Cara Merawat Bunga Bougainvillea

Cara Merawat Bunga bougainvillea – Bunga bougainvillea adalah jenis bunga yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dan terkenal dengan sebutan bunga kertas. Bougenville tidak hanya bisa mempercantik tampilan pekarangan rumah, namun juga bisa menjadi penghias dekorasi yang memukau.

Daya tarik utama dari bunga Bougenville terlihat dari bentuknya yang unik dan warna kelopaknya yang cerah. Bagian kelopak memiliki bentuk yang kuncup yang tidak akan sepenuhnya mekar. Bougenville memiliki 3 tajuk berwarna putih kecil yang membuat tampilan bunga menjadi lebih indah.

Sedangkan warna kelopak dari bunga Bougenville meliputi putih, biru, pink, orange dan ungu. Bunga ini juga memiliki tekstur kelopak yang terbilang tipis dan bentuknya menyerupai kertas-kertas yang sangat tipis.

Bunga Bougenville memiliki kebiasaan unik pada saat berbunga yaitu merontokkan bagian daun dan hal ini akan membuat tanaman berbunga, sehingga seluruh bunga akan menutupi bagian daun. Dengan tampulan bunga yang keren, akan membuat tanaman ini nampak seperti tidak memiliki daun.

Cara Merawat Bunga bougainvillea

Untuk para pemula yang ingin memiliki bunga bougainvillea di rumah, tentu perlu mengetahui berbagai tahapannya dengan baik. Perawatan yang baik akan membuat bunga mekar dengan indah dan tanaman memiliki nilai jual tinggi.

Promosi

Bagi kalian yang lagi nyari rangkaian anggrek bulan dengan harga terjangkau, kalian bisa Order via Online store kami di Tokopedia, Shoope dan Website kami.

Supaya tanaman bisa tumbuh dengan subur dan memiliki bunga yang mekar, maka anda harus mempelajari berbagai tekniknya dengan benar. Apabila anda tidak memiliki ilmu atau teknik penanamannya, maka usaha anda akan gagal. Berikut ini cara sederhana yang bisa dilakukan untuk merawat bunga Bougenville:

1. Lakukan Penyiraman

Pada saat proses awal penanaman, maka tanaman Bougenville membutuhkan banyak asupan air. Akar tanaman yang baru saja tumbuh pasti memiliki asupan air yang lebih besar dibandingkan dengan akar yang sudah besar. Pada saat tanaman Bougenville tumbuh besar, maka tanaman ini akan menemukan fase kering atau fase yang tidak membutuhkan air.

2. Sinar Matahari

Asupan siner matahari sangatlah dibutuhkan oleh tanaman Bougenville, karena menjadi penunjang pertumbuhan yang paling efektif. Jumlah asupan sinar matahari yang diperlukan sekitar 70% saja. Pastikan anda menempatkan atau menyimpan tanaman di area yang terbuka atau terkena paparan sinar matahari. Apabila tidak mendapatkan sinar matahari sedikitpun, maka tanaman akan cepat mati.

3. Pemupukan

Pemupukan bunga bougainvillea sangatlah gampang, karena tidak membutuhkan proses pemupukan khusus. Anda hanya perlu memberikan pupuk dengan dosis yang sewajarnya dan hindarilah pemberian pupuk secara berlebihan. Bunga bougainvillea yang telah diberikan pupuk akan tumbuh lebih lebat dibandingkan dengan yang tidak memakai pupuk. Semakin bunganya lebat, maka akan semakin indah buat dipandang.

4. Pemangkasan

bougainvillea menjadi tanaman yang sangat rimbun, karena bisa memiliki bunga yang sangat lebat. Supaya tidak terlalu lebat, maka diperlukan pemangkasan yang dilakukan secara rutin. Proses pemangkasan juga bisa membuat anda menyesuaikan bentuk tanaman, sehingga anda bisa memiliki bunga bougainvillea yang tampilannya keren. Pemangkasan harus juga menggunakan peralatan khusus, agar hasilnya lebih rapih.

Baca juga :

Jika anda melakukan semua tahapan perawatan dengan sangat baik, maka anda bisa memiliki bunga bougainvillea yang tumbuh dengan subur. Anda juga bisa memanfaatkan Bougenville sebagai lahan bisnis, karena banyak sekali masyarakat yang menyukai tanaman ini. Harganya di pasaran juga tidak terlalu murah, sehingga sangat menguntungkan buat di budidayakan.

Sekian pembahasan lengkap mengenai cara merawat bunga bougainvillea dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat buat para pembaca.

De Orchids Team
De Orchids Team
Articles: 44

Leave a Reply

Your email address will not be published.