Ini Dia Cara Merawat Anggrek Bulan Agar Rajin Berbunga

Cara Merawat Anggrek Bulan Agar Rajin Berbunga – Anggrek bulan di kalangan para pecinta anggrek tentu sudah tidak asing lagi. Bunga yang diberi julukan puspa pesona ini merupakan salah satu bunga nasional Indonesia.

Dengan warna-warna anggrek bulan yang cantik akan menarik perhatian Anda untuk dijadikan tanaman hias. Pada umumnya kelopak bunga anggrek bulan ini berwarna putih, namun ada juga warna lainnya yang tidak kalah indahnya. Untuk bisa menanam dan merawat bunga anggrek ini Anda memerlukan perhatian yang khusus, karena bisa dibilang susah-susah gampang.

Seperti yang diketahui, bunga anggrek ini memiliki dua jenis, yaitu anggrek epiphyt dan terrestrisEpiphyt merupakan tanaman bunga anggrek yang hidupnya dengan menempel pada tanaman lain, dan terrestris dimana anggrek hidup pada tanah.

Anggrek yang ada di Indonesia kebanyakan hidup secara epiphyt yang menumpanga pada tanaman lain, namun tidak menimbulkan kerugian. Hal inilah yang membuat tanaman anggrek bulan ini harus mendapatkan perlakuan khusus untuk merawatnya. 

Untuk bisa merawat Agar bisa rajin berbunga, tanaman anggrek ini membutuhkan kondisi yang tepat. Sebelum mencoba menamnya ini dia cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga:

Sinar Matahari

Perlu Anda ketahui, tanaman anggrek bulan ini tidak terlalu membutuhkan cahaya matahari langsung dan terik. Sinar matahari dapat menghambat pertumbuhan anggrek bulan. 

Anda bisa memperhatikan daun anggrek bulan, jika daunnya berwarna hijau cerah, artinya tanaman Anda sudah mendapatkan cukup banyak sinar matahari. Namun jika daun bunga anggrek berwanra hijau tua tandanya kekurangan sinar matahari.

Selain itu Anda perlu memperhatikan jika warna daunnya berwarna kecoklatan, tandanya daunnya terbakar yang bisa menjadi indakator intensitas cahaya matahari yang berlebihan.

Suhu dan Sirkulasi Udara

Untuk merawat bunga anggrek di wilayah Indonesia yang mempunyai iklim tropis ini tidaklah sulit, karena bunga anggrek memerlukan suhu ideal pada siang hari sebesar 30 derajat celcius, sedangkan pada malam hari suhunya 23 derajat celcius.

Sirkulasi udara yang baik juga dibutuhkan oleh anggrek bulan ini untuk pertumbuhannya. Dengan semakin baiknya sirkulasi udara, maka akan semakin baik pertumbuhan anggrek bulan ini.

Sebaiknya Anda tidak terlalu sering menyimpan bunga anggrek di tempat yang tertutup karena sirkulasi udaranya akan menjadi lebih buruk. Anda bisa melihat perkembangan yang baik dengan ditandai bunga anggrek yang mekar dan tumbuh dengan sempurna.

Kelembaban Udara 

Cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga selanjutnya adalah dengan memperhatikan kelembaban udara. Dalam merawat bunga anggrek dibutuhkan tingkat kelembaban sebanyak 60-70 persen. 

Untuk bisa menjaga kelembaban bunga anggrek bulan ini, Anda bisa meletakan piring yang berisikan air di bawah pot bunga. Akan tetapi Anda juga harus ingat untuk memastikan udaranya tidak terlalu lembab, karena bunga anggrek bulan bisa cepat layu dan mudah terserang jamur jika terlalu lembab.

Penyiraman

Untuk penyiraman bunga anggrek bulan Anda bisa menyiramnya dua kali sehari, dengan waktu penyiraman pada siang dan sore hari di jam 07.00 – 09.00 dan 16.00-18.00. Namun pada saat musim kemarau atau cuaca sedang panas, Anda bisa menyiram bunga anggrek bulan selama tiga kali sehari. Akan tetapi jika pada hari itu turun hujan lebat, Anda tidak perlu lagi melakukan penyiraman . 

Sebaiknya Anda memperhatikan pH air yang digunakan untuk menyiram, jangan menggunakan air yang mengandung pH terlalu tinggi atau rendah, pH air yang baik untuk menyiram tanaman adalah 5,6 – 6.

Sebaiknya Anda juga tidak banyak menyiram bunga anggrek bulan ini, karena akan merusak stuktur tanaman dan bisa mengakibatkan kelembaban yang bisa menyebabkan bunga anggrek membusuk dan ditumbuhi dengan jamur dan bakteri.

Pemupukan

Untuk memberikan nutrisi pada bunga anggrek ini Anda bisa memberikan penambahan pupuk sebagai salah satu cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga. Pemupukan ini dibutuhkan oleh semua tanaman termasuk bunga anggrek. 

Anda bisa memberikan pupuk pada bunga anggrek yang baru bertunas dan berbunga dengan memberikan pupuk dengan kandungan unsur hara yang tinggi. Anda bisa memilih pupuk organik cair yang bisa dilakukan dengan menyemprot dan menyiramnya agar kesuburan tanah dapat terjaga. Atau bisa memberikan pupuk yang ditabur pada tanaman anggrek. 

Lakukan pemupukan dengan tidak berlebihan dalam memberi pupuk karena bisa mengakibatkan bunga anggrek Anda menjadi kerdil. Pemberian pupuk harus tepat dosis agar pertumbuhan dan perkembangan dapat optimal.

Pada bunga anggrek yang belum berbunga, Anda  bisa memberikan pupuk secara rutin yang diberikan setiap minggu dan setiap bulan yang bertujuan untuk memberikan nutrisi yang cukup dan berkala. 

Pada anggrek yang sudah berbunga, Anda bisa memberikan pupuk dengan dosis yang berbeda dengan saat sebelum berbunga. Hal ini bertujuan agar proses pembungaan dapat berjalan baik dan bunga mekar dalam waktu yang lebih lama, dan anggrek bisa sering berbunga. 

Produk Kami

Berikan ZPT atau Hormon

Cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga adalah dengan memberikan ZPT atau hormon gibrelin yang bisa membantu untuk memacu pertumbuhan bunga anggrek.

Namun jika Anda ingin menggunakan cara tradisional, Anda bisa memanfaatkan air kelapa yang disemprotkan ke seluruh bagian anggrek termasuk pada akarnya. Lakukan hal ini tiga kali dalam seminggu yang bisa Anda lakukan pada pagi dan sore hari.

Hama dan Pencegahan

Hama dan jamur bisa menyerang berbagai macam tanaman termasuk pada tanaman bunga anggrek bulan Anda sehingga dapat mengganggu pertumbuhannya. Anda bisa mencegahnya dengan membersihkan lingkungan dan sekitarnya dari gulma, kotoran dan sampah-sampah daun.

Untuk mencegah kerusakan yang ditimbulkan hama tersebut, Anda perlu menggunakan pestisida seminggu sekali. Namun jika bunga anggrek Anda sudah terserang oleh hama dan serangga Anda bisa menggunakan insektisida, dan jika sudah terserang oleh jamur Anda bisa memberikan fungisida, dan gunakan bakterisida jika terserang oleh bakteri.

Mengatur Tata Letak Bunga

Anda juga harus memperhatikan tata letak dari tanaman anggrek bulan. Anda bisa menyimpan pot-pot di rak dengan ketinggian satu meter dari permukaan tanah. Sebaiknya Anda menghindari menempatkan di lokasi yang berjenjang supaya aliran udara tidak terhambat.

Itulah cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga, selain itu juga salah satu yang bisa mempengaruhi pertumbuhan bunga anggrek adalah faktor pemeliharaan. Anda bisa dengan sabar dan tekun untuk merawatnya agar kemudian hasilnya tidak akan sia-sia.

Kalian juga bisa melakukan pembelian langsung pada store online kami di Tokopedia dan via website ini.

De Orchids Team
De Orchids Team
Articles: 44

Leave a Reply

Your email address will not be published.