Wajib tahu Bunga Nusa Indah dan Keunikannya

Mussaenda atau lebih dikenal dengan nama bunga Nusa Indah adalah genus tumbuhan berbunga dalam famili Rubiaceaeatau kopi kopian. Tanaman ini berasal dari Afrika dan Asia Tropis dan subtropis. Beberapa spesiesnya dibudidayakan sebagai tanaman hias. Nusa Indah sendiri terdiri dari 194 bentuk dan warna bunga.

Batang Nusa Indah tegak dan dapat mencapai ketinggian sekitar 2-8 meter. Bunga ini memiliki daun sederhana berseberangan, panjang sekitar 1-3 cm dan berbulu. Batangnya bulat, bercabang rapat, dan permukaan batang kasar sertaberwarna coklat. Akar Nusa Indah berserat dan berwarna putih kekuningan. 

Bunga Nusa Indah yang paling umum adalah berwarna merah muda, tetapi ada warna lain seperti putih, merah dan hijau pudar. Bunganya sangat lebat dan mencolok sehingga menutupi daunnya. Bentuk dan tulang kelopaknya sangat jelas, hampir seperti daun, yang membedakan hanya warnanya. Selain warna hijau kemerahan, daun Nusa Indah berbentuk lonjong atau lonjong, dengan ujung dan pangkal runcing, serta tepi rata. Daun menyirip memiliki panjang 8-15 cm dan lebar 4-8 cm, dengan rambut di permukaannya.

Bunga Nusa Indah terdiri dari banyak spesies. Salah satunya adalah bunga putih Mussaenda pubescens. Bunga ini sering terlihat di pekarangan rumah karena dapat mempercantik tampilannya. Karena keindahan bunganya, tanaman ini banyak diminati di halaman rumah sebagai penghias. Tanaman ini juga bagus untuk ditanam sebagai tanaman pagar, juga sebagai elemen taman rumah atau elemen taman kota.

Tumbuhan Nusa Indah Putih sangat beragam sehingga sering digunakan dalam pengobatan tradisional.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari Bunga Nusa Indah Putih, yaitu :

1. Masalah pernapasan

Terdapat zat fitokonstituen yang ditemukan pada daun tanaman Nusa Indah Putih dan diidentifikasi sebagai saponin triterpenoid. Konten ini diketahui menunjukkan aktivitas antivirus, terutama terhadap virus yang terkait dengan saluran pernapasan.

2. Diabetes

Diabetes tipe 2 yang ditandai dengan inflamasi dan resistensi insulin merupakan penyakit sosial yang menjadi masalah global. Tumbuhan Nusa Indah Putih mengandung asam bulat yang termasuk dalam famili triterpenoid. Bahan-bahan ini sangat aktif secara biologis, termasuk sifat anti-inflamasi, dan juga memiliki sifat penurun lipid.

3. Kardiovaskular

Tumbuhan Nusa Indah Putih mengandung komponen dan aktivitas antioksidan dan anti inflamasi yang berperan sangat penting dalam kemampuan tubuh untuk mencegah penyakit kardiovaskular dan sedang dalam fase penyembuhan.

4. Batu ginjal

Pada tanaman Nusa Indah Putih diketahui mengandung flavonoid. Flavonoid merupakan senyawa dengan berbagai manfaat kesehatan. Kandungan flavonoid tersebut diyakini memiliki aktivitas dalam menghambat pembentukan batu ginjal kalsium.

5. Aterosklerosis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, daftar nutrisi tanaman Nusa Indah Putih mengandung iridoid dan vitamin C. Semuanya memiliki manfaat yang sangat signifikan untuk pengobatan atau pengobatan aterosklerosis.

6. Infeksi

Kandungan vitamin A dan C pada tanaman Nusa Indah Putih sangat bermanfaat untuk mencegah infeksi pada tubuh. Vitamin C adalah nutrisi penting yang meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin A sendiri mendukung hampir semua jaringan dan sistem dalam tubuh. Kekurangan vitamin A diketahui meningkatkan risiko infeksi di berbagai bagian tubuh. 

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan saponin, khususnya mussaendoside O yang diekstrak dari tanaman Nusa Indah Putih, memiliki daya imun dan aktivitas hemolitik. Kandungan yang melimpah ini dapat meningkatkan sekresi kelenjar lakrimal dan saliva yang diinduksi oleh galantamine.

8. Pencegahan Patogen Mulut

Komponen yang terkandung dalam tanaman Nusa Indah Putih yaitu triterpen glikosida yang berasal dari batang tanaman diketahui memiliki aktivitas mencegah berkembangnya patogen di daerah mulut (oral patogen).

Oh ya kalian bisa melakukan pembelian Bunga Anggrek bulan pada website ini khusus Jabodetabek atau via ecommerce kesayangan Anda.

Shinta Mutiara
Shinta Mutiara
Articles: 42

Leave a Reply

Your email address will not be published.