Tanaman Yang Cocok Ditaruh Di Dalam Aquarium

Jika Anda memiliki aquarium di rumah, pastikan untuk merawatnya dengan baik. Pastikan juga untuk menambahkan aksesoris untuk mempercantik tampilan aquarium Anda. Salah satu aksesoris itu adalah tanaman hias. Berikut ini kami akan membahas mengenai tanaman yang cocok ditaruh di dalam aquarium.

Fungsi Menaruh Tanaman Didalam Aquarium

Saat ini, hobi memelihara ikan hias di dalam aquarium sudah mengalami banyak perkembangan. Untuk menambah kesan alami. Mereka menambahkan tumbuhan di dalamnya. Kegiatan ini biasa disebut dengan Aquascape.

Seperti halnya di alam aslinya, aquascape akan terdiri dari tanaman air, bebatuan, dan juga kayu. Saat ini sudah sangat banyak jenis tanaman air yang bisa dan dapat ditaruh di dalam aquarium. Tentunya itu semua kembali ke selera Anda.

Tanaman Yang Cocok Ditaruh Di Dalam Aquarium

Nah, apa saja tanaman hias yang bisa Anda letakkan di dalam aquarium?. Berikut ini adalah daftarnya.

1. Marimo moss ball/Bola Lumut

Marimo atau biasa dikenal sebagai bola lumut merupakan tanaman sejenis ganggang hijau. Penampilannya bisa dikenal dengan mudah, yakni bola hijau besar dengan penampilan beludru berwarna hijau.

Spesies ini dapat ditemukan di sejumlah danau dan sungai di Jepang dan Eropa Utara. Namun diketahui populasi dari bola lumut semakin berkurang di alam liar. Oleh karena itu, banyak orang ingin membudidayakan tanaman ini.

Memelihara tanaman ini sangatlah mudah. Jika Anda memiliki akuarium maka tinggal masukkan saja tanaman itu ke dalamnya. Ia akan tumbuh dan berkembang biak dengan sendirinya. Pastikan Anda mengganti air akuarium secara berkala, minimal seminggu atau dua minggu sekali.

2. Amazon Sword

Sama seperti namanya, Amazon sword memiliki bentuk satu batang dengan daun yang menjulur ke atas seperti pedang. Tanaman air ini dapat hidup pada suhu hingga 22 sampai 28¬į Celcius. Tanaman ini memerlukan bantuan pencahayaan yang moderat untuk tumbuh. Tentunya, tanaman ini akan menambah kecantikan jika diletakkan pada aquarium Anda.

 

3. Cabomba Caroliniana

Tanaman selanjutnya yang bisa Anda tempatkan di dalam aquarium adalah Cabomba Caroliniana. Tanaman air satu ini dapat tumbuh dengan cukup cepat pada suhu setidaknya 15 hingga 26¬į Celcius. Kebutuhan cahaya dari tanaman ini cenderung sedang ke tinggi, sedangkan untuk karbon dioksida hanya memerlukan sedikit. Anda harus pintar pintar dalam memelihara tanaman yang satu ini.

4. Monte Carlo

Tanaman ini dapat digunakan sebagai alas seperti rumput di aquarium karena laju pertumbuhan dari tumbuhan ini sangat cepat. Apalagi jika tanaman ini terlalu sering mendapatkan cahaya matahari yang kuat, Monte Carlo dapat semakin cepat bertumbuh.

5. Baby Tears

Ketika memiliki tanaman ini, Anda tidak memerlukan perawatan yang terlalu rumit. Anda hanya perlu memberikan pencahayaan yang cukup agar tanaman ini tidak merambat ke atas untuk mencari cahaya sendiri. Karena hal tersebut akan merepotkan Anda dan ikan ikan yang hidup di dalam aquarium.

6. Windelov

Tanaman ini memiliki bentuk yang sangat unik. Windelov memiliki daun dengan ujung bercabang. Menjadikannya sebagai salah satu tanaman aquascape tercantik. Tanaman ini memiliki daya tahan diri yang kuat. Anda bisa meletakkan tumbuhan ini di mana saja pada aquarium. Seperti di kayu atau ditempel begitu saja di batu aquarium. 

7. Java Moss

Jika di atas sudah ada marimo moss yang berasal dari Jepang, kali ini ada bola lumut yang asli dari Indonesia, yakni Java moss.

Java Moss atau Lumut Jawa sangat mudah tumbuh dan juga kuat, sehingga paling sering digunakan untuk menghiasi akuarium. 

Selain untuk mempercantik bagian dalam akuarium, Java Moss juga berfungsi sebagai pelindung telur atau benih ikan dari ikan lain yang bisa saja memakannya. Selain itu juga bola lumut ini dapat berfungsi sebagai makanan untuk perkembangbiakan ikan, serta, juga dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas air di dalam aquarium. 

Sposored : Dapatkan Rangkaian Anggrek Bulan dengan memesan Via website dan Ecommerce Kesayangan Anda

Refrial Seto
Refrial Seto
Articles: 88

Leave a Reply

Your email address will not be published.