Tips Merawat Bonsai Agar Tahan Lama

Budidaya pohon bonsai memang sudah lama dilakukan oleh orang orang yang menyukainya. Banyak metode pembuatan dan perawatan beredar oleh ahli bonsai. Pada kesempatan kali ini Kita akan membahas mengenai tips merawat bonsai agar tahan lama.

Karakteristik Bonsai

Sebelum mengetahui cara merawat, ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu seluk beluk bonsai.

Bonsai merupakan sebuah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon yang ada di alam bebas. Bonsai berasal dari kata Jepang yakni bon (盆) dan sai (栽). Istilah bonsai digunakan di Jepang untuk seni tradisional dalam pemeliharaan tanaman dalam sebuah pot dangkal.

Pohon yang paling umum dibonsai adalah berbagai spesies pinus. Tetapi jenis tanaman lainnya juga cocok untuk dijadikan bonsai, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Bonsai pohon buah untuk dinikmati keindahan buahnya (Ilex serrata, kesemek, Chaenomeles sinensis, apel mini)
  • Bonsai tumbuhan berbunga untuk dinikmati keindahan bunganya (Prunus mume,Chaenomeles speciosa, sakura, azalea satsuki)
  • Bonsai pohon untuk dinikmati bentuk daunnya (maple, Zelkova serrata, Rhus succedanea)

Tips Merawat Bonsai Agar Tahan Lama

Dengan ke-estetikannya dan keindahannya itu, bonsai merupakan tanaman yang cocok untuk diletakkan di dalam maupun di luar rumah. Merawat pohon Bonsai tidak sesulit kelihatannya. Namun, karena pohon Bonsai ditanam dalam pot kecil, ada beberapa panduan dasar untuk penempatan, penyiraman, dan penggantian pot pada bonsai.

Pemeliharaan Rutin

  • Penyiraman

Perlu diingat, bonsai berbeda dengan tanaman lain yang biasa Anda rawat di pekarangan rumah, yakni menyiramnya secara rutin agar asupan air cukup. Tetapi berbeda dengan tanaman satu ini. Bonsai tidak boleh diberikan air terlalu banyak. karena hal ini dapat mengakibatkan tumbuhnya jamur dan dapat membusukkan akar. 

Walaupun begitu, pastikan juga bonsai jangan berada dalam kondisi kering. Jaga kelembabannya agar tanah tidak terlalu basah maupun terlalu kering.

  • Pemupukan

Pemupukan secara teratur selama musim tanam sangat penting bagi Bonsai untuk bertahan hidup dan berkembang. Tanaman pohon umumnya dapat memperpanjang sistem akar mereka untuk mencari nutrisi, tetapi karena bonsai terletak pada wadah yang terbatas, mereka membutuhkan pemupukan yang tepat untuk mengisi kembali kandungan nutrisi tanah.

Pemberian pupuk harus dilakukan dalam dosis yang tepat. Sebaiknya pemupukan dilakukan sebulan sekali menggunakan NPK dan urea, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan pohon bonsainya. Selain pupuk untuk tanamannya, berikan juga pupuk kompos daun sebanyak tiga kali perbulan.

  • Pemangkasan Dahan Pohon Bonsai

Agar bonsai selalu tampak cantik, perlu dilakukan pemangkasan pada cabang-cabang yang dirasa mengganggu. Pemangkasan juga dilakukan untuk mengontrol pertumbuhan dahan yang terlalu cepat. Anda bisa memangkas bonsai setiap sebulan sekali, jika pertumbuhan bonsainya tergolong cepat. Namun, jika bonsai tumbuh dengan lambat, pemangkasan cukup dilakukan dua atau tiga bulan sekali. 

Penggantian Pot

Agar Menjaga keawetan bonsai, pergantian pot perlu dilakukan. Sebuah pohon menjadi terikat pot karena menggunakan nutrisi yang tersedia di tanah dan akar tumbuh ke bentuk pot. Karena kurangnya ruang dan nutrisi, pohon-pohon berhenti tumbuh, dan jika tidak ada tindakan, pasti akan mati. Penempatan ulang atau transplantasi Bonsai Anda akan memasok pohon dengan nutrisi baru untuk tumbuh dan berkembang.

Sebenarnya, semua wadah bisa dijadikan pot untuk pohon Bonsai, jika memenuhi persyaratan tertentu. yakni Tentu saja harus ada lubang drainase. Tetapi, untuk menjaga kesan estetik dari bonsai, sebaiknya pakai pot yang terbuat dari keramik atau porselen.

Sposored : Dapatkan Rangkaian Anggrek Bulan dengan memesan Via website dan Ecommerce Kesayangan Anda

Refrial Seto
Refrial Seto
Articles: 88

Leave a Reply

Your email address will not be published.