Manfaat Pohon Pulai

Rumah Anda akan terlihat lebih asri, apabila terdapat rimbunan pohon di halaman. Terlebih lagi jika halaman rumah ditumbuhi oleh pohon pulai yang banyak manfaatnya. Berikut ini Kami akan membahas mengenai manfaat dari pohon pulai.

Karakteristik

Pohon Pulai merupakan salah satu tanaman yang memiliki batang yang keras. Tanaman ini dikenal juga dengan nama ilmiah Alstonia scholaris. Pulai dapat ditemukan di seluruh daratan pulau Jawa dan Sumatera. Meskipun dikenal sebagai salah satu tanaman dengan batang keras namun nyatanya batangnya tidak sekeras pohon jati dan mahoni yang sudah dikenal sebagai bahan baku bangunan. Sehingga pohon ini tidak disukai untuk bahan pembuatan bangunan tersebut.

Pohon Pulai dapat mencapai tinggi 40 meter. Daunnya berwarna hijau mengkilap dengan bagian bawah daun berwarna lebih pucat. Struktur daun tanaman ini menjari dengan jumlah tiga sampai sepuluh daun dan petiole sepanjang 3 cm. Kulit kayunya tidak memiliki bau namun memiliki rasa yang sangat pahit, dengan getah yang cukup banyak.

Ketika sudah tumbuh dewasa dan besar, pohon ini akan menghasilkan buah dengan warna kehijauan yang akan berubah menjadi warna hijau kecoklatan. Buah dari pohon ini juga memiliki biji yang sangat banyak dan ukurannya sangatlah kecil serta memiliki bentuk pipih dengan rumbai pada bagian ujung. Selain itu pohon ini juga memiliki bunga berukuran kecil dengan warna yang berbeda-beda. Bunga tersebut bisa memiliki warna putih, kuning, dan krem yang membuat setiap tanaman menjadi tampak unik dan berbeda.

Kandungan Pohon Pulai

Pohon Pulai dikenal memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Tapi sebelum itu mari mengenal beberapa kandungan pohon pulai.

  • ditamine, echitamine, dan echitanine. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk mengatasi malaria
  • analgesic effect. Berguna untuk meredakan nyeri dan sakit pada tubuh.
  • betulin dan lupeol asetat. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk mengatasi diabetes.
  • alkaloid dan triterpen. Kandungan ini bermanfaat untuk menghancurkan sel kanker.

Manfaat Pohon Pulai

1. Menyembuhkan Demam Berkepanjangan

Anda bisa mencoba untuk memanfaatkan kulit bagian dalam dari pohon Pulai untuk mengatasi demam. Potong dan bukalah kulit bagian luar dari pohon, lalu bersihkan dan rebus kulit dengan bawang putih dan biji jinten yang sudah dipecahkan. Konsumsilah rebusan tradisional ini setiap empat jam sekali untuk menurunkan demam.

2. Menurunkan Tingkat Kolesterol di Dalam Darah

Rebusan daun pohon Pulai memiliki kandungan yang sudah dibahas pada poin sebelumnya, yaitu lupeol asetat yang mampu untuk memperlancar peredaran darah dan melarutkan kolesterol yang ada di dalam tubuh.

3. Mengatasi Sakit Gigi

Redakan sakit gigi yang sangat mengganggu tersebut dengan memanfaatkan getah dari pohon Pulai. Caranya campurlah getah pohon Pulai ke dalam air hingga menjadi sebuah pasta lalu rebus hingga mendidih. Biarkan hingga pasta menjadi dingin barulah Anda bisa mengoleskan tersebut pada bagian gigi Anda yang sakit.

4. Mengobati Ketombe dan Mengusir Kutu

Ketombe dan kutu pada rambut merupakan salah satu masalah pada tubuh yang sangat mengganggu dan bisa membuat siapa saja menjadi tidak nyaman. Anda bisa mencoba memotong kulit pohon dan menumbuknya hingga menjadi lembek. Panaskan minyak wijen lalu campurkanlah minyak tersebut dengan pasta pohon dan aduk hingga merata. Saring campuran minyak lalu oleskanlah secara teratur pada kepala Anda.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat pohon pule. Karena itu, pohon pulai memang kami rekomendasikan untuk ditanam di halaman rumah Anda. Jika Anda dan Keluarga sehat selalu.

Sposored : Dapatkan Rangkaian Anggrek Bulan dengan memesan Via website dan Ecommerce Kesayangan Anda

Refrial Seto
Refrial Seto
Articles: 88

Leave a Reply

Your email address will not be published.