Keunggulan Menanam Tanaman Hias di Pot

Tanaman hias sangat banyak digandrungi banyak orang untuk mempercantik dekorasi rumahnya. Umumnya tanaman hias selalu ditanam di dalam pot, lalu apa alasannya ya? Saat ini beragam jenis pot tersedia dan bisa disesuaikan dengan bentuk tanaman hias. Hal ini bertujuan untuk mempercantik keberadaan tanaman hias di rumah. 

Menanam tanaman hias di pot merupakan alternatif bagi mereka yang tidak memiliki lahan atau pekarangan rumah. Namun siapa sangka kalau menanam tanaman hias di pot lebih memiliki keunggulan ketimbang menanam di lahan tanah langsung? Berikut kita simak apa saja keunggulan menanam tanaman hias di pot.

1. Menghemat Ketersediaan Lahan

Banyak orang mulai menyukai kegiatan mengoleksi tanaman hias dalam beberapa tahun belakanan ini karena adanya pandemi yang belum berakhir. Namun beberapa diantaranya memiliki keterbatasan lahan sehingga menghambat mereka untuk memulai merawat tanaman. Bagi Anda yang tidak memiliki perkarangan tentunya menanam tanaman hias di pot menjadi alternatif. Anda juga bias menata penempatan sesuai keinginan Anda. 

2. Memudahkan Pemilik untuk Mengatur Penempatan Tanaman Hias

Menanam tanaman hias di pot bertujuan untuk memudahkan pemilik untuk mengatur penempatan tanaman hias. Tanaman hias bisa diatur dan dipindahkan sesuai konsep dekorasi dari pemilik rumah. Ketika bosan ditempatkan di suatu tempat, tanaman hias dalam pot pun bisa dengan mudah dipindahkan ke tempat yang lainnya.

3. Lebih Tertata dan Rapi

Menanam tanaman hias di pot juga terlihat lebih tertata dan rapi. Selain itu akar tanaman juga tumbuh di pot itu saja, tidak seperti menanam di lahan tanah secara langsung yang akarnya bisa saja menjalar ke tanaman lainnya. Menanam tanaman hias di pot juga menambah keindahan dari tanaman hias itu sendiri. Biasanya jenis pot disesuaikan dengan tanaman hias yang ditanam. 

4. Dapat Mengontrol Tanaman untuk Mendapatkan Cahaya Matahari dan Hujan

Seperti yang kita ketahui bahwa merawat tanaman itu tidak mudah. Tidak semua jenis tanaman yang memang tahan banting terhadap cahaya matahari maupun hujan, apalagi tanaman hias. Perawatannya butuh lebih ekstra dibandingkan dengan tanaman lainnya. Ada tanaman hias yang hanya bisa terkena paparan sinar matahari hanya beberapa jam saja. ada juga tanaman hias yang kalau telalu banyak terkena air hujan juga akan layu dan mati. Sehingga menanam tanaman hias dalam pot merupakan sebuah solusi tepat untuk menanam tanaman hias karena Anda akan mudah untuk mengatur keberadaan tanaman hias itu sendiri.

5. Mudah Mendapatkan Media Tanam yang Lebih Subur

Tanaman yang ditanam di pot lebih mudah untuk diisi langsung menggunakan media tanam yang subur. Sehingga pertumbuhan tanaman hias akan lebih baik dan sehat.

6. Meningkatkan Nilai Estetika Ruang

Ketika tanaman hias Anda tempatkan pada sebuah ruangan baik di rumah atau di kantor, tentunya penggunaan pot juga menambah nilai estetika ruangan. Ruangan akan terlihat lebih segar dan menyenangkan.

Untuk jenis pot nya sendiri sangat beragam, ada yang terbuat dari bahan plastik, sabut kelapa, porselen, semen, tanah liat, kaleng, dan kayu. Anda bisa memilih jenis pot apa yang cocok digunakan untuk tanaman hias Anda dari segi ukuran dan jenis tanaman hias apa yang kamu tanam. Setiap jenis pot memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing bagi tanaman hias Anda. Sehingga Anda perlu mempertimbangkan dan memilih pot yang tepat untuk tanaman Anda. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.