Cara Menanam atau Menempel Anggrek Bulan di Pohon yang Tepat

Cara Menanam atau Menempel Anggrek Bulan di Pohon yang Tepat â€“ Berbicara mengenai bercocok tanam, rasanya sekarang sudah bisa dikategorikan sebagai hobi atau kegemaran yang sedang banyak digandrungi oleh orang-orang. Apalagi dengan adanya pandemi COVID-19 ini, membuat orang semakin banyak menghabiskan waktunya di rumah. Sehingga, untuk mengusir rasa bosan, banyak orang yang mulai melakukan cocok tanam.

Dalam bercocok tanam ini, banyak tanaman yang bisa diaplikasikan. Mulai dari tanaman hias seperti bunga-bunga, tanaman obat kelurga seperti temulawak dan sejenisnya, bahkan bisa juga bercocok tanam tanaman kebutuhan dapur seperti bawang-bawangan. Untuk tanaman hias sendiri banyak sekali ragam dan jenisnya.

Anda bisa mencoba untuk menanam tanaman yang sedang naik daun saat ini seperti tanaman monstera, atau bahkan bisa juga memilih untuk menanam tanaman hias yang tak pernah lapuk dimakan zaman, yaitu anggrek. Pesona dari bunga anggrek ini memang menjadi primadona tersendiri, sehingga tanaman ini selalu punya tempatnya tersendiri tidak peduli kapanpun dan dimanapun ia berada.

Berbicara mengenai tanaman anggrek, sampai saat ini sudah ditemukan banyak varian bunga anggrek yang mempunyai bentuk, warna, dan pola yang sangat indah dan tentunya sangat beragam. Namun, cara merawatnya pun bisa dibilang tidaklah mudah, dibutuhkan ketelatenan dan teknik khususnya tersendiri. Nah, sekarang disini akan diulas mengenai cara menanam atau menempel anggrek bulan di pohon dengan tepat. Simak baik-baik ya! 

Cara yang satu ini bisa dibilang sebagai cara yang alami untuk membudidayakan tanaman bunga anggrek bulan. Karena pada dasarnya, tanaman hias yang satu ini memang hidup dengan cara menempelkan akarnya di tumbuhan yang lainnya, salah satunya yaitu pada pohon.

Tanaman dengan nama latin Orchidaceae ini harus ditempatkan pada pohon yang rindang, namun tetap mampu menerima cahaya matahari dengan baik. Selain itu, kelembaban dari area sekitar pohon pun harus diperhatikan dengan baik. Karena hal ini sangat berpengaruh pada kesuburan pertumbuhan dari tanaman yang satu ini.

Anggrek bulan ini bisa Anda tanam baik di pohon yang masih hidup maupun di pohon yang sudah mati. Apabila Anda memilih untuk menanam anggrek pada pohon yang sudah mati, maka Anda harus memilih pohon yang tahan air dan juga tahan akan panas, supaya pohon yang sudah mati tersebut tidak mudah lapuk. Begitu pula pada pohon yang masih hidup harus tetap diperhatikan agar anggrek bisa tumbuh subur dan berbunga dengan indah.

Selanjutnya, yang harus diperhatikan adalah pemilihan batang pohon yang tepat. Pilihlah pohon yang mempunyai kulit batang yang cukup tebal, agar anggrek bisa menempel dan tumbuh dengan aman, tanpa membuat kulit batang pohon terkelupas. Contohnya seprti pohon rambutan, pohon mangga, pohon nangka, maupun pohon jambu air.

Kemudian, Anda harus menyiapkan media tanam anggrek pada pohon tersebut. Siapkan media yang mampu menyerap air dengan baik, seperti serabut kelapa, ijuk, maupun potongan pakis. Media seperti ini dipilih untuk menghindari terjadinya kekeringan pada tanaman anggrek bulan Anda.

Setelah pohon dan media tanamnya siap, sekarang yang harus Anda siapkan tentunya adalah bunga anggrek bulan itu sendiri. Anda bisa menyiapkan bibitnya, tanaman yang masih muda, maupun tanaman anggrek bulan yang sudah berumur dewasa. Yang perlu Anda perhatikan apabila menggunakan tanaman anggrek bulan dewasa yaitu akarnya harus Anda potong terlebih dahulu. 

Anggrek Premium

Selanjutnya yaitu, bersihkan akarnya sampai sudah benar-benar ada dalam kondisi yang bersih. Selanjutnya, siapkan larutan fungisida yang berfungsi untuk mencegah pertumbuhan jamur pada akar anggrek bulan. Karena, apabila akar anggrek bulan sudah ditumbuhi dengan jamur, maka dalam waktu singkat tanaman ini akan mati.

Bahkan bukan hanya tanaman anggrek bulannya saja yang akan mati, melainkan pohon tempat menempelkan anggreknya pun akan ikut mati. Lanjut ke langkah selanjutnya, setelah akar dicuci dengan bersih, maka celupkan akar anggrek bulan ke dalam larutan fungisida yang sudah disiapkan sebelumnya. 

Kemudian, Anda bisa langsung mengikatkan anggrek bulan ke pohon yang sudah dilapisi media tanam tersebut. Anda tidak perlu mengikatnya dengan ikatan yang kencang, karena tujuan dari pengikatan ini agar anggrek bisa menempel dan bisa berdiri dengan tegak. Namun, sebelum mengikat anggrek bulan, Anda juga harus memperhatikan ketinggian pohon tempat Anda menempelkan anggrek bulan tersebut.

Yang benar adalah tidak ditempatkan di tempat yang terlalu tinggi dan tidak juga ditempatkan di tempat yang terlalu rendah. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena dari ketinggian media tanam pun akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman anggrek bulan.

Selain ketinggian, anggrek bulan juga sangat sensitif terhadap sirkulasi udara. Disarankan untuk ditempatkan pada pohon dengan angin yang berhembus tidak terlalu kencang. Karena apabila angin berhembus dengan kencang, maka air yang berada di permukaan daun justru akan terbawa angin, sehingga anggrek bulan tidak mendapatkan nutrisi yang baik dan lama-kelamaan akan mengalami kekeringan.

Berbicara mengenai nutrisi bagi anggrek bulan, yang perlu diberikan ini bukan hanya air tetapi juga diperlukan nutrisi dari pupuk. Pupuk yang diberikan pada tanaman anggrek bulan, sebaiknya yang mengandung campuran unsur hara yang baik. Karena dengan pemberian pupuk seperti ini, maka anggrek bulan akan tumbuh dengan baik dan berbunga dengan lebih banyak. Sebaiknya, lakukan pemberian pupuk dengan cara disemprot.

Anggrek Terlaris

Kemudian, untuk penyiramannya pun ada takarannya tersendiri, pada musim panas sebaiknya Anda melakukan penyiraman minimal 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Tetapi pada saat musim hujan, Anda tidak perlu repot-repot untuk menyiram tanaman anggrek bulan Anda. 

Perihal kelembaban dan pencahayaan pun harus Anda perhatikan dengan baik, yaitu dengan kelembaban sekitar 50-70%, dan pencahayaan yang tidak mengenai anggrek bulan secara langsung. Itulah beberapa ringkasan mengenai cara menanam atau menempel anggrek bulan di pohon dengan tepat yang bisa Anda coba lakukan sendiri di rumah. Bagaimana? Tidak rumit bukan? 

Oh ya kalian bisa melakukan pembelian anggrek bulan di store online kami di tokopedia dan website kami.

De Orchids Team
De Orchids Team
Articles: 44

Leave a Reply

Your email address will not be published.