Mengenal lebih dekat Manfaat Tanaman Porang

Porang merupakan tanaman yang sedang naik daun. Umbinya merupakan bagian yang diminati banyak orang karena manfaatnya yang melimpah. Artikel ini akan menjelaskan tentang manfaat tanaman porang.

Porang dapat tumbuh dengan baik di lingkungan bersuhu sekitar 25 hingga 35 derajat Celcius, dengan curah hujan sekitar 300 hingga 500 mm per bulan. ia juga akan tumbuh dengan baik di media tanam yang memiliki nutrisi dan drainase yang baik.

Batangnya yang lunak dan halus menjadi salah satu ciri morfologi tanaman porang. Selain itu, daunnya lebar berwarna hijau. Yang paling penting, bagian umbinya yang dapat diolah dan dikonsumsi untuk banyak bahan makanan.

Sponsored

Bagi kalian yang lagi mencari rangkaian anggrek bulan dengan harga terjagkau, Kalian bisa order via TokopediaShoope, dan Blibli Kalian juga bisa order via website kami langsung.

Secara umum, umbi orang mengandung karbohidrat sebagai komponen utama, kemudian pati, glucomannan, dan kristal kalium oksalat. Namun kandungan tersebut yang membuat lidah terasa gatal saat mengonsumsi porang.

Tak perlu khawatir! Rasa gatal yang disebabkan oleh porang ini bisa dihilangkan dengan pembersihan dengan larutan garam sebelum diolah lebih lanjut.

Budidaya porang juga mudah dilakukan karena tak perlu melakukan perawatan khusus, asalkan dengan penanaman dan perawatan yang tepat, maka akan mendapat hasil yang baik pula.

Mengenal lebih dekat Manfaat Tanaman Porang

Lalu, apa saja manfaat dari kandungan-kandungan tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Sebagai bahan pangan

Umbi porang banyak diolah sebagai keripik yang diiris tipis-tipis dengan perasa gurih sebagai camilan. Anda juga bisa mengkreasikan porang dengan daging menjadi bakso porang. Menarik bukan? Jika tak mau repot, porang bisa menjadi pakan ternak yang kaya akan nutrisi.

Bahan baku mi dan beras shirataki

Tepung yang terbuat dari umbi porang biasanya disebut dengan konjak. Keistimewaan tepung konjak daripada jenis tepung lainnya adalah ia lebih berserat, sehingga banyak dimanfaatkan dalam pembuatan mie instan, salah satunya yang terkenal adalah mi shirataki.

Mi shirataki banyak diminati oleh masyarakat jepang. Selain rasanya yang enak, mi ini juga dipercaya dapat membantu meningkatkan hidup sehat dengan diet.

Tak hanya sebagai bahan baku mi shirataki, porang juga dapat menjadi bahan utama beras shirataki yang juga dipercaya cocok untuk anda yang sedang melakukan diet. Ia juga bisa diolah sebagai konnyaku, makanan yang terkenal di Jepang dengan bentuk yang mirip dengan tahu.

Bahan porang dalam bahan makanan di atas dapat menambahkan kandungan karbohidrat, pati, lemak, serat, dan protein.

Peminatnya yang banyak dari negeri Sakura ini membuat porang mengalami peningkatan dalam ekspornya.

Baca Juga:

Sebagai Pengental dan Jelly

Serat yang ada dalam porang sangat bermanfaat dalam pembuatan jelly dan sebagai pengental karena ia tidak mudah larut di dalam air.

Bahan pembuat lem organik

Sama seperti pengental dan jelly, porang juga bisa digunakan sebagai lem dan perekat organik yang tak merusak lingkungan.

Penjernih Air

Lagi-lagi, kandungan glukomanan dalam porang dan seratnya memiliki sangat banyak manfaat. Glucomman dapat larut dalam air sekaligus dapat menjernihkan air anda yang kotor dan keruh.

Dari Kacamata Kesehatan

Glucomman merupakan kandungan yang penting dalam porang. Ia dapat menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga dapat mencegah kita menderita penyakit diabetes.

Zat inflamasi pada tanaman porang juga dapat mengobati kita dari peradangan. Ia juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Sebagai makanan yang dipercaya dapat membantu diet, kandungan karbohidrat dalam porang dapat membuat kita cepat merasa kenyang, sehingga menjadi makanan diet yang baik.

Risiko kanker usus juga bisa anda hindari karena serat yang terkandung dalam porang bisa melancarkan sistem pencernaan anda.

Begitu banyak manfaat umbi porang. Manfaatnya tak hanya diakui di negara Indonesia, namun juga hingga ke luar negeri. Konsumsi porang untuk menjaga kesehatan anda.

Jika anda ingin mencoba peruntungan dalam berbisnis, anda bisa membudidayakan tanaman porang di kebun anda. Tanam dengan media tanam yang gembur dengan kedalaman secukupnya agar bentuk umbi nantinya bisa bulat dan besar, serta siap dipasarkan secara masal.

Salah satu manfaat tanaman porang adalah dijadikan menjadi berbagai ragam makanan maupun olahan lainnya seperti yang telah disebutkan di atas, dan rasakan manfaatnya!

mujtahida
mujtahida
Articles: 30

Leave a Reply

Your email address will not be published.