Mengenal Tanaman Penyebab Alergi

Setiap orang pasti menyukai tanaman hias. Namun Anda harus tahu, tidak semua orang bisa menerima beberapa jenis tanaman, bahkan cenderung menghindarinya. Agar tidak menimbulkan efek alergi. Dalam tulisan ini Kita akan mengenal tanaman penyebab alergi.

Apa Penyebab Alergi Tubuh Terhadap Tanaman?

Beberapa orang bisa saja menjadi tidak enak badan atau batuk batuk serta bersin ketika dekat dengan tanaman jenis tertentu. Hal itu disebut dengan alergi.

Ada beberapa tanaman yang mengeluarkan zat atau hormon yang hanya orang dengan pengidap alergi bisa merasakannya. Gejalanya bisa berupa bersin, gatal, atau ruam.

Tingkat alerginya juga bisa ringan dan berat, namun sebaiknya tetap dihindari agar tidak mengurangi kesehatan tubuh.

Daftar Tumbuhan Penyebab Alergi

Kira-kira, apa saja tanaman yang bisa sebabkan alergi pada tubuh?. Pada tulisan di bawah ini Kita akan mengenal berbagai macam tanaman penyebab alergi. Sehingga Anda bisa mengetahui dan menghindarinya.

Pohon Pinus

Pinus dikenal suka menebarkan serbuk tebal berwarna kuning. Hal ini akan memicu reaksi alergi pada orang yang rentan terhadapnya. Segera jauhi jika Anda merasa ingin bersin dan batuk batuk ketika bertemu dengan tanaman ini.

Melati

Orang orang menyukai melati karena bunganya yang harum. Namun bagi sebagian orang hal ini bisa mengganggu pernapasan. Bunga putihnya yang kecil bisa menyebabkan bersin bersin pada penderita alergi.

Bunga Matahari

Apa yang lebih berarti musim panas daripada taman bunga matahari yang indah? Sayangnya, serbuk sari dan biji tanaman ini dapat menimbulkan masalah bagi sebagian orang. Tergantung pada sensitivitasnya, orang dapat mengalami demam dan gatal-gatal jika dekat dengan tanaman ini.

Rumput Bermuda

Terlepas dari popularitas rumput bermuda pada pemasangan rumput di halaman rumah, lebih baik Anda yang mengidap alergi jangan menanam rumput jenis ini. Alasan yang paling utama adalah rasa gatal yang bisa muncul ketika bersentuhan dengan rumput ini. Selain itu juga seperti tanaman penyebab alergi lainnya. Ketika aroma rumput ini terhirup, akan menimbulkan bersin bersin.

Bunga Tulip

Bunga tulip mempunyai warna yang cantik dan cocok untuk ditanam di pekarangan rumah. Tetapi, bunga tulip juga bisa sebabkan reaksi alergi pada tubuh. Hal ini karena getah pada tulip bisa sebabkan gatal dan ruam pada kulit. Jadi bila Anda mengidap alergi sebaiknya pilih bunga yang lain saja.

Bonsai

Siapa sangka tanaman hias yang indah dan estetik ini dapat menimbulkan alergi.

Salah satu jenis bonsai yang perlu diwaspadai adalah bonsai juniper yang bisa menghasilkan serbuk sari. Serbuk sari ini bisa menyebabkan alergi dengan gejala flu parah. Oleh karena itu, hindari bonsai juniper agar tidak menyebabkan alergi.

Tanaman Palem

Palem memang sering dijadikan sebagai tanaman hias dan ditempatkan di teras rumah atau pekarangan rumah. Namun jika Anda mengidap alergi sebaiknya jauh jauh dari tanaman ini. Tanaman palem dapat mengeluarkan serbuk sari yang apabila rontok dan beterbangan kemana mana, bisa menyebabkan iritasi bagi tubuh.

Kuping Gajah

Tanaman hias lainnya yang bisa sebabkan alergi pada tubuh adalah kuping gajah. Pada bagian daun dan batang kuping gajah, terdapat kandungan zat yang dinamakan kalsium oksalat.

Zat oksalat ini bisa menyebabkan alergi berupa gatal dan bengkak di kulit atau mulut. Jadi, bila Anda mengidap alergi, hindari menanam tanaman jenis ini di rumah Anda. Dan jangan dekat dekat dengan tanaman ini.

Sposored : Dapatkan Rangkaian Anggrek Bulan dengan memesan Via website dan Ecommerce Kesayangan Anda

Refrial Seto
Refrial Seto
Articles: 88

Leave a Reply

Your email address will not be published.