Cara Merawat Bunga Antirrhinum (Snapdragon)

Cara Merawat Bunga Antirrhinum (Snapdragon) – Bunga tengkorak atau bunga naga adallah jenis bunga yang sedikit berbeda dengan bunga lainnya, bunga dengan nama latin Antirrhinum majus ini meurpakan spesies tanaman berbunga yang termasuk kedalam genus Antirrhinum. 

Apa itu bunga Antirrhinum (Snapdragon) ?

Tanaman Antirrhinum majus atau snapdragon  dikenal dengan sebutan bunga naga karena kemiripan bunganya yang menyerupai wajah seekor naga yang membuka dan menutup mulutnya ketika bunga ditekan. Bunga ini berasal dari daerah berbatu di Eropa, Amerika Serikat dan Afrika Utara. Walaupun daerah asli bunga ini daerah Mediterania, bunga ini sekarang banyak tumbuh subur di Inggris.

Ciri khas dari tanaman ini  yang mempunyai batang yang tinggi dengan bunga berwarna cerah, bunganya akan mekar ketika cuaca dan suhu dingin. Bunga ini mulai berbunga dari bawah batang menuju ke atas batang, sehingga memiliki waktu berbunga yang cukup lama. Namun kondisinya akan berbeda ketika bunga telah layu dan mati, dalam kondisi layu dan mati bunga ini memiliki bentuk yang menyeramkan bentuk seperti tengkorak kepala manusia.

Promosi

Jika kalian lagi mencari Anggrek bulan, kalian bisa orer via Online store kami di Tokopedia dan Shoope. Kalian juga bisa order via website kami.

Bunga antirrhinum snapdragon atau bunga naga memiliki beragam warna, mulai dari warna pastel pucat, merah, putih, ungu, merah muda dan warna orange. Bunga yang populer sebagai bunga potong ini akan mekar sepanjang musim dingin. Pada zaman kuno dulu tanaman aromatik ini tumbuh setinggi 75cm, dan dianggap memiliki kekuatan gaib yang memberikan perlindungan dari sihir. Mereka juga percaya jika tanaman ini dapat mengembalikan kecantikan dan kemudaan para wanita.

Saat ini, bunga antirrhinum snapdragon terus diteliti oleh para ahli medis karena kandungan zat anthocyaninnya. Zat itu merupakan zat yang banyak ditemukan pada tanaman yang memiliki daun gelap seperti blackberry, cranberry dan chokeberry. Zat anthocyanin memiliki fungsi sebagai proteksi terhadap beberapa penyakit sperti kanker, jantung da penyakit-penyakit degeneratif lainnya. Selain itu, zat anthocyanin juga telah terbukti memiliki aktifitas anti-inflamasi, menghambat obesitas dan diabetes.

Artikel terkait :

Bunga snapdragon juga dikenal kaya akan flavonoid dan senyawa fenol, flavonoid memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Seperti memeperbaiki sel yang rusak akibat radikal bebas, melawan radikal perosokil, superoksida, hidrogen peroksida, radikal hidroksil dan singlet oksigen. Mengkonsumsi flavonoid juga dapat menurunkan resiko kematian akibat  serangan penyakit kardiovaskuler, namun hal tersebut masih dibuthkan penelitian yang lebih lanjut.

Meskipun kandungan dalam bunga ini banyak manfaat untuk dunia medis, namun penggunaannya dalam dunia emdis masih sangat langka karena penelitian terkait pengolahan zat-zat yang terkandung di dalamnnya masih belum maksimal.

Ciri Khas Dari Bunga Antirrhinum Snapdragon

  • Daunnya tumbuh tertaur dalam bentuk spiral, mengelilingi ranting dan batangnya.
  • Bunga ini merupakan musiman, tetapi kadang juga berbunga lagi meski bukan pada musimnya, sehingga banyak yang menyebutnya bunga dua musim.
  • Tanaman ini beracun jika dimakan, jadi hati-htai dalam pemeliharaannya.
  • Bunga ini lebih cocok ditanam di daerah yang memiliki suhu sedang. 
  • Umumnya bunga ini  berwarna tunggal, tetapi kini sudah banyak pengembangbiakan spesies baru dengan bunga yang warna-warni.

Cara Memelihara Bunga Antirrhinum Snapdragon

  • Usahakan tanaman ini mendapat sinar matahari yang cukup, tetapi hindari dari panas yang berlebihan.
  • Bunga ini memerlukan drainase tanah yang baik, maka Siramlah tanaman secara teratur dan tepat, usahakan untuk tidak terlalu basah untuk menghindari busuk pada akar. Siramlah disekitar tanaman, usahakan jangan menyiram dari atas bunga, agar bunga tidak rusak. waktu penyiraman dilakukan ketika tanah sudah mengering.
  • Berilah pupuk secara berkala, pupuk bisa menggunakan pupuk oraganik dengan dosisi yang seimbang agar PH tanah tetap netral.
  • Potonglah batang atas apabila menginginkan tanaman yang rimbun dan lebih banyak bunga.
  • Potonglah bunga yang sudah mengering, sehingga dapat kesempatan untuk berbunga lagi meski bukan pada musimnya.

Itulah Cara Merawat Bunga Antirrhinum (Snapdragon) dengan mudah.

De Orchids Team
De Orchids Team
Articles: 44

Leave a Reply

Your email address will not be published.