warnanya yang cantik siap memberi aksen di ruangan anda. Pada simpul daun di sepanjang batang spiderwort, terdapat akar yang muncul dan terus tumbuh. Jika sudah cukup padat dalam satu vas, pindahkan ke vas lainnya.

Pothos (Sirih Gading)

Memiliki nama ilmiah Epipremnum aureum, tanaman ini memiliki daun yang mengkilap dan siap menyinari pojok ruangan anda. Tumbuhkan tanaman pothos dalam air. Anda bisa meletakkannya di mangkuk, vas, atau rak. Ganti media tanam pothos beberapa hari sekali agar ia cukup mendapat oksigen.

Baca Juga:

Lucky Bamboo (Bambu Hoki)

Bambu ini dikenal sebagai bamboo yang dapat membawa keberuntungan. Tanaman ini merupakan tanaman indoor yang sangat cocok ditumbuhkan di air. Pastikan akarnya terendam air. Biasanya, tanaman bambu jenis ini butuh kerikil untuk menopang batangnya agar lebih kokoh.

Impatiens (Pacar Air)

Tanaman impatiens meruakan tanaman yang dapat tumbuh dengan rindang. Saking Sukanya dengan air, tanaman ini bahkan bisa digunakan sebagai tanaman hias kolam.

Saat musim tanam, potong beberapa batangnya dan letakkan ia dalam vas berisi air. Tunggu sampai ia berakar. Ia akan tumbuh rindang dan indah ketika musim semi tiba.

Coleus

Coleus telah umum dikembangbiakkan di media tanah. Namun, ia juga bisa ditanam di media air juga, lho! Anda juga bisa memilih varietas colius yang anda inginkan karena sangat bnyak varietas coleus dengan warna daun yang berbeda-beda.

Warna daun coleus dapat berupa hijau, ungu, kuning, dengan gradasi yang mencolok. Anda juga bisa membuat koloni tanaman hias coleus yang tumbuh di air.

Hanya dengan memotong enam inci daun coleus, lalu bagian bawah sepanjang 4 inci, dan tempatkan pada vas yang berisi air. Perlahan, akar akan tumbuh. Untuk membantu perkembangannya, berikan the kompos dalam media tanam air coleus.

Begonia

Begonia memiliki simpul daun yang menonjol dan memiliki akar yang mudah tumbuh. Ia juga memiliki batang yang tebal dan segar, sangat cocok untuk ditanam di media tanam air.

Untuk mulai menanam, anda hanya membutuhkan satu daun saha. Meski perlu beberapa bulan untuk bergonia membentuk akar, namun ia akan tumbuh dengan indah. Untuk menjaga kadar oksigen dan adanya bakteri dalam air, ganti air tiap minggu.

Baby’s Tears

Jika anda menginginkan tanaman dengan dedaunan kecil yang tumbuh rimbun, maka tanaman ini adalah jawaban yang tepat. Tanaman ini sangat mudah untuk beradaptasi dan tumbuh di air.

Daun yang rimbun memungkinkan daunnya akan tercelup ke air dan membusuk. Maka gantilah air setiap minggu agar tidak ada daun yang berjatuhan. Biarkan debit air menurun setelah akar terbentuk dengan baik.

Itulah beberapa rekomendasi tanaman hias indoor dengan media tanam air. Anda bisa mulai menanamnya untuk mempercantik ruangan dan kantor anda. Selamat mencoba!

mujtahida
mujtahida
Articles: 30

Leave a Reply

Your email address will not be published.