Wahib Tahu, Jenis Tanaman Paku atau Pakis

Jenis Tanaman Paku – Paku pakuan atau juga dikenal sebagai pakis, memiliki sistem vaskular sejati, meskipun mereka tidak menghasilkan benih reproduksi. Tumbuhan paku berkembang biak dengan spora. Uniknya, pakis memiliki batang yang terletak di dalam tanah yang disebut rimpang. Pada rimpang, muncul akar serabut berupa bulu-bulu halus dan tangkai daun. Daun paku-pakuan dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan ukurannya, yaitu mikrofil yang artinya daun kecil, berurat hanya satu, daun besar, dan makrofil.

Pada saat yang sama, menurut fungsinya, daun pakis dibagi menjadi daun spora yang menghasilkan spora dan daun nutrisi yang tidak menghasilkan spora tetapi memiliki fungsi fotosintesis. Ada 12.000 spesies tumbuhan ini yang dapat hidup di dataran rendah, pantai, lereng bukit, 350 m dpl dan daerah basah. Bahkan, tumbuhan ini dapat mengapung di atas air, dan ada juga yang bersifat epifit atau menempel pada tumbuhan lain.

Jenis – Jenis Tanaman Paku Pakis

berikut jenis tanaman paku atau lebih dikenal sebagai pakis yang wajib kalian tahu

1. Tanaman Paku Boston

Varietas ini merupakan salah satu tanaman paku yang paling populer untuk ditempatkan di depan rumah. Meskipun merawat tanaman ini tidak sulit, mereka tetap membutuhkan perawatan khusus atau daun akan mulai mati dan tanaman akan terlihat tidak sehat. Penting untuk menjauhkan pakis Boston dari cahaya langsung dan kelembapan agar mereka tumbuh subur.

2. Tanaman Paku Tanduk Rusa

Tanaman Paku Tanduk Rusa sangat berbeda dengan tumbuhan lain. Karena jenis ini sering digunakan sebagai tanaman hias, maka pertumbuhannya lebih cepat. Jadi, ketika daun mulai bergoyang, Anda harus bekerja lebih keras untuk memindahkannya. Pakis ini tidak boleh terlalu banyak disiram karena akan menyebabkan tanaman membusuk lebih cepat. Jadi ada baiknya untuk memasangnya di papan sebagai tanaman vertical.

3. Tanaman Paku Holly

Pakis holly dapat ditanam di dalam ruangan karena tumbuh subur di tempat gelap. Namun, mereka sering digunakan di luar ruangan sebagai tanaman hias. Karena tanaman ini tidak membutuhkan banyak sinar matahari seperti pakis lainnya, dapat dengan mudah menanamnya di dalam ruangan tanpa khawatir pertumbuhannya terhambat atau rusak.

4. Tanaman Paku Rambut Perawan

Pakis ini memiliki pelepah berbulu lembut yang sangat menarik. Mereka akan berkembang di lokasi kayu dan lembab, menjadikannya ideal untuk dekorasi rumah. Saat menanam pakis berbulu perawan sebagai tanaman hias, penting untuk diingat bahwa mereka lebih menyukai wadah yang lebih kecil. Serta jangan letakkan Paku Rambut Perawan di dekat area berventilasi di rumah Anda. Karena akan menyebabkan tanaman mengering dan mati.

5. Tanaman Paku Kayu Manis

Pakis ini, yang dapat tumbuh hingga empat kaki, memiliki dua jenis daun yang berbeda, sehingga mudah untuk membedakan pakis ini dari pakis lain di kebun Anda. Daun hijau besar di bagian luar tanaman steril, sedangkan daun berwarna kayu manis yang tumbuh dari tengah tanaman subur dan seperti bulu.

Dua daun akan memberi tanaman nuansa multidimensi yang membedakannya dari pakis lain yang mungkin Anda miliki di kebun Anda. Jenis ini lebih subur bila ditanam di daerah yang lebih dingin.

6. Tanaman Paku Sarang Burung

Pakis sarang burung memiliki daun yang lebih tebal dan bagian tengah yang terlihat seperti sarang burung, dari situlah tanaman ini mendapatkan namanya. Daun memiliki penampilan keriput yang mungkin menyerupai rumput laut. Di alam liar, paku sarang burung walet bersifat epifit dan akan menempel pada benda lain, seperti bangunan atau pohon.

Sehingga, meskipun jenis pakis ini dapat ditanam di dalam pot, mereka bekerja lebih baik jika ditanam dengan papan seperti tanduk. Jenis ini juga tidak dapat ditempatkan di daerah dengan intensitas cahaya yang tinggi, karena daun akan layu dan akhirnya mematikan tanaman.

7. Tanaman Paku Asparagus

Pakis asparagus tumbuh subur bila digunakan di lokasi yang sejuk. Meski langka, terkadang pakis akan mekar dan menghasilkan bunga berwarna putih yang sangat kecil yang sangat menarik. Pakis asparagus mungkin terlihat sangat halus dan lembut, tetapi sebenarnya memiliki paku kecil di daunnya, jadi sebaiknya selalu memakai sarung tangan saat merawat tanaman ini agar Anda tidak melukai diri sendiri.

Jika tumbuh subur, tanaman ini akan menghasilkan buah merah kecil yang dapat ditanam untuk memperbanyak tanaman dengan mudah. Sebagai tanaman hias, paku asparagus sulit dirawat dan harus disiram setiap hari untuk mencegah daun menguning.

IItulah jenis tanaman paku atau lebih dikenal sebagai tanaman pakis, Oh ya kalian bisa melakukan pembelian Bunga Anggrek bulan pada website ini khusus Jabodetabek atau via ecommerce kesayangan Anda.

Shinta Mutiara
Shinta Mutiara
Articles: 42

Leave a Reply

Your email address will not be published.