Manfaat Minyak Zaitun Untuk Tanaman

Umumnya, kita mengenal minyak zaitun digunakan pada bahan masakan di dapur. Tetapi, tahukah Anda bahwa minyak ini juga bermanfaat bagi tanaman di kebun dan pekarangan rumah. Pada tulisan ini kita akan membahas manfaat minyak zaitun untuk tanaman.

Kandungan Minyak Zaitun dan Khasiatnya

Minyak zaitun atau bisa disebut juga dengan olive oil, merupakan hasil dari ekstraksi buah zaitun. Buah zaitun biasanya tumbuh di daerah daratan beriklim panas juga sedang. Bentuk buah zaitun sendiri berbentuk bulat menyerupai batu-batu kecil. Pohonnya dikenal sebagai pohon yang berumur panjang karena dapat hidup selama lebih dari 500 tahun lamanya.

Sedangkan untuk kandungan, minyak zaitun juga kaya akan senyawa yang bermanfaat tidak hanya untuk tubuh kita, melainkan bagi tanaman. Tapi sebelum membahas khasiat minyak zaitun untuk tanaman. Kenali dulu beberapa senyawa pada minyak zaitun.

  • Asam lemak tak jenuh tunggal jenis omega 9 sekitar 55 – 83 persen. Asam lemak umumnya terdapat di setiap sel tumbuhan. Senyawa ini memainkan peran penting dalam anatomi atau konstruksi sel tumbuhan dan fungsi biologis tumbuhan.
  • Zat besi dan Kalsium.
  • Polifenol dan Pottasium. Polifenol adalah zat antioksidan yang terdapat didalam minyak zaitun. Kadar polifenol dalam minyak zaitun terhitung cukup tinggi jika dibandingkan dengan Pottasium.
  • Vitamin E dan K. Vitamin E memainkan peran penting dalam menjaga pertumbuhan yang sehat dan fungsi tanaman. Sedangkan vitamin K yang berperan penting dalam melakukan fotosintesis (proses alami di mana tanaman dapat menyiapkan makanannya).

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Tanaman

Berikut ini adalah manfaat dan pengaplikasian minyak zaitun pada tanaman

Membersihkan dan Mempercantik Daun Daun

Dengan menggunakan minyak zaitun, Anda bisa membersihkan dan memoles daun daun pada tanaman supaya terlihat mengkilap dan cantik. Caranya adalah teteskan sebanyak 4-5 kali minyak zaitun pada kain katun lembab dan usapkan ke permukaan daun yang terlihat kotor. Pastikan Anda tidak meninggalkan tanaman di bawah sinar matahari setelah melakukan ini. Karena akan membakar permukaan daun secara langsung.

Membersihkan daun dengan minyak zaitun juga membantu menyingkirkan serangga yang suka menghinggapi tanaman Anda. Lakukan ini sekali atau dua kali sebulan.

Produk Terbaru

Mengusir Hama Yang Mengganggu

Seperti yang dikutip pada poin sebelumnya. Menggunakan minyak zaitun pada tanaman juga dapat mengusir serangga dan hama lain yang akan mengancam tumbuh kembang tanaman. Caranya adalah Campurkan masing-masing setengah sendok teh minyak zaitun dan cairan pencuci piring. Tambahkan larutan ke dalam 600 ml air, masukkan ke dalam botol semprot, kocok rata, dan semprotkan ke area tanaman yang rawan terkena hama.

Hindari melakukannya di bawah sinar matahari langsung, dan jangan biarkan tanaman terkena sinar matahari setelah menyemprot tanaman dengan larutan ini.

Kelemahan Minyak Zaitun Pada Tanaman

Meskipun memiliki beberapa manfaat, perlu diketahui bahwa pemakaian berlebihan pada tanaman dengan minyak zaitun akan berefek buruk pada tumbuhan itu sendiri. Oleh karena itu, selalu takar dengan baik dan ketahui karakteristik tanaman yang Anda punya atau kelola sebelum diberi “treatment” oleh minyak zaitun.

Berikut adalah kelemahan minyak zaitun.

  • Mirip dengan minyak lainnya, minyak zaitun juga tidak larut dengan air. Oleh karena itu, ketika kita mengoleskan lapisan minyak zaitun ke media tanam kita untuk meningkatkan kesuburan tanaman, buat semacam penyaring antara minyak dan air.
  • Jangan oleskan terlalu banyak minyak zaitun pada permukaan daun. Minyak zaitun akan memblokir pori-pori yang ada di daun dengan membuat lapisan tipis di permukaan. Akibatnya, tanaman Anda tidak akan bisa menyerap sinar matahari dan oksigen.
  • Seperti yang sudah dijelaskan, Pastikan Anda tidak meninggalkan tanaman di bawah sinar matahari setelah mengoles minyak zaitun. Dengan pori-pori tertutup, daun tidak dapat menyerap sinar matahari ketika jatuh di permukaannya. Akibatnya, permukaan daun menjadi panas dan mulai membakar daun.

Sposored : Dapatkan Rangkaian Anggrek Bulan dengan memesan Via website dan Ecommerce Kesayangan Anda

Refrial Seto
Refrial Seto
Articles: 88

Leave a Reply

Your email address will not be published.