Cara Merawat Bunga Calla Lily

Cara Merawat Bunga Calla Lily – Bunga Calla Lily adalah salah satu jenis bunga yang terkenal dengan warna yang beraneka ragam, sehingga bunga ini memiliki tampilan yang sangat menawan. Warna ciri khas dari bunga ini yaitu orange, ungu, merah hijau dan juga putih.

Meskipun bunga Calla Lily berasal dari kawasan Afrika Tengah dan Asia Selatan, namun bunga ini banyak diminati oleh para pecinta bunga di Indonesia. Calla Lily juga menjadi bunga potong dan biasanya di jual dengan harga yang lumayan tinggi. Untuk bisa sukses dalam merawat tanaman ini, maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan.

Cara Merawat Bunga Calla Lily

1. Pemilihan Bibit Yang Bagus

Supaya anda memperoleh bibit yang berkualitas, maka anda bisa memanfaatkan rimpang atau umbi dan cara ini sangat simpel, anda hanya perlu tanamkan mawar hitam dari biji. Nantinya umbi yang dihasilkan akan memiliki ukuran yang relatif lebih besar.

Tips jitu untuk mendapatkan bibit berkualitas seperti memilih varietas yang unggul, pilih umbi yang sudah menghasilkan bakal mata tunas dan pilih umbi yang kondisinya sehat. Pastikan anda menyimpan umbi di tempat yang dingin atau sejuk.

Baca Juga :

2. Penyiraman Yang Tepat

Calla Lily adalah salah satu jenis tanaman yang sangat menyukai lokasi yang lembap dan sangat tidak menyukai lokasi panas, sehingga anda perlu melakukan penyiraman tanaman secara rutin. Minimal anda melakukan penyiraman sebanyak 2 kali dalam sehari.

Jika kondisi cuaca sedang panas-panasnya, maka anda bisa menambah intensitas penyiraman menjadi 3 kali. Perlu anda ketahui, hindari genangan air pada saat proses penyiraman dan pastikan anda menyiram tanaman secukupnya. Apabila penyiraman dilakukan secara berlebihan, maka akan menimbulkan kebusukan pada bagian umbi dan akan mengancam keselamatan tanaman.

3. Pupuk Dengan Rutin

Pemupukan rutin pada tanaman Calla Lily sangatlah penting untuk dilakukan, agar proses pertumbuhannya bisa terangsang dengan baik. Supaya tidak memiliki efek samping, maka anda bisa memanfaatkan pupuk kandang saja dan anda bisa melakukan pemupukan sebanyak 3 kali dalam 1 minggu.

Apabila anda menggunakan pupuk organik, maka anda bisa melakukan pemupukan setiap 10 sampai 12 sekali dan proses pemupukannya dilakukan dengan cara di kocorkan langsung ke media tanam. Anda juga bisa melakukan pemupukan secara lengkap dengan menyemprotkannya ke bagian daun tanaman. Supaya dosis tanaman tidak rusak, maka anda harus menggunakan dosis pupuk yang rendah.

Promosi

Bagi kalian yang lagi nyari rangkaian anggrek bulan dengan harga terjangkau, kalian bisa order via Ecommerce Tokopedia dan Shoope. Kalian juga bisa order via website kami.

4. Kendalikan Hama

Calla Lily juga menjadi salah satu tanaman hias yang memiliki daya tahan kuat terhadap penyakit dan berbagai serangan hama. Supaya lebih aman, maka anda bisa melakukan pencegahan dengan menyemprotkan fungisida dan pestisida dengan dosis yang rendah.

Anda bisa melakukan penyemprotan minimal 1 kali dalam 1 bulan dan dosisnya bisa disesuaikan dengan tingkat gejala penyakit atau hama. Apabila kerusakannya sudah mulai parah, maka anda bisa menambah dosis fungisida. Anda juga tidak boleh melakukan penyemprotan secara berlebihan, karena bisa berakibat buruk pada tanaman.

Bunga Calla Lily tidak hanya bagus, namun menjadi tanaman hias yang memiliki harga jual tinggi. Penyuka bunga ini juga sangat banyak, karena seringkali dijadikan sebagai bunga potong. Jika anda bisa merawat bunga ini dengan baik, maka anda bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar.

Sekian bahasan lengkap mengenai Cara Merawat Bunga Calla Lily dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat buat para pembaca.

De Orchids Team
De Orchids Team
Articles: 44

Leave a Reply

Your email address will not be published.