Hati-Hati, Tanaman Ini Sangat Berbahaya! Sering ditemukan di Rumah

Menjadikan rumah sebagai tempat yang rindang dan cantik adalah dambaan setiap orang. Berbagai tanaman ditanam di perkarangan rumah tanpa diketahui apakah tanaman tersebut berbahaya atau tidak. Kelihatannya setiap tanaman terlihat cantik dan tidak berbahaya. Namun tahukah Anda kalau beberapa jenis tanaman yang sering dijumpai diperkarangan rumah ini ternyata ada yang berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian lho!

Bukan berarti Anda kemudian membuang tanaman-tanaman ini, namun sebagai pecinta tanaman, Anda juga harus tau tanaman-tanaman mana yang berbahaya atau tidak sebagai ilmu pengetahuan bagi Anda ketika merawat tanaman dirumah.

Tanaman Berbahaya yang sering kita temukan dirumah

Berikut mari kita simak apa saja tanaman-tanaman berbahaya tersebut yang umum dijumpai di pekarangan rumah.

1. Kuping Gajah

Memiliki warna daun yang cantik membuat banyak orang memiliki tanaman hias yang satu ini dirumahnya. Anda perlu tahu bahwa tanaman yang satu ini mengandung racun jika tertelan. Awasi anak-anak jika Anda memiliki tanaman tersebut di rumah. 

Dengan tak sengaja menggenggam erat atau menggosokan tangan ke daunnya, bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Bahkan jika tidak sengaja tertelan akan menyebabkan pembengkakan saluran pernafasan dan menutup jalan keluar masuknya udara. 

2. Bunga Lily

Bunga lily terlihat sangat menawan dan cantik untuk tipe tanaman hias. Banyak orang memilikinya di sudut rumah mereka. namun ternyata kandungan dalam bunga lily bisa berakibat fatal bagi hewan peliharaan yang terkadang suka mengendus atau menjilat tanaman. Dampaknya dapat membuat hewan peliharan Anda muntah-muntah dan sakit perut bahkan bisa mengalami gagal ginjal hingga kematian.

3. Lidah Mertua

Tanaman yang sangat umum dimiliki banyak orang ini nyatanya juga memiliki efek yang berbahaya. Walaupun kadar racunnya tidak terlalu tinggi, namun tanaman ini bisa memicu muntah-muntah dan diare.

4. Sri Rejeki

Tanaman yang satu ini juga paling banyak diincar oleh pecinta tanaman hias. Namun tanaman ini mengandung getah yang beracun. Jika tak sengaja terkena getahnya maka sebaiknya segera membersihkan tangan Anda agar tidak cepat terjadi efek samping seperti gatal-gatal bahkan kalau tidak sengaja tertelan dapat menyebabkan kejang-kejang. Terdapat kalsium oksalat dalam daun dan batang dari tanaman Sri Rejeki ini, sehingga Anda perlu berhati-hati merawat tanaman ini.

5. Daun Jarak

Walaupun bukan merupakan tanaman hias, namun tanaman ini tumbuh subur di pekarangan beberapa orang. Banyak orang menggunakan daun jarak untuk mengatasi perut kembung, luka kulit, sembelit dan masih banyak lagi. Namun ternyata daun jarak yang berjenis kepyar ternyata mengandung racun yang bernama ricin, sedangkan daun jarak yang berjenis pagar mengandung racun bernama curcin. Kedua racun ini tergolong dalam kategori toksalbumin yang dapat menggumpalkan sel darah merah dan menyebabkan pendarahan pada saluran cerna. Bijinya juga dapat menyebabkan iritasi lambung, gagal ginjal bahkan bisa berujung pada kematian. 

6. Hydrangea

Tanaman ini terlihat indah tapi mematikan. Jarang ditemukan di sekitar rumah namun ada dibeberapa daerah pegunungan. Jangan terkecoh dengan keindahannya, nyatanya tanaman ini mengandung zat paling mematikan yaitu Sianida. Sangat berbahaya bagi anak-anak yang tidak paham dan hewan peliharaan jika tidak sengaja tertelan. Gejala awal yang ditimbulkan mungkin seperti muntah, napas berat, sakit perut bahkan koma.

7. Pothos Ivy

Tanaman hias ini juga umum biasanya beberapa orang merawatnya pada pot gantung agar tanaman ini bisa menjalar panjang ke bawah. Meskipun tanaman ini memiliki manfaat sebagai penjernih udara, namun tanaman ini juga mengandung racun yang dapat menyebabkan rasa terbakar di area mulut, iritasi kulit, bengkak, muntah serta diare.

8. Dumb Canes

Banyak dimiliki orang di rumahnya karena mudah dalam perwatannya menjadikannya salah satu tanaman hias yang wajib dimiliki di rumah. Namun tanaman ini juga memiliki racun yang berbahaya jika tidak sengaja tertelan. Efeknya dapat menyebabkan pembengkakan parah pada daerah mulut bahkan dapat memicu hilangnya kemampuan bicara. Sebaiknya Anda segara mencuci tangan Anda segera jika Anda mengenai getahnya

Nah itu dia tanaman-tanaman yang berbahaya yang sering ditemukan dirumah. Anda perlu berhati-hati untuk merawatnya. Segera cuci tangan setelah merawat tanaman di atas agar getah atau efek dari tanaman tersebut tidak mengenai kulit dan tak sengaja tertelan. Masih banyak lagi tanaman-tanaman yang berbahaya yang ada disekitar kita, namun Anda tidak perlu khawatir dan biasakanlah mencari tahu info tentang tanaman-tanaman yang akan Anda pertimbangkan untuk dirawat di rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.