Tanam Sekarang! Ini 6 Tanaman Hidroponik Paling Menguntungkan

Metode perkembang biakan tanaman saat ini makin banyak macamnya. Salah satu yang sedang santer dibicarakan adalah tanaman hidroponik paling menguntungkan.

Seiring berkembangnya waktu, banyak tanaman yang dikembangkan dan diteliti apakah ia bisa ditanam di media hidroponik atau tidak. Beberapa telah dikembangkan, bahkan telah banyak produsen yang telah menjualnya.

Tanam Sekarang! Ini 6 Tanaman Hidroponik Paling Menguntungkan

Jika anda tertarik untuk mulai berbisnis tanaman hidroponik namun bingung jenis apa tanaman yang akan anda tanaman, maka berikut merupakan beberapa tanaman yang dapat ditanaman secara hidroponik dan dapat menguntungkan anda

Microgreen

Microgreen merupakan sayur yang bisa dikembangkan dengan metode hidroponik. Ia mudah untuk ditanam karena tidak membutuhkan perawatan khusus. Hanya ia tidak suka cahaya dengan intensitas yang tinggi. Sebagai gantinya, cahaya matahari bisa anda ganti dengan lampu neon.

Waktu panen dari microgreen hanya memakan waktu hingga dua minggu sejak ditanam. Saat memanen, gunakan gunting taman untuk memotong tanaman microgreen. Sekali panen, anda bisa menjual microgreen seharga 600 ribu rupiah per kilogram.

Banyak koki restoran menggunakan microgreen dalam makanannya. Kandungan nutrisinya yang tinggi membuatnya sangat menarik untuk dikonsumsi sebagai sumber nutrisi bagi tubuh.

Sponsored

Bagi kalian yang lagi mencari rangkaian anggrek bulan dengan harga terjagkau, Kalian bisa order via TokopediaShoope, dan Blibli Kalian juga bisa order via website kami langsung.

Ginseng

Ginseng sudah dari dahulu dimanfaatkan oleh penduduk Asia sebagai ramuan penyembuhan atau obat herbal. Anda bisa menanam ginseng dengan teknik hidroponik di rumah kaca. Lingkungan berperan sangat besar dalam pertumbuhan ginseng. Jika tak tepat, ia bisa tumbuh sekitar 6 tahun setelah ditanam.

Namun, anda juga bisa menjual akar kecil ginseng ke petani yang lain untuk dikembangkan hingga dewasa. Ginseng dapat dijual dengan harga 15 juta hingga 18 juta rupiah per kilonya.

Harganya yang fantastis sebanding dengan pertumbuhan tanamannya yang lama dan khasiatnya yang beraneka ragam.

Bambu

Anda tidak salah membaca. Ya! Bamboo Guanyin atau bambu hoki sebagai tanaman hias dapat dibudidayakan dengan teknik hidroponik. Bamboo ini tumbuh dengan ideal pada suhu 15 hingga 30 derajat Celcius.

Saat melakukan perawatan, anda perlu mengganti airnya secara teratur, agar kandungan oksigen dalam air selalu terpenuhi. Agar keindahannya terpampang nyata, anda bisa meletakkan bamboo guanyin dalam vas bening. Bambu hoki dapat dijual seharga ratusan ribu rupiah.

Baca Juga:

Gourmet Mushroom

Jamur jenis gourmet merupakan jamur yang bisa tumbuh di mana saja dalam kondisi idealnya. Dua jenis jamur gourmet dengan peminat minat yang tinggi adalah jamur shiitake dan jamur tiram. Meski tak banyak dikembangkan, namun jamur ini dapat ditanam secara hidroponik.

Rasanya yang unik, membuat jamur gourmet banyak diminati oleh konsumen. Permintaannya yang tinggi pun membuat harganya naik. Apalagi jika ditanam dengan metode hidroponik tanpa pestisida dan bahan kimia sintetis.

Daun Salam

Daun salam banyak dimanfaatkan sebagai ramuan aromatik penambah rasa minuman maupun makanan. Harga jualnya cukup menguntungkan jika anda berniat untuk memproduksinya. Ia bisa dijual dengan harga hampir 1 juta rupiah per kilo gramnya.

Sistem irigasi tetes menjadi metode yang sempurna untuk daun salam karena pertumbuhannya yang cukup lambat. Ia lebih suka tumbuh di lingkungan yang hangat dan kering. Sebagai produsen, tanaman daun salam dapat memberi keuntungan yang cukup signifikan.

Tarragon

Tarragon adalah salah satu tanaman herbal yang cocok jika disandingkan dengan berbagai macam jenis dagings seperti ikan, ayam, dan daging sapi dan menjadi salah satu tanaman hidroponik paling menguntungkan Ia terkenal penggunaannya di makanan Prancis.

Tanaman ini telah terbukti memiliki banyak manfaat. Di antaranya dapat meningkatkan nafsu makan, meningkatkan kesehatan jantung, dan menghilangkan rasa sakit. Tarragon bisa menguntungkan hingga 500 ribu rupiah per kilogramnya.

Tanaman-tanaman di atas merupakan tanaman yang telah umum ditanam dengan metode hidroponik. Sedangkan dalam perkembangannya, tentu akan lebih banyak lagi jenis tanaman menguntungkan yang dapat ditanam dengan metode tersebut.

Menjual dan membudidayakan tanaman secara hidroponik bisa menjadi salah satu pilihan bisnis anda. Mereka juga telah terbukti membawa keuntungan yang besar.

Yang paling penting dari menanam hidroponik bukan semata-mata keuntungannya saja, melainkan menanam dengan cara hidroponik juga menghindarkan kita dari mengonsumsi hasil tanam yang mungkin mengandung pestisida berbahaya dan bahan kimia lainnya.

mujtahida
mujtahida
Articles: 30

Leave a Reply

Your email address will not be published.