Tak Perlu Membeli! Ini Cara Menanam Bawang Putih

Bawang putih (Allium sativum) memiliki banyak kegunaan. Bisa sebagai tambahan bumbu masak dan juga obat-obatan. Cara menanam bawang putih pun tak sulit. Artikel ini akan menjelaskan cara menanam bawang putih.

Bawang putih merupakan salah satu jenis bawang dengan warna putih. Bawang putih dapat menjadi obat yang dapat digunakan untuk penyembuhan penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah dan jantung.

Zat kimia Allicin yang terkandung dalam bawang putih ini lah yang membuat bawang putih memiliki bau yang khas. Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak yang mengembangkan variasi bawang putih tanpa bau. Namun tentu akan mengubah efek dari bawang putih itu sendiri.

Seseorang akan rutin mengonsumsi bawang putih ketika memiliki tekanan darah tinggi, oengerasan pembuluh darah, dan memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Bawang putih juga sangat umum digunakan dalam masakan jenis apapun.

Sponsored

Bagi kalian yang lagi mencari rangkaian anggrek bulan dengan harga terjagkau, Kalian bisa order via Tokopediadan Shoope, Kalian juga bisa order via website kami langsung.

Manfaatnya yang sangat banyak membuat bawang putih banyak dicari, Anda mungkin salah satunya. Konsumsi bawang putih yang meningkat tentu perlu diimbangi dengan produksinya. Alangkah lebih baiknya jika Anda bisa menanam bawang putih Anda sendiri di rumah.

Cara Menanam Bawang Putih

Jika Anda menanam bawang putih sendiri di rumah, Anda bisa mengonsumsinya sendiri dan dapat menghemat pengeluaran Anda. Mau tahu bagaimana cara gampang menanam bawang putih? Simak penjelasannya berikut ini.

Cari tahu waktu terbaik untuk menanam bawang putih di daerah Anda

Agar bawang dapat tumbuh secara optimal, Anda perlu mencari tahu kapan waktu terbaik bawang untuk tumbuh di daerah Anda. Karena masing-masing daerah tentu berbeda-beda.

Pilih lokasi penanaman bawang putih

Tak hanya waktu, lokasi dalam menanam bawang putih pun perlu Anda perhatikan. Bawang putih perlu banyak paparan sinar matahari.

Maka dari itu, siapkan tempat menanam bawang putih di luar ruangan dan jauhkan dari tanaman atau bangunan tinggi yang memungkinkan untuk menghalangi paparan sinar matahari pada tanaman.

Lempung berpasir adalah jenis tanah yang baik untuk menanam bawang putih. Jangan menggunakan tanah berbasis tanah liat karena jenis tanah tersebut tidak cocok untuk menanam bawang putih.

Selain itu, pastikan kondisi tanah. Jika tanah belum memiliki cukup nutrisi, Anda bisa menambahkan pupuk kandang dan kompos. Akan lebih baik jika Anda melakukan uji tanah terlebih dahulu jika memungkinkan.

Baca Juga:

Pilih jenis bawang putih yang segar

Saat memilih bawang putih untuk ditanam, pilih bawang putih yang segar. Jangan memilih bawang yang layu dan memiliki banyak bercak di badannya. Apalagi sudah lunak dan keriput.

Tiap suing bawang putih bisa tumbuh menjadi satu tanaman. Sehingga pastikan membelinya dalam jumlah yang cukup.

Bawang putih yang telah bertunas juga lebih baik jika digunakan untuk ditanam. Anda juga bisa membeli bibit bwang putih jika menginginkan varietas tertentu.

Pisahkan tiap suing bawang putih

Saat memisahkan tiap suing, hati-hati merusak pangkal bawang. Jika pangkal bawang yang berbentuk seperti piring itu rusak, maka bawang akan sulit untuk tumbuh.

Letakkan bawang putih di dalam tanah

Masukkan tiap suing bawang ke dalam tanah, dengan pangkal bawah tetap berada di bawah. Tanam dengan kedalaman sekitar 5 cm dengan jarak sekitar 20 cm agar ia dapat tumbuh dengan baik.

Tutupi dengan daun dan kompos

Setelah bawang putih sudah berada di dalam tanah, lapisi bagian atas tanah dengan dedaunan. Lalu lapisi lagi dengan racikan kompos agar tanah memiliki banyak nutrisi untuk pertumbuhan bawang.

Lakukan penyiraman bawang putih

Bawang putih perlu disiram secara rutin. Namun jangan sampai membuat bawang putih basah dan lembab sekama berbulan-bulan. Kondisi yang terlalu lembab akan menyebabkan bawang membusuk.

Bawang putih tidak menyukasi tanah yang basah. Lakukan penyiraman ketika hujan tak mengguyur tanaman. Anda juga harus menjaga tanaman dari hewan-hewan agar tak merusaknya.

Panen Bawang Putih

Saat bawang putih sudah menumbuhkan daunnya yang berwarna kuning atau cokelat, Anda bisa mencabutnya. Jangan mencabut bawang ketika daunnya sudah mengering karena akan menghancurkan kepala bawang. Bawang akan pecah menjadi beberapa suing.

Sangat mudah bukan untuk menanam bawang putih? Cobalah di rumah dan nikmati hasil panennya.

mujtahida
mujtahida
Articles: 30

Leave a Reply

Your email address will not be published.