Cara Merawat Bunga Amaranthus

Cara Merawat Bunga Amaranthus – Bunga Amaranthus merupakan bunga yang tidak asing untuk para pecinta tanaman, bunga ini sering kali dijumpai di taman tengah kota atau bahkan di pekarangan rumah. Tak banyak orang yang tau nama asli dari bunga ini.

Bunga Amaranthus termasuk kedalam suku bayam-bayaman atau Amaranthceae atau salah satu suku anggota tumbuhan yang berbunga, tak heran jika bunga ini dikenal dengan bunga bayam duri.

Bunga Amaranthus sendiri di luar negeri dikenal dengan nama love lies bleeding yang merupakan salah satu bunga yang mudah tumbuh, Tanaman berbunga panjang dan banyak ini aslinya berasal dari Brazil, Panama, Amerika.

Bunga ini dikenal dengan bunga bayam duri karena bentuk daunnya yang mirip dengan tanaman sayur bayam. Seperti namanya, bunga ini memiliki batang dan daun yang sangat menyerupai tanaman sayur bayam, hanya saja bunga amaranthus memiliki duri di ketiak batangnya.

Ketika berbunga tanaman ini memiliki bunga dengan warna-warna yang mencolok seperti pink, ungu, magenta, biru, lavencer, orange hingga putih. Bunga bayam duri cocok dijadikan bunga potong dan rangkaian bunga karena batang bunga ini yang panjang dan lumayan tinggi.

Setiap tanaman bunga bayam duri mampu menghasilkan puluhan kepala bunga yang menarik, bunga berbentuk panjang dan memiliki tekstur seperti beludru, tanaman ini sangat menyukai paparan sinar matahari. Tak heran jika musim kemarau pun tanaman ini tetap tumbuh segar.

Bunga amaranthus juga banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat, sebagai obat asma, radang mata, diuretik, peluruh dahak, luka atau koreng, dan obat batuk.

Di Indonesia warna yang sering dijumpai dan populer ditanam adalah warna magenta dan warna merah tua, bunga ini banyak ditanam di pekarangan rumah.

Artikel terkait :

Cara Merawat Bunga Amaranthus Yang Mudah

Merawat bunga amaranthus tidaklah sulit. berikut beberapa cara yang perlu kalian ketahui.

1. Media Tanam

Media tanam yang bagus akan membuat bunga amaranthus tetap tumbuh dengan baik, jadi usahakan sebelum menanam bunga amaranthus siapkan media tanam yang bagus. Media tanam yang cocok untuk bunga ini biasanya media tanam yang dicampur dengan pupuk organik.

2. Penyiraman

Penyiraman bunga amaranthus tidaklah sulit, mengingat bunga amaranthus sangat menyukai paparan sinar matahari. Kita harus intens memeriksa tingkat kekeringan media tanam, jika terlalu terlalu kering di khawatirkan bunga akan mati karena kekeringan, lakukan penyiraman pagi dan sore hari. Namun, pada musim penghujan tidak usah terlalu sering menyiramnya di khawatirkan media tanam terlalu lembab dan akan mudah membusuk.

Promosi :

Bagi kalian yang lagi nyari anggrek bulan kalian bisa order Online store kami di Tokopedia dan Shoope. Kalian juga bisa langsung chat via whatsapp kami.

3. Perawatan

Perawatan selanjutnya, lakukan pemangkasan pada bunga yang sudah mulai layu menggunakan gunting atau pisau.  Bentuk bunganya yang panjang dan banyak kadang membuat batang tanaman keberatan. Jika tanaman ditanam dalam pot, usahakan untuk meletakkan pot tanaman pada tempat yang banyak mendapat sinar matahari.

4. Pemupukan

Pemupukan dapat dilakukan secara berkala, pemupukan bisa menggunakan pupuk organik atau pupuk cair khusus untuk tanaman berbunga yang banyak dijual toko pertanian.

5. Pembersihan

Pembersihan tanaman dari hama dan penyakit, hama yang biasa datang jika tanaman sudah mulai berbunga, seperti ulat, untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan pemeriksaan pada daun tanaman dan membuang daun yang ada ulatnya. Bersihkan juga tanaman dari gangguan gulma, agar unsur hara yang ada pada media tanam fokus didapatkan oleh tanaman.

Perawatan bunga amaranthus mudah kan? jika perawatan dilakukan dengan baik dan konsisten, tanaman akan tumbuh subur dan berbunga dengan indah.

De Orchids Team
De Orchids Team
Articles: 44

Leave a Reply

Your email address will not be published.