Mengenal Jenis Jenis Kaktus Termahal

Kaktus merupakan tanaman yang menakjubkan. Banyak pecinta tanaman hias memelihara kaktus di rumah mereka. Berikut ini Kita akan mengenal jenis jenis kaktus termahal.

Mengenal Kaktus dan Mengapa Ia Populer di Kalangan Pecinta Tanaman Hias

Kaktus biasa ditemukan di daerah-daerah yang kering seperti gurun. Tanaman yang memiliki nama latin Cactaceae ini dapat bertahan hidup dengan kondisi minim bahkan tanpa air sekalipun.

Kaktus termasuk ke dalam golongan tanaman sukulen karena mampu menyimpan persediaan air di batangnya. Batang tanaman ini mampu menampung volume air yang besar dan memiliki bentuk yang bervariasi. Untuk dapat bertahan di daerah yang gersang, kaktus memiliki metabolisme tertentu. Tumbuhan ini membuka stomatanya di malam hari ketika cuaca lebih dingin dibandingkan siang hari yang terik. Pada malam hari, kaktus juga mengambil COh2 dari lingkungan dan menyimpannya di vakuola untuk digunakan ketika fotosintesis berlangsung. Pemilik hanya cukup menyiram tanaman ini sekali atau dua kali seminggu.

Daftar Jenis Jenis Kaktus Termahal

Kaktus dikenal oleh kalangan pecinta tanaman hias sebagai tanaman yang memiliki harga yang reasonable. Namun, nama nama kaktus di bawah ini harga nya akan membuat dompet Anda menjerit. Berikut ini kita akan mengenal jenis jenis kaktus termahal.

Astrophytum asterias

Astrophytum asterias adalah spesies kaktus dalam genus Astrophytum, tanaman ini berasal dari bagian kecil Texas di Amerika Serikat dan Meksiko. Kaktus ini dikenal dengan nama kaktus bulu babi.

asterias bisa diidentifikasi karena bentuknya yang kecil dan bulat. tubuhnya berwarna coklat kehijauan dan mungkin tampak berbintik-bintik dari penutup sisik putihnya. Bunga kaktus ini berwarna kuning dengan pangkal merah dan bagian luarnya sangat berbulu.

Kaktus ini juga sangat digemari oleh para pecinta tanaman hias selain perawatannya yang mudah dan gampang beradaptasi dengan lingkungan serta juga mudah dikembangbiakkan. Harga kaktus ini lumayan mahal jika berukuran cukup besar. Untuk indukan, kaktus ini dibanderol Rp3-4 jutaan dan untuk anakan yang berukuran kecil dibanderol dengan harga Rp1 jutaan.

Echinocereus rigidissimus

Echinocereus rigidissimus, umumnya dikenal sebagai kaktus pelangi Arizona. kaktus ini dapat tumbuh hingga ketinggian 30 cm, dan lebar 11 cm saat dewasa. Habitat kaktus ini tentu saja berasal dari Arizona, Amerika Serikat. Selain itu, tanaman ini juga bisa ditemukan di Chihuahua dan Sonora di Meksiko.

Kaktus pelangi Arizona merupakan tanaman yang soliter dan jarang bercabang seiring bertambahnya usia kaktus itu sendiri. Keunikan kaktus ini adalah warnanya yang cantik dan indah yakni hijau tua di bagian bawahnya dan ungu di bagian atasnya. Kaktus ini juga mampu memekarkan bunga cantik berwarna putih ungu terang di tengahnya. Tak heran jika kaktus ini dibanderol harga Rp2 jutaan, tergantung dari ukuran dan usia tanaman.

Euphorbia Abdelkuri 

Euphorbia abdelkuri adalah spesies tumbuhan kaktus yang berasal dari famili Euphorbiaceae. Kaktus ini merupakan tanaman endemik di Abd al Kuri, sebuah pulau di selatan Yaman. Hal tersebut membuat tanaman ini sangat langka dan harganya sangat mahal. Semakin tua dan besar ukuran kaktus ini, maka harga yang dibanderol juga dapat mencapai Rp20 jutaan.

Echinocactus grusonii

Echinocactus grusonii, atau biasa dikenal dengan kaktus tong emas. Merupakan tanaman endemik yang berasal dari Meksiko pusat. Alasan kenapa disebut kaktus gong emas karena bentuk kaktus ini memiliki warna keemasan, Warna tersebut berasal dari duri-duri berwarna kuning agak kecoklatan yang membuat warnanya seperti gentong emas.

Kaktus ini adalah tanaman yang terancam punah keberadaannya. Pada tahun 1990-an, populasi kaktus ini berkurang secara drastis. Oleh sebab itu, harganya sangat tinggi jika dijual di pasaran.

Sposored : Dapatkan Rangkaian Anggrek Bulan dengan memesan Via website dan Ecommerce Kesayangan Anda

Refrial Seto
Refrial Seto
Articles: 88

Leave a Reply

Your email address will not be published.