Jenis Pohon Palem Sikas yang Wajib Diketahui

Jenis Pohon Palem Sikas yang Wajib Diketahui – Taman yang indah biasanya memiliki berbagai tanaman yang berdaun atau berbunga unik. Pohon palem sikas menjadi salah satu tanaman yang memiliki bentuk daun unik, karena daun pohon palem sikas menyerupai sebuah bulu dan daunnya tumbuh mengarah ke batang. Dengan daun yang unik, tak heran banyak penyuka dan pembudidaya pohon palem sikas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sekilas Tentang Pohon Palem Sikas

Pohon palem sikas memiliki warna daun hijau gelap, namun polanya terlihat mengkilat saat dilihat dari kejauhan. Panjang daun pohon palem sikas bervariasi. Dengan berbagai ciri umum yang dimiliki pohon palem sikas, maka para pecinta tanaman bisa membedakannya dengan cepat dan pohon palem sikas memiliki harga yang tinggi, tak heran sering banyak penjual nakal yang memalsukannya.

Pohon palem sikas memang bisa ditempatkan di area terbuka atau tertutup. Pohon palem sikas memiliki struktur daun yang teratur dan memiliki bentuk bongol yang unik. Keunikkan dari pohon palem sikas tang terlihat dari bentuknya, membuat pohon ini banyak dicari para kolektor dan hal ini membuat tanaman ini memiliki kisaran harga yang tinggi.

Promosi

Bagi kalian yang lagi nyari rangkaian anggrek bulan dengan harga murah kalian bisa orer via Ecommerce Tercinta Tokopedia dan Shoope. Kalian juga bisa order via website kami langsung.

Pohon palem sikas juga memiliki pertumbuhan yang sangat lambat, sehingga menjadikan harga pohon ini mahal. Untuk memiliki pohon palem sikas yang memiliki tinggi 30 cm dan memiliki diameter 5 cm, pembudidaya memerlukan waktu sekitar 2 tahunan. Secara perawatan memang tidak terlalu ribet, tapi secara pertumbuhan sangat lambat.

Untuk bisa merawat pohon palem sikas memang tidak terlalu sulit. Media tanam yang bisa dipakai untuk menanam pohon palem merah adalah tanah merah yang disatukan dengan pasir malang, posisi pasir malang berada diatas tanah sebanyak satu lapis saja. Dengan adanya pasir malang diatas tanah, maka saat proses penyiraman tahan tidak akan menjadi basah. Pasir malang juga menghindarkan pot dari kotoran tanah merah. 

Untuk proses perawatan pohon palem sikas juga tidak terlalu ribet, cukup dengan memakai pupuk pestisida untuk membasmi berbagai kutu putih yang biasanya menyerang pohon palem sikas. Saat proses pemberian pupuk, sebaiknya jangan langsung dikenakan ke daun dan selalu bersihkan berbagai kutu yang menempel di daun dengan cara disikat secara perlahan.

Pohon palem sikas memang memiliki banyak jenis dan ada banyak yang tumbuh subur di Indonesia. cycas rumpii adalah salah satu jenis pohon palem sikas yang subur di Indonesia. cycas rumpii memiliki habitat asli di kawasan Afrika Selatan dan tanaman ini juga bisa tumbuh di kondisi tanah yang kering seperti di tepi jurang ataupun padang rumput.

Baca juga :

Jenis Pohon Palem Sikas yang Wajib Diketahui

1. Encephalartos Latifrons

Encephalartos Latifrons adalah salah satu jenis pohon palem sikas yang memiliki daun yang sangat menawan. Bentuk daun Encephalartos Latifrons adalah melebar dan daun lebar ini sesuai dengan penamaannya yaitu Latifrons yang artinya lebar. Pohon palem sikas jenis ini memiliki tinggi sekitar 2,5 meter dan memiliki diameter sekita 2 cm.

2. Encephalartos Longifolius

Encephalartos Longifolius adalah jenis pohon palem sikas yang sudah ditemukan sejak jaman dulu. Pohon palem sikas ini pertama kali diteliti oleh seorang ilmuan yang bernama E.Caffer pada tahun 1772. Pohon palem sikas jenis ini memiliki tangkai yang biasanya tumbuh secara tegak dan tinggi pohon jenis in sekitar 4 meter. 

3. Encephalartos Ferox

Encephalartos Ferox adalah salah satu jenis palem sikas yang memiliki tinggi sekitar 70 cm sampai dengan 1,5 meter. Encephalartos Ferox menjadi jenis pohon palem sikas yang banyak dikoleksi dan popularitas jenis ini sangatlah tinggi dikalangan penyuka tanaman hias palem. Encephalartos Ferox juga memiliki harga yang tinggi, karena termasuk pohon palem sikas yang langka.

4. Encephalartos Lehmanii

Encephalartos Lehmanii adalah jenis pohon palem sikas yang sering dijuluki sebagai blue encephalartos. Pohon palem sikas jenis ini memiliki daya tahan yang sangat kuat dan pohon palem sikas ini bisa bertahan dalam cuaca yang sangat dingin. Untuk bisa bertahan hidup dengan baik, pohon palem sikas jenis ini tidak membutuhkan banyak air. 

Demikian ulasan lengkap mengenai jenis pohon palem sikas yang wajib diketahui dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat untuk para pembacanya.

De Orchids Team
De Orchids Team
Articles: 44

Leave a Reply

Your email address will not be published.