Jenis Tanaman Hias Kaktus Yang Tidak Berduri

Anda berminat memelihara kaktus di rumah?. Tapi takut terkena duri duri tajam di sekelilingnya?. Jangan khawatir, karena beberapa kaktus ini tidak berduri. Kali ini Kami akan membahas beberapa jenis tanaman hias kaktus yang tidak berduri.

Mengenal Tanaman Kaktus

Seperti yang sudah kita ketahui, kaktus merupakan tanaman yang luar biasa. Tanaman ini mampu bertahan hidup tanpa air selama mungkin. Tanaman ini dapat hidup di lingkungan ekstrem yang sangat panas dan kering. Hal itu membuatnya menjadi tanaman paling tangguh. Dan itu juga membuatnya menjadi favorit bagi pecinta tanaman karena tidak memerlukan perawatan yang rumit.

Namun, di sekeliling kaktus, terdapat duri duri tajam. Duri ini berfungsi untuk melindungi dirinya dari hewan yang mungkin memakannya. Selain itu duri kaktus juga berfungsi untuk meminimalisir kehilangan air dari penguapan akibat terlalu sering terkena paparan sinar matahari.

Bagi Anda yang hendak merawat kaktus untuk pertama kalinya, tentu hal ini akan sangat mengganggu. Bisa saja Anda tersenggol duri kaktus ini tanpa sengaja. Dan hal itu akan sangat menyebalkan. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa jenis kaktus yang tidak memiliki duri.

Jenis Tanaman Hias Kaktus Yang Tidak Berduri

Lantas, apa saja jenis jenis kaktus yang tidak memiliki duri?. Berikut Kami berikan daftarnya. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang hendak memelihara kaktus.

1. Kaktus Peyote/Lophophora williamsii

Peyote adalah jenis kaktus yang berasal dari Gurun Chihuaha, Texas, AMerika Serikat. Kaktus Peyote memiliki ukuran diameter kurang dari 12 cm.

2. Kaktus Centong

Centong atau dengan nama latin Opuntia cochenillifera. Merupakan sejenis kaktus tang termasuk ke dalam famili Cactaceae atau suku kaktus-kaktusan dan termasuk ke dalam genus Opuntia. Di Indonesia, tumbuhan ini memang lazim disebut kaktus centong khususnya bagi orang Jawa. Selain itu, julukan lain dari kaktus ini adalah tentong.

Di samping bentuknya yang unik, kaktus centong juga terlihat indah dengan bunga yang memiliki warna merah mencolok.

3. Kaktus Tulang Ikan

Tanaman ini berasal dari Meksiko. Kaktus Tulang Ikan biasa ditanam sebagai tanaman hias karena bunganya yang harum. Tumbuhan ini menjadi populer belakangan ini oleh pecinta tanaman hias lantaran bentuknya yang unik. Kaktus tulang ikan memiliki karakteristik yaitu batangnya yang berbentuk zigzag, pipih, memiliki warna hijau segar nan cerah, tanpa daun, serta tak memiliki duri di tubuhnya.

4. Kaktus Astrophytum

Astrophytum myriostigma, nama latin dari kaktus ini. Atau bisa juga disebut dengan kaktus topi Bishop, merupakan kaktus tanpa duri selanjutnya yang bisa menjadi pertimbangan Anda. Myriostigma berarti adalah ‘bertitik’. Hal itu dikarenakan tanaman ini memiliki banyak titik putih kecil di batangnya.

Kaktus ini tidak memiliki akar yang kuat, dan bisa lebih sulit untuk dibudidayakan, tetapi memungkinkan untuk tumbuh sendiri. Untuk alasan ini, pastikan untuk memilih tanah yang ringan dan cepat kering, dan hanya air saat tanah kering.

Kaktus ini menyukai cahaya terang. Tanaman ini memiliki karakteristik tahan banting. kaktus Astrophytum mampu bertahan hidup baik di suhu rendah maupun tinggi.

Rekomendasi Produk:

5. Kaktus Paskah

Kaktus Paskah adalah turunan dari dua kaktus epifit yang tumbuh di hutan Brasil selatan. Tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman hias kaktus yang banyak dibudidayakan. Kaktus yang tergolong mini ini tidak memiliki berduri, serta menghasilkan bunga berwarna cerah.

Tanaman kaktus ini cocok sekali bagi Anda yang menginginkan kaktus berada di dalam rumah Anda. Perawatannya juga tergolong mudah dilakukan.

Sposored : Dapatkan Rangkaian Anggrek Bulan dengan memesan Via website dan Ecommerce Kesayangan Anda

Refrial Seto
Refrial Seto
Articles: 88

Leave a Reply

Your email address will not be published.