Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk yang Rekomended Untuk Dicoba

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk – Nyamuk merupakan salah satu serangga yang keberadaannya sangat menggangu dan sangat berbahaya bila sampai menggit tubuh kita karena dapat menyebabkan penyakit demam berdarah dan malaria.

Sehingga kita menggunakan berbagai cara agar terhindar dari gigitan nyamuk ini dari mulai menggunakan obat nyamuk yang banyak beredar di pasaran seperti obat nyamuk bakar, oles dan semprot. Namun sayangnya penggunaan obat nyamuk semacam itu tidak terlalu baik untuk kesehatan pernafasan apalagi untuk anak-anak, karena obat nyamuk semacam itu mengandung banyak bahan kimia yang berbahaya.

Maka dari itu kita harus terbiasa dengan yang alami yaitu dengan tanaman yang berfungsi sebagai pengusir nyamuk, karena tanaman-tanamannya sudah ada sejak zaman dahulu dan dirasakan limpahan manfaatnya jauh sebelum adanya obat nyamuk.

Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk

Berikut beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa kamu coba pelihara dirumah.

1. Lavender

Bunga lavender berasal dari kawasan pegunungan Alpen di Swiss. Bunga ini memiliki kandungan linalool dan lynalyl acetate, sehingga aromanya sangat tidak disukai oleh nyamuk. Konon gerombolan nyamuk akan langsung pergi ketika mencium aromanya, karena nyamuk akan merasa pusing. Tanaman hias yang satu ini menjadi tanaman  pengusir nyamuk yang banyak digunakan dalam pembuatan lotion anti nyamuk. 

2. Geranium

Berikutnya yaitu tanaman geranium atau mungkin di Indonesia lebih popular dengan nama tapak dara. Tanaman ini juga sangat ampuh untuk mengusir nyamuk, karena tanaman ini mengandung zat geraniol dan sitronel, nyamuk yang mencium aroma geranium akan langsung pergi karena aromanya tidak disukai nyamuk. Geranium merupakan tanaman dalam rumah yang aromanya cepat menyebar keseluruh ruangan dan akan lebih efektif mengusir nyamuk jika tanaman ini disimpan di daerah yang mudah terjangkau oleh angin. 

3. Citrosa Mosquito

Tanaman yang satu ini merupakan salah satu tanaman yang dapat mengusir nyamuk terbaik, karena tanaman ini memiliki aroma lemon yang sangat kuat sehinngga nyamuk tidak suka. Tak hanya nyamuk, beberapa serangga juga tidak menyukai aroma lemon dari tanaman ini.

Sayangnya tanaman ini masih langka di Indonesia karena tanaman ini berasal dari negeri Belanda, sehingga jika kita ingin menanamnya harus membeli bibit dari negeri asalnya. Perawatannya juga cukup mudah hanya dengan rutin menyiram dengan air dan membiarkannya menyerap sinar matahari dengan cukup.

Iklan sejenak 😊

Kalian suka bunga Anggrek bulan atau mau mengirimkan Rangkaian Anggrek bulan kepada orang tersayang? Yuk kalian bisa beli Anggrek bulan via Ecommerce Tokopedia dan Shoope, Kalian juga bisa bias chat ke Whatsapp Kami, pada widget website ini.

4. Serai Wangi

Serai wangi merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, salah satunya yaitu sebagai tanaman pengusir nyamuk, karena tanaman ini memiliki kandungan zat geraniol dan sitronela yang tidak disukai berbagai jenis nyamuk. Serai wangi juga banyak digunakan untuk tambahan minyak kayu putih dan minyak telon agar dapat menjadi penolak nyamuk.

5. Akar Wangi

Tanaman ini termasuk dalam jenis rumput-rumputan yang masih satu keluarga dengan serai dan padi, tanaman ini biasanya banyak tumbuh di pekarangan rumah. Tanaman ini memiliki kandungan minyak atsiri yang aromanya sangat menyengat, sehingga membuat nyamuk pergi ketika menciumnya.

6. Kecombrang

Tanaman yang memiliki nama latin Etlinghera Eliator atau di Indonesia memiliki nama popular tanaman kantan, tanaman honje untuk di daerah Sunda dan di daerah Medan namanya kincung. Selain memiliki khasiat menjadi tanaman pengusir nyamuk, tanaman ini juga memiliki warna yang bagus sehingga tanaman ini juga cocok disandingkan dengan tanman hias lainnya.  

7. Mintrosa Of Lady Diana

Mintrosa of lady Diana adalah tumbuhan yang berasal dari Negeri Belanda. Sejak zaman dahulu tanman ini sudah digunakan untuk mengusir nyamuk secara alami, karena aroma yang dikeluarkan oleh tanaman ini sangat tajam dan tidak disukai oleh nyamuk. Namun sayangnya mintrosa of lady Diana ini belum banyak di temukan di Indonesia.

8. Selasih

Tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang masih tergolong kedalam tanaman rempah-rempah yang banyak digunakan di Indonesia dan biasanya tanaman ini banyak digunakan untuk bahan makanan. Namun tidak hanya sebagai bahan makanan, ternyata tanaman ini juga ampuh mengusir nyamuk dengan aromanya yang khas. Cara penggunaan selasih sangatlah mudah, cukup dengan menggosokan daunnya pada bagian tubuh yang ingin dilindungi dari gigitan nyamuk.

Demikian ulasan lengkap mengenai jenis tanaman pengusir nyamuk dan semoga semua bahasannya bermanfaat buat para pembacanya.

De Orchids Team
De Orchids Team
Articles: 44