5 Tanaman yang Cepat Berbuah. Siap Panen Kapan Saja!

Terkadang, menanam tanaman membutuhkan waktu yang lama. Padahal, kita pasti menginginkan tanaman tumbuh dan cepat berbuah agar cepat pula mengonsumsinya. Tulisan ini akan membahas tentang tanaman apa saja yang cepat berbuah agar Anda bisa segera panen.

Sulit jika menanam mulai dari bibitnya. Keberhasilannya pun belum tentu. Agar menanam tanaman lebih cepat, Anda bisa menanamnya lewat proses cangkok atau vegetative buatan.

Proses ini lebih cepat menumbuhkan dan membiakkan tanaman dibandingkan dengan menanam dari bibit biji tanaman yang menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk matang dan berbuah.

Jika Anda menanam tanaman dengan tujuan menumbuhkan buahnya, perlu untuk memilih cangkok yang baik dan sehat. Karena menanam pohon berbuah merupakan investasi janga panjang, bahkan seumur hidup.

5 Tanaman yang Cepat Berbuah.

Belilah tanaman dengan tinggi 3 sampai 5 kaki, dan tanaman tersebut dapat berbuah dalam waktu satu tahun saja. Bahkan beberapa tanaman berbuah kurang dari satu tahun.

Untuk mengembangkan tanaman yang cepat berbuah, ada beberapa pilihan, di antaranya beberapa buah berikut ini.

Pepaya

Buah pepaya bisa dimakan dalam keadaan segar ketika sudah matang. Pepaya muda juga biasanya diolah sebagai campuran bahan makanan.

Bubur pepaya mentah mengandung air sebanyak 88%, karbohidrat 11%, juga lemak serta protein, serta sumber vitamin C yang baik.

Pohon pepaya bisa tumbuh sangat cepat. Jika pohonnya tumbuh dengan sehat, makai a dapat berbuah dalam waktu 16 hingga 18 bulan setelah waktu tanam.

Sponsored

Bagi kalian yang lagi mencari rangkaian anggrek bulan dengan harga terjagkau, Kalian bisa order via TokopediaShoope, dan Blibli Kalian juga bisa order via website kami langsung.

Pisang

Memiliki warna kuning yang khas ketika sudah matang merupakan ciri-ciri utama pisang. Bentuknya memanjang dengan buah yang berwarna putih kekuningan.

Pisang hibrida dapat tumbuh dengan cepat, juga menghasilkan buah yang cepat. Namun varietas yang umum ditumbuhkan perlu waktu sekitar satu tahun untuk berbuah.

Baca Juga:

Semangka

Semangka memiliki karakteristik buah segar berair dan umumnya berwarna merah. Kulitnya terdiri dari campuran garis-garis berwarna hijau muda dan tua. Buah semangka sangat populer di seluruh dunia dan telah dibudidayakan lebih dari 1000 varietas.

Buah semangka biasanya dimakan dala, keadaan segar atau dibuat smoothie dan dicampurkan dalam minuman berbuah. Rasanya juga telah banyak dikembangkan dalam makanan maupun minuman.

Biji semangka dapat dikeringkan dan dijadikan tepung. Kulitnya pun bisa dimakan, namun tak seenak buahnya. Maka dari itu, kulit semangka biasanya digoreng atau direbus sebagai sayuran.

Semangka rata-rata dapat dipanen dalam waktu 60 hingga 100 hari sejak masa tanam. Cukup cepat, bukan? Varietas semangka yang cepat tanam yang bisa Anda pilih di antaranya calsweet, black diamond, crimson sweet, dan early midget.

Nanas

Nanas merupakan buah yang tumbuh di daerah tropis dengan buah berwarna kuning dan kulit yang keras serta kasar.

Sejak tahun 1820-an, nanas telah ditanam dan diedarkans ecara komersial di banyak perkebunan tropis.

Tanaman nanas biasanya berbunga 8 sampai 12 bulan setelah ditanam. Buahnya muncul setelah 14 sampai 18 bulan setelah bunganya tumbuh. Hal ini tergantung dari varietas, ukuran, suhu, dan waktu tanamnya.

Melon (Cantaloupe)

Melon biasanya memiliki berat antara 0,5 sampai 5-kilogram dan biasanya dikonsumsi sebagai buah segar. Ia juga biasanya dicampurkan ke salad buah atau menjadi makanan penutup dengan campuran puding atau es krim. Biji melon juga bisa dikeringkan dan dijadikan camilan.

Permukaan melon dapat mengandung bakteri berbahaya seperti salmonella. Maka dari itu, sebelum mengonsumsinya, gosok dan cuci hingga bersih.

Melon memiliki berbagai varietas. Biasanya ia akan menghasilkan buah matang hanya dalam waktu 40 hingga 80 hari setelah berbunga. Bahkan melon bisa ditanam secara vertikal jika lahan yang Anda miliki sempit.

Melon mentah memiliki kandungan air 90%, karbohidrat 8%, protein 0,8%, dan lemak 0,2%. Ia juga kaya akan vitamin A dan vitamin C dengan nutrisi lain dalam ukuran kecil.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis dapat berbuah melimpah tiap tahunnya. Jika tanaman jeruk nipis telah mencapai tahun keenam hingga 15, buah yang dihasilkan tiap tahunnya mencapai 7 hingga 20-kilogram tergantung varietas dan perawatan.

Mulai tertarik menanam buah yang cepat dipanen? Jangan lupa merawat tanaman dengan baik agar panen pun melimpah dan menghasilkan buah yang sehat dan segar.

mujtahida
mujtahida
Articles: 30

Leave a Reply

Your email address will not be published.