Tanaman Semanggi dan Cara Menanamnya

Semanggi adalah tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Marsilea crenata, termasuk ke dalam tumbuhan paku-pakuan. Pada dasarnya tumbuhan Marsilea crenata termasuk dalam kelompok tumbuhan air yang bertempat tinggal di habitat yang lembab. Namun, beberapa spesies dapat bertahan hidup sebagai tanaman darat. Umumnya tumbuhan akan hidup di darat dan mengapung di perairan seperti kolam dangkal atau genangan air.

Jika Anda perhatikan, Anda akan melihat bahwa batang tanaman ini sebagian berada di bawah air, sementara yang lain mengambang di permukaan. Habitat tempat tumbuhnya mempengaruhi ukuran batang tanaman ini, semakin dangkal tumbuh maka semakin pendek batang tanaman yang dimilikinya.

Sebagai tanaman yang biasanya tumbuh di genangan air, semanggi membutuhkan naungan dan sinar matahari yang cukup untuk mendukung pertumbuhannya. Lokasi terbaik untuk tanaman ini adalah di daerah dataran rendah, terutama di genangan air, kolam, sungai, rawa, dan persawahan. Meski begitu, tanaman hijau ini bisa bertahan hidup di ketinggian 3.000 meter.

Tumbuhan ini tumbuh dan menyebar serta dapat ditemukan di seluruh benua Asia hingga Australia pada iklim tropis dan subtropis. Beberapa negara yang menjadi lokasi pabrik ini adalah Indonesia, Taiwan, Laos, Malaysia, China (wilayah Fujian dan Guangdong), Jepang (wilayah Kyushu) dan Australia (wilayah Queensland dan sekitarnya).

Tumbuhan ini disertai dengan berbagai mitos. Salah satu mitos yang terkenal adalah bahwa tanaman ini membawa keberuntungan. Iman menyatakan bahwa jika seseorang menemukan bahwa tanaman memiliki empat daun, orang itu akan memiliki keberuntungan dan keberuntungan.

Sepanjang sejarah, semanggi berdaun empat telah dianggap menguntungkan karena tanaman ini sangat langka dan sulit ditemukan. Umumnya, spesies ini memiliki satu semanggi berdaun empat per 100.000 cengkeh. Saat ini, semanggi berdaun empat adalah simbol keberuntungan yang diterima secara umum.

Namun, perlu diketahui bahwa mitos ini tidak mengacu pada semua spesies semanggi di seluruh dunia, karena beberapa spesies semanggi, seperti Marsilea crenata, sebenarnya memiliki empat daun sebagai ciri umum. Semanggi keberuntungan ini mengacu pada tanaman shamrock, umumnya dikenal sebagai semanggi putih, yang habitat aslinya berasal dari Eropa, Afrika Utara, dan Asia Barat.

Semanggi berdaun empat (Marsilea quadrifolia) yang dapat ditanam bukanlah tanaman yang menuntut, dan jika ditanam dalam pot, cukup mengisi bagian bawah dengan air dan sedikit tanah saja sudah cukup. Anda bisa dengan mudah menanam tanaman ini dalam pot berukuran 20 x 20 x 20 cm, sedangkan ukuran pot yang ideal adalah 60-80 liter atau lebih.

Anda juga dapat menyimpan tanaman ini di luar ruangan sepanjang tahun (karena toleran terhadap embun beku). Karena itu bukan tanaman yang menuntut dan mudah tumbuh, siapa pun bisa menanamnya.

Semanggi berdaun empat ini akan tumbuh dengan baik di kolam taman. Cukup masukan sedikit tanah dari kebun Anda ke dasar kolam. Kemudian masukkan rimpang ke dalam tanah. Setelah itu, Anda hampir tidak perlu memperhatikannya karena semanggi berdaun empat dapat merawat dirinya sendiri. Semanggi berdaun empat dengan cepat beradaptasi dengan kedalaman air terlepas dari kualitas airnya.

Anda dapat menanamnya di beberapa kedalaman (5-100cm) batangnya akan beradaptasi secara alami dengan kedalaman air sampai daunnya mengapung di air. Anda dapat membantu tanaman ini berkembang biak dengan memisahkan akar rimpang. Rimpang kecil (sekitar 10 cm) sudah cukup untuk membentuk hamparan semanggi berdaun empat di atas air.

Oh ya kalian bisa melakukan pembelian Bunga Anggrek bulan pada website ini khusus Jabodetabek atau via ecommerce kesayangan Anda.

Shinta Mutiara
Shinta Mutiara
Articles: 42

Leave a Reply

Your email address will not be published.