Gratis ongkir min belanja 1.5 Juta

20 Contoh Tanaman Hortikultura

20 Contoh Tanaman Hortikultura

Tanaman hortikultura merupakan tanaman yang dikembangkan secara intensif untuk tujuan komersial. Tanaman ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan biasanya ditanam dalam skala besar. Dalam artikel ini, akan dibahas 20 contoh tanaman hortikultura yang populer dan sering ditemui di berbagai negara. Dari tanaman hias hingga tanaman pangan, berikut adalah daftar tanaman hortikultura yang menarik untuk diketahui.

20 Contoh Tanaman Hortikultura

1. Anggrek (Orchid)

Anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang paling populer. Tanaman ini memiliki bunga yang indah dan beragam warna. Anggrek juga memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena permintaan yang tinggi di pasar.

2. Rosela (Hibiscus sabdariffa)

Rosela adalah tanaman yang berasal dari Afrika dan ditanam untuk daunnya yang digunakan dalam berbagai minuman dan makanan. Daun rosela biasanya digunakan untuk membuat teh atau sirup.

3. Jeruk (Citrus)

Jeruk adalah tanaman buah yang ditanam di berbagai negara. Dari jeruk mandarin, jeruk nipis, hingga jeruk bali, jeruk memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan banyak digunakan dalam industri makanan dan minuman.

4. Tomat (Solanum lycopersicum)

Tomat adalah salah satu tanaman hortikultura yang paling umum ditemukan di kebun-kebun rumah tangga. Tomat memiliki nilai gizi yang tinggi dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai hidangan.

5. Bunga Matahari (Helianthus annuus)

Bunga matahari adalah tanaman hias yang dikenal karena bunganya yang besar dan berwarna kuning cerah. Selain sebagai tanaman hias, biji bunga matahari juga digunakan sebagai bahan baku minyak nabati.

6. Kentang (Solanum tuberosum)

Kentang adalah tanaman umbi-umbian yang berasal dari Amerika Selatan. Kentang memiliki nilai gizi yang tinggi dan merupakan bahan makanan pokok di banyak negara.

7. Bunga Mawar (Rosa)

Bunga mawar adalah salah satu tanaman hias yang paling populer. Mawar memiliki berbagai macam warna dan aroma yang indah. Bunga mawar juga digunakan dalam industri parfum dan kosmetik.

8. Wortel (Daucus carota)

Wortel adalah tanaman sayuran yang memiliki akar yang padat dan manis. Wortel kaya akan vitamin A dan serat, sehingga baik untuk kesehatan mata dan pencernaan.

9. Sayuran Daun (Lactuca sativa)

Sayuran daun seperti selada, bayam, dan kangkung adalah tanaman hortikultura yang sering ditemui di kebun-kebun rumah tangga. Sayuran daun ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

10. Cabai (Capsicum)

Cabai adalah tanaman hortikultura yang memiliki rasa pedas dan sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Cabai memiliki nilai ekonomi yang tinggi karena permintaan yang tinggi di pasar.

11. Terong (Solanum melongena)

Terong adalah tanaman hortikultura yang sering ditemui di berbagai negara. Terong memiliki berbagai macam varietas dan dapat dimanfaatkan dalam berbagai hidangan.

12. Melon (Cucumis melo)

Melon adalah tanaman buah dengan daging yang segar dan manis. Melon memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan sering digunakan dalam hidangan penutup dan minuman.

13. Bawang Merah (Allium cepa)

Bawang merah adalah salah satu tanaman hortikultura yang sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan. Bawang merah memiliki rasa yang kuat dan aroma yang khas.

14. Kubis (Brassica oleracea)

Kubis adalah tanaman sayuran yang sering digunakan dalam masakan. Kubis kaya akan vitamin C dan serat, sehingga baik untuk kesehatan.

15. Strawberry (Fragaria x ananassa)

Strawberry adalah tanaman buah yang memiliki rasa manis dan asam. Strawberry sering digunakan dalam hidangan penutup dan minuman.

16. Bayam (Spinacia oleracea)

Bayam adalah tanaman daun yang kaya akan vitamin dan mineral. Bayam sering digunakan dalam masakan dan hidangan salad.

17. Jagung (Zea mays)

Jagung adalah tanaman biji-bijian yang sering ditanam di berbagai negara. Jagung memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan dapat dimanfaatkan dalam berbagai produk pangan.

18. Kelapa (Cocos nucifera)

Kelapa adalah tanaman buah yang tumbuh di daerah tropis. Kelapa memiliki banyak manfaat, seperti minyak kelapa, air kelapa, dan serat kelapa.

19. Sayuran Kol (Brassica oleracea var. capitata)

Sayuran kol memiliki daun yang tebal dan bentuk bundar. Sayuran ini sering digunakan dalam masakan dan hidangan salad.

20. Labu (Cucurbita spp.)

Labu adalah tanaman buah yang memiliki berbagai macam varietas, seperti labu kuning, labu hijau, dan labu merah. Labu sering digunakan dalam hidangan penutup dan minuman.

Baca juga:

Tanaman hortikultura memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan beragam manfaat. Dari tanaman hias hingga tanaman pangan, 20 contoh tanaman hortikultura di atas merupakan contoh-contoh yang populer dan sering ditemui di berbagai negara. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan informasi yang berguna mengenai tanaman hortikultura.

Previous
Daftar Lengkap 200 Nama Hewan

Daftar Lengkap 200 Nama Hewan

Next
Tanaman Hortikultura

Tanaman Hortikultura

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Order on Whatsapp